Misteri Gunung Bromo Dalam AlQuran


Gunung Bromo adalah Gunung yang terkenal di Indonesia, bahkan dunia, banyak turis domestik maupun luar negeri berkunjung ke Bromo, sehingga menjadi kata yang populer di kalangan masyarakat.

Bromo sebagai gunung suci

bromoBagi penduduk sekitar Gunung Bromo, suku Tengger, Gunung Bromo / Gunung Brahma dipercaya sebagai gunung suci. Setahun sekali masyarakat Tengger mengadakan upacara Yadnya Kasada atau Kasodo. Upacara ini bertempat di sebuah pura yang berada di bawah kaki Gunung Bromo dan dilanjutkan ke puncak Bromo. Upacara diadakan pada tengah malam hingga dini hari setiap bulan purnama sekitar tanggal 14 atau 15 di bulan Kasodo (kesepuluh) menurut penanggalan Jawa.

Sejarah Gunung Bromo


candi_singasariKonon pada jaman dahulu kala ketika kerajaan majapahit mengalami serangan dari berbagai daerah penduduk pribumi kebingungan untuk mencari tempat tinggal hingga pada akhirnya mereka terpisah menjadi 2 bagian yang pertama menuju ke gunung Bromo, kedua menuju Bali. Ke 2 tempat ini sampai sekarang mempunyai 2 kesamaan yaitu sama – sama menganut kepercayaan beragama Hindu.

Penduduk asli G. Bromo adalah suku Tengger di kawasan Gunung Bromo, Nama Tengger berasal dari Legenda Roro Anteng juga Joko Seger yang diyakini sebagai asal usul nama Tengger itu. “Teng” akhiran nama Roro An-”teng” dan “ger” akhiran nama dari Joko Se-”ger” dan Gunung Bromo sendiri dipercaya sebagai gunung suci. Mereka menyebutnya sebagai Gunung Brahma. orang Jawa kemudian menyebutnya Gunung Bromo.

Legenda Gunung Bromo.

Di sebuah pertapaan, istri seorang Brahmana / Pandhita baru saja melahirkan seorang putra dengan fisiknya sangat bugar dengan tangisan yang sangat keras ketika lahir, karenanya bayi tersebut diberi nama ” JOKO SEGER “.

Di tempat sekitar Gunung Pananjakan, pada waktu itu ada seorang anak perempuan yang lahir dari titisan dewa. Wajahnya cantik juga elok. Dia satu-satunya anak yang paling cantik di tempat itu. Ketika dilahirkan, anak itu tidak layaknya bayi lahir. Ia diam, tidak menangis sewaktu pertama kali menghirup udara. Bayi itu begitu tenang, lahir tanpa menangis dari rahim ibunya. Maka oleh orang tuanya, bayi itu dinamai Rara Anteng.

Dari hari ke hari tubuh Rara Anteng tumbuh menjadi besar. Garis-garis kecantikan nampak jelas diwajahnya. Termasyurlah Rara Anteng sampai ke berbagai tempat. Banyak putera raja melamarnya. Namun pinangan itu ditolaknya, karena Rara Anteng sudah terpikat hatinya kepada Joko Seger.

Suatu hari Rara Anteng dipinang oleh seorang bajak yang terkenal sakti dan kuat. Bajak tersebut terkenal sangat jahat. Rara Anteng terkenal halus perasaannya tidak berani menolak begitu saja kepada pelamar yang sakti. Maka ia minta supaya dibuatkan lautan di tengah-tengah gunung. Dengan permintaan yang aneh, dianggapnya pelamar sakti itu tidak akan memenuhi permintaannya. Lautan yang diminta itu harus dibuat dalam waktu satu malam, yaitu diawali saat matahari terbenam hingga selesai ketika matahari terbit. Disanggupinya permintaan Rara Anteng tersebut.

