[Cerita Lengkap] Misteri Mummi Firaun, Siapakah Firaun Jaman n.Yusuf ? Siapakah Firaun Jaman N.Musa ?


Mengutip wikipedia : Fir’aun (Arab: فرعون Firʻawn; bahasa Ibrani: פַּרְעֹה, paroh; bahasa Inggris: Pharaoh) adalah gelar yang dalam diskusi firaun_museum_okdunia modern digunakan untuk seluruh penguasa Mesir kuno dari semua periode. Dahulu, gelar ini mulai digunakan untuk penguasa yang merupakan pemimpin keagamaan dan politik kesatuan Mesir kuno, hanya selama Kerajaan Baru, secara spesifik, selama pertengahan dinasti kedelapanbelas. Untuk penyederhanaan, terdapat kesepakatan umum di antara penulis modern untuk menggunakan istilah ini untuk merujuk penguasa Mesir semua periode. Firaun juga mengaku sebagai Tuhan.

Ketika tewas, Firaun dimakamkan bersama harta bendanya di makam berhias tulisan hieroglif, jenasahnya diawetkan dengan ramuan khusus, minyak dan garam, kemudian dibungkus dengan kain kedap udara yang diikat. Karena Firaun dianggap sebagai wakil bangsa Mesir dihadapan para dewa, kedamaiannya di dalam kehidupan di alam baka merupakan harapan semua anggota masyarakat…..

Siapakah Firaun pada Kisah N.Musa ?


Kebudayaan atau sejarah Per-Firaun-nan: cukup panjuang hingga hampir 3000-an tahun, dimulai 3000 SM sampai 30 SM, daftar raja dan firaun Mesir kuno, dari periode awal sebelum 3000 SM sampai akhir dinasti Ptolemeus ketika Mesir menjadi salah satu provinsi Roma di bawah pemerintahan Augustus Caesar pada 30 SM. Hingga tidak heran jika perjalanan panjang sejarah ini tercatat dan banyak di sebut pada Kitab Suci dan beberapa Nabi diutus pada periode yang panjang ini

Paling tidak terdapat tiga teori tentang Kisah Firaun saat N.Musa:

  1. Teori Firaun Kisah N.Musa = Thutmose II : , Thutmose II – 1492-1479 SM Sejarawan Alan Gardiner, setelah kematian Thutmose I dan masa persinggahannya selama 40 tahun di Madyan / Midian, Musa memutuskan untuk kembali ke tanah Mesir tempat tut1beliau dibesarkan. Allah menugaskan Musa untuk menyampaikan ajaran agama yang hakiki kepada Fir’aun. Pada saat itu, Mesir dipimpin oleh Raja Thutmose II yang memperistri Ratu Hatshepsut. Thutmose II, menurut sejarah bukanlah sosok Fir’aun yang hebat, sebaliknya istrinya Hatshepsut yang banyak berperan penting bagi kemajuan kerajaan. Walaupun bukan merupakan sosok pemimpin yang dikatakan berpengaruh, Gardiner tetap meyakini Thutmose II merupakan kandidat terkuat fir’aun yang melakukan pengejaran terhadap Musa beserta kaum Bani Israel. Hal itu dikarenakan banyaknya kecocokan dengan studi sejarah yang ia lakukan.

    Garnier juga menambahakan bahwa di pusara tempat berdiamnya mummi Thutmose II, hampir tidak ditemukan ornamen-ornamen dan benda-benda berharga “semewah” pusara raja-raja Mesir kuno yang lainnya. Ada kesan bahwa raja ini tidak begitu disukai dan dihormati oleh rakyatnya, sehingga mereka tak peduli dengan kematian sang Raja. Selain itu, kematiannya yang mendadak juga menjadi salah satu alasannya. Penelitian terhadap Mummi Thutmose II yang ditemukan di situs Deir el-Bahri pada tahun 1881 mengungkapkan bahwa terdapat banyak bekas cidera di tubuhnya, dan Mummi-nya ditemukan tidak dalam kondisi yang bagus. Hal ini mungkin menandakan Thutmose II mati secara tidak wajar.