Pelamar sakti tadi memulai mengerjakan lautan dengan alat sebuah tempurung (batok kelapa) sehingga pekerjaan itu hampir selesai. Melihat kenyataan demikian, hati Rara Anteng mulai gelisah. Bagaimana cara menggagalkan lautan yang sedang dikerjakan oleh Bajak itu? Rara Anteng merenungi nasibnya, ia tidak bisa hidup bersuamikan orang yang tidak ia cintai. Kemudian ia berusaha menenangkan dirinya. Tiba-tiba timbul niat untuk menggagalkan pekerjaan Bajak itu.

Rara Anteng mulai menumbuk padi di tengah malam. Pelan-pelan suara tumbukan dan gesekan alu membangunkan ayam-ayam yang sedang tidur. Kokok ayam pun mulai bersahutan, seolah-olah fajar telah tiba, tetapi penduduk belum mulai dengan kegiatan pagi.

gunung_batokBajak mendengar ayam-ayam berkokok, tetapi benang putih disebelah timur belum juga nampak. Berarti fajar datang sebelum waktunya. Sesudah itu dia merenungi nasib sialnya. Rasa kesal dan marah dicampur emosi, pada akhirnya Tempurung (Batok kelapa) yang dipakai sebagai alat mengeruk pasir itu dilemparkannya dan jatuh tertelungkup di samping Gunung Bromo dan berubah menjadi sebuah gunung yang sampai sekarang dinamakan Gunung Batok.

Dengan kegagalan Bajak itu membuat lautan di tengah-tengah Gunung Bromo, suka citalah hati Rara Anteng. Ia melanjutkan hubungan dengan kekasihnya, Joko Seger. Kemudian hari, Rara Anteng dan Joko Seger menikah sehingga menjadi pasangan suami istri yang bahagia, karena keduanya saling mengasihi dan mencintai.

Pasangan Rara Anteng dan Jaka Seger membangun pemukiman dan kemudian memerintah di kawasan Tengger dengan sebutan Purbowasesa Mangkurat Ing Tengger, maksudnya “Penguasa Tengger Yang Budiman”. Nama Tengger diambil dari akhir suku kata nama Rara Anteng dan Jaka Seger. Kata Tengger berarti juga Tenggering Budi Luhur atau pengenalan moral tinggi, simbol perdamaian abadi.

Dari waktu ke waktu masyarakat Tengger hidup makmur dan damai, namun sang penguasa tidaklah merasa bahagia, karena setelah beberapa lama pasangan Rara Anteng dan Jaka Tengger berumahtangga belum juga dikaruniai keturunan. Kemudian diputuskanlah untuk naik ke puncak gunung Bromo untuk bersemedi dengan penuh kepercayaan kepada Yang Maha Kuasa agar di karuniai keturunan.

bromo_22_1_2011Tiba-tiba ada suara gaib yang mengatakan bahwa semedi mereka akan terkabul namun dengan syarat bila telah mendapatkan keturunan, anak yang bungsu harus dikorbankan ke kawah Gunung Bromo, Pasangan Roro Anteng dan Jaka Seger menyanggupinya, kemudian didapatkannya 25 orang putra-putri, namun naluri orang tua tetaplah tidak tega bila kehilangan putra-putrinya. Pasangan Rara Anteng dan Jaka Seger ingkar janji, Dewa menjadi marah dengan mengancam akan menimpakan malapetaka, kemudian terjadilah prahara keadaan menjadi gelap gulita sehingga kawah Gunung Bromo menyemburkan api.

kasadaKusuma anak bungsunya lenyap dari pandangan terjilat api kemudian masuk ke kawah Bromo, bersamaan hilangnya Kesuma terdengarlah suara gaib: ”Saudara-saudaraku yang kucintai, aku telah dikorbankan oleh orang tua kita dan Hyang Widi menyelamatkan kalian semua. Hiduplah damai dan tenteram, sembahlah Syah Hyang Widi. Aku ingatkan agar kalian setiap bulan Kasada pada hari ke-14 mengadakan sesaji yang berupa hasil bumi kemudian di persambahkan kepada Hyang Widi asa di kawah Gunung Bromo. sampai sekarang kebiasaan ini diikuti secara turun temurun oleh masyarakat Tengger dan setiap tahun diadakan upacara Kasada di Poten lautan pasir dan kawah Gunung Bromo.