  2. Teori Firaun Kisah N.Musa = Ramses II , Ramesses II the Great – 1279-1213


    ramesses2Fir’aun adalah nama gelar bagi raja-raja yang dulu berkuasa di Mesir. Ia bernama asli Ramses II, yang mana merupakan Fir’aun ke 3 dari dinasti ke 19. Ramses II ini sangat kuat karena ia mampu membuat catatan yang luar biasa dalam sejarah pembangunan negaranya, ia bahkan terkenal sampai ke luar negeri yang terlihat dari perjalanan yang dilakukannya seperti ke Israel, Lebanin dan Suriah. Karena kekuasaanya dan keberhasilannya dalam memimpin Mesir membuatnya menjadi sombong dan semena-mena. Ia bahkan menganggap dirinya adalah Tuhan, ia tidak segan menindas bangsa yang lemah seperti Bani Israel.

    patung-ramses-ii-di-pintu-masuk-kuil-abu-simbel Ramesses II selama ini memang kerap diidentifikasikan sebagai Firaun yang sedang berkuasa pada saat itu. Ia merupakan sosok Firaun terbesar dan terkuat yang pernah memimpin peradaban Mesir kuno. Ramesses II juga merupakan salah satu Firaun yang paling lama berkuasa, yakni 66 tahun lamanya. Kemudian menilik ke Raja Merneptah – putra Ramesses II – yang berkuasa setelah Ramesses II mangkat, ia juga bukan merupakan Fir’aun yang dimaksud mengingat pada masa pemerintahannya, Merneptah pernah mengatakan bahwa Bangsa Israel telah tiba di tanah Kana’an. Itu artinya, peristiwa keluarnya Musa beserta Bani Israel telah lama terjadi sebelum ia berkuasa.

    Patung Ramses II di pintu masuk kuil Abu Simbel. Ramses II naik tahta pada tahun 1279 SM. Ia membangun lebih banyak kuil, mendirikan patung-patung dan obelisk, serta dikaruniai anak yang lebih banyak daripada firaun-firaun lain dalam sejarah. Sebagai seorang pemimpin militer yang berani, Ramses II memimpin tentaranya melawan bangsa Het dalam pertempuran Kadesh. Setelah bertempur hingga mencapai kebuntuan (stalemate), ia menyetujui traktat perdamaian pertama yang tercatat sekitar 1258 SM.

  3. Dua Firaun, Saat N.Musa Lahir, yang berkuasa Ramesses II the Great – 1279-1213 dan saat ditenggelamkan, adalah Merneptah/Mineptah – 1213-1203, MUMIA FIR’AUN MINEPTAH

    mineptahJenazah Mineptah yang sudah diawetkan, anak dari Ramses II yang dapat dipastikan sebagai Fir’aun Exodus, ditemukan orang pada tahun 1898 oleh Loret, di Thebes, di lembah Raja-raja (Wadi al Muluk). Elliot Smith membuka perban-perbannya pada tanggal 8 Juli 1907. Dalam bukunya The Royal Mummies (1912) ia menjelaskan apa yang dikerjakan dalam membuka mumia tersebut dan memeriksa badannya. Pada waktu itu mumia tersebut dapat dikatakan dalam keadaan baik walaupun ada kerusakan di beberapa bagian. Semenjak waktu itu mumia tersebut dipertunjukkan kepada para pengunjung museum Cairo. Kepala dan lehernya terbuka, sedang bagian-bagian badan lainnya ditutup dengan kain sedemikian rupa sehingga sampai sekarang museum tidak memiliki photo yang menyeluruh tentang badan mumia kecuali yang pernah diambil oleh Elliot Smith pada tahun 1912. Musa lahir pada permulaan Pemerintahan Ramses II, berada di Madyan ketika Ramses II meninggal dunia setelah memerintah selama 67 tahun, kemudian Musa menjadi pembela kaum Yahudi dan menghadapi Mineptah anak dan pengganti Ramses II.

Anda memilih teori yang mana dari ketiga Firaun itu ? Bahasan detil dan sejarah panjang dapat dilihat pada artikel selanjutnya

Misteri Kode Kode Aneh Firaun


Hampir semua penduduk bumi, apalagi di era modern pasti mendengar atau membaca kisa Firaun dan membacanya dengan jelas adalah Firaun yang dalam bahasa arab tertulis, : Fir’aun (Arab: فرعون Firʻawn, terdiri dari huruf pembentuk Fa’ Ro’ Ain Wau dan Nun yang kesemuanya adalah simbol 99 yang muncul

Sejarah Firaun yang di Kenang Seluruh Dunia

Klik Penjelasan berikutnya

Halaman 1

Berikutnya Halaman Ke 2: …

sebelumnya

Apa yang Terjadi Setelah itu Semua ?

berikutnya