Misteri Gunung Bromo Dalam Alquran


sebelas_11_Dalam Kosmologi Islam, Dibalik Idiom terkenal dan sering disebut sebut oleh manusia adalah makna yang dalam dan sebagai memori tanda tanda kekuasaanNya di muka bumi. Hal ini tertuang dalam firman Allah swt dalam surat Yunus, surat ke 10

قُلِ انظُرُوا مَاذَا فِي السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ ۚ وَمَا تُغْنِي الْآيَاتُ وَالنُّذُرُ عَن قَوْمٍ لَّا يُؤْمِنُونَ – 10:101

Katakanlah: “Perhatikanlah apa yang ada di langit dan di bumi. Tidaklah bermanfa’at tanda kekuasaan Allah dan rasul-rasul yang memberi peringatan bagi orang-orang yang tidak beriman”. (QS 10:101)

Surat Yunus adalah salah satu surat dari sebelas surat dalam al-quran yang memiliki pola unik terbanyak seperti digambarkan di atas.

Dan sebuah keunikan terjadi terhadap idiom yang terkenal dan sering di ucapkan manusia indonesia bahkan dunia yaitu BROMO jika A=1, B=2 maka BROMO=63, yang merujuk pada al-quran surat ke 63 dan … ajaib hal ini tercatat sebagai salah satu yang digambarkan diatas, al-quran surat ke 63 berisi 11 ayat dan memiliki keunikan 6+3+1+1=11 (sebelas), hal ini entah kebetulan atau tidak, maka penduduk negeri yang sering mengatakan tentang BROMO dlsb , maka sesungguhnya merupakan memori  kepada al-quran surat ke 63 di akhir ayat (ayat ke 11)

Dan Allah sekali-kali tidak akan menangguhkan seseorang apabila telah datang waktu kematiannya. Dan Allah Maha Mengenal apa yang kamu kerjakan. (qs 63:11)

Dalam prespektif G.Bromo terhadap ritual-ritual tertentu, maka sebenarnya Allah swt memberikan gambaran bahwa jika ajal adalah sesuatu yang pasti dan tidak ada penangguhan karena telah ditentukan, walaupun dengan ritual tertentu untuk meminta keselamatan, Allah swt memberikan iktibar bahwa hanya kepada Allah saja manusia berdoa, tidak ke yang lainnya.

Tahun 2017 dalam ritual tertentu, Peringatan Yadnya Kasada Bromo 2017 Akan Digelar Lebih Meriah

PROBOLINGGO, KOMPAS.com – Peringatan Yadnya Kasada di Bromo, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, tahun ini dipastikan akan lebih meriah. Sebab, pihak penyelenggara dan pemda setempat bakal menggelar festival sebelum Kasada. Festival itu bernama eksotika Bromo….. Perayaan Kasada jatuh pada Minggu (9/7/2017). Pada Minggu malam, pemda menggelar resepsi di Pendopo Agung. Acara ini dimeriahkan pawai obor dari desa ke Pendopo Agung, dan dihibur penyanyi tradisional……10 Ribu Wisatawan Kunjungi Ritual Yadnya Kasada 2017 di Bromo

Perayaan Hari Raya Yadnya Kasada (Kasodo) yang biasa dilakukan Suku Tengger di kawah Gunung Bromo, Senin 10 Juli 2017 dinihari, sukses mendatangkan ribuan wisatawan. Cuaca dingin mencapai 10 derajat celcius tidak menyurutkan para wisatawan untuk melihat ritual adat persembahan Suku Tengger kepada Jaya Kusuma, putra sulung Roro Anteng dan Joko Seger yang sesuai penanggalannya jatuh pada hari ke-14 Bulan Kasada.

Selang beberapa saat setelahnya terjadilah Siklus SEBELAs yang muncul untuk mengingatkan manusia akan sebuah makna dari Gunung Bromo, yakni, Kronologi Kecelakaan Maut di Probolinggo yang Menewaskan 10 Orang

PROBOLINGGO – Kecalakaan maut terjadi di Jalan Pantura Probolinggo – Situbondo, Jumat (14/7/2017) dini hari sekira pukul 02.30 WIB. Kecelakaan ini melibatkan bus penumpang Medali Mas dari Bali Nopol N 7130 UA dan Truk Hino pengangkut pupuk Nopol DR 8600 AB Desa Curahsawo, Kecamatan Gending, Kabupaten Probolinggo, atau di depan Pantai Bentar…..

Perhatikan dalam bentuk bentuk sederhana kejadian diatas terjadi adalah 14-7-2017 yang membentuk 1+4+7+2+0+1+7=22, dan sekali lagi perhatikan no pol bus tersebut yaitu 7130 yang membentuk 7+1+3+0=11 (SEBELAS). Tepat 4 hari setelah upacara Kasada, maka sebuah maut terjadi Bus Maut Medali Mas, bukan MEDALI EMAS, sebagai keteraturan jika A=1, B=2 … MEDALIMAS=77

x18_99Semua serba kembar terjadi, mulai 11, 22 dan 77 sebagai sesuatu yang mudah di-ingat, bahwa Bus Maut itu Celaka di tgl 14-7-2017 yang membentuk 22 dan MEDALIMAS=77, kesemuanya adalah 99=22+77, sebagai simbol 99 yang mudah di-ingat dan sering muncul pada banyak kejadian besar dunia untuk mengingatkan manusia, seperti digambarkan disamping, bahwa “Perayaan Hari Raya Yadnya Kasada (Kasodo) yang biasa dilakukan Suku Tengger di kawah Gunung Bromo, Senin 10 Juli 2017 ” membentuk 1+0+7+2+0+1+7=18.

Peristiwa Tahun 2017, mengingatkan kita pada kejadian tahun 2003 yang lalu,

Prosesi Yadnya Kasada diawali dengan acara mendhak tirta (mengambil air suci) di kaki Gunung Widodaren, 9 Oktober 2003. Kemudiann air suci itu dibawa dengan bumbung (bambu) ke pura agungdi Cemoro Lawang, Ngadisari. Hari Minggu, 12 Oktober, bertepatan dengan bulan Purnama Sid,; tanggal15 Kasada, tahun 1936 Saka, semua dukun dari seluruh kawasan Tengger, berjumlah 35 orang, berkumpul di Cemoro Lawang.  Acara dimulai dengan pembacaan sejarah tentang asal-usul masyarakat Tengger, kemudian dilanjutkan dengan persembahan sesaji oleh seluruh dukun. Beri kutnya , acara paling sakral, pembacaan doa untuk seluruh umat di dunia agar diberi keselamatan dan kemakmuran . Jadi yang didoakan tidak hanya komunitas warga Tengger, namun semua umat di mana pun berada.

Sehari sebelumnya terjadi tragedi maut yang di kenang banyak orang,  Kecelakaan Bus, Puluhan Pelajar SMU Tewas

Situbondo, Rabu malam, 8 Oktober 2003. Tiga bus AO Transport beriringan. Melaju cepat menembus kegelapan malam. Di sebuah tikungan di Jalan Raya Surabaya-Banyuwangi, tepatnya di kawasan Banyu Blugur, Situbondo, Jawa Timur, tiba-tiba sebuah truk kontainer memotong jalur dari arah berlawanan. Dua bus lolos. Satu bus lainnya apes. Bus pengangkut 54 siswa dan seorang guru pendamping itu dihajar truk trailer. Sejurus kemudian, giliran truk tronton menghantam bus dari belakang.

Buum! Bagian depan bus mulai terbakar. Puluhan penumpang panik. Di tengah kepulan asap mereka berlarian ke belakang bus seraya menjerit minta tolong. Sial, pintu belakang tak bisa dibuka. Padahal api terus berkobar. Sekejap, bus hangus terbakar. Seluruh penumpang pun terpanggang, meregang nyawa. Bus nahas itu membawa 54 siswa kelas dua Sekolah Menengah Kejuruan Yayasan Pembina Generasi Muda (Yapemda) I Sleman, Yogyakarta. Mereka tengah dalam perjalanan pulang sehabis studi banding dan wisata di Bali…Musibah maut itu terjadi Rabu (8/10) malam di jalan raya perbatasan Paiton Probolinggo-Situbondo, tepatnya di wilayah Desa Banyuglugur-Situbondo, Jawa Timur.

Tabrakan beruntun yang mengerikan itu terjadi sekitar pukul 20.00 WIB ketika bus AO Transport yang bergerak mengangkut rombongan siswa SMA Yapenda I Sleman, Yogjakarta, yang akan kembali ke Sleman setelah berdarmawisata ke Bali bertabrakan dengan sebuah trailer. Akibatnya, nyaris seluruh penumpang di dalam bus tersebut tewas terpanggang.

Menurut keterangan saksi mata di Mapolrtes Situbondo, musibah itu berawal saat bus bergerak di jalan menanjak di kawasan Banyuglugur, dekat PLTU Paiton. Mendadak dari arah berlawanan (arah barat) muncul sebuah tronton/trailer dengan kecepatan tinggi. “Dua sopir di masing-masing kendaraan tidak bisa menguasai kendali dan kendaraan sama-sama berkecepatan tinggi, bus dan trailer tersebut bertabrakan di jalan yang kondisinya gelap, tikungan tajam dan menanjak,” kata Tugas. Tak lama setelah kejadian, dari arah belakang bus melaju kencang sebuah Colt Diesel L 7934 BC. Colt ini akhirnya juga ikut menabrak bus. Beberapa detik setelah bunyi tabrakan terdengar, tiba-tiba dari badan bus muncul percikan api yang akhirnya melalap seluruh badan bus. Seluruh penumpang bus yang terdiri dari 51 siswa SMA Yayasan Pembinaan Generasi Muda (Yapenda) I Sleman Yogyakarta, dua orang guru, dan seorang pemandu, tewas seketika di tempat kejadian

Peristiwa tersebut adalah 8-10-2003 yang membentuk 8+1+0+2+0+0+3=14, dan perhatikan nopol bus ini “seperti diberitakan Suara Merdeka kemarin (9/10), ketika kecelakaan terjadi bus dengan Nopol AB-2602-CA (bukan CO) dikemudikan oleh Budi

Bentuk yang mudah adalah 2+6+0+2=10,  terjadi di PAITON jika A=1, B=2 … PAITON=75 sehingga semuanya 14+10+75=99, seperti kejadian tahun 2017 yang berulang-ulang.

Bromo Simbol Alam


Bromo yang terus menerus di populerkan baik sebagai parawisata maupun lainnya, merupakan manifestasi simbol alam semesta,Nama Bromo, membentuk nilai 63 dalam Al-quran surat ke 63 berisi 11 ayat, dan membentuk 6+3+1+1=11, hingga beberapa peristiwa yang di kenang membentuk sesuatu yang mudah di-ingat, seperti yang dijelaskan diatas, membentuk 11, 22, 77 dan 99 sebagai makna yang mudah di-ingat, agar ketika memandang bromo, maka sebenarnya disitulah sebuah renungan alam semesta dan al-quran terjadi. Hal ini pula muncul kembali saat setiap tgl 14 bulan kasada dilakukan ritual

Bahwa memori 14 ini mengacu pada al-quran surat ke 14 surat Ibrahiim (bpk Tauhid) berisi 52 ayat, hingga 14+52=66 yang merupakan deretan 1+2+3+4…..+11=66, tiada lain yadnyakasada=107 yang merupakan memori nomor al-quran surat ke 107 berisi 7 ayat, sebagai salah satu dari lima surat yang berpola 107+7=114, sebagai salah satu dari lima surat yang berpola seperti itu, sehingga 1+1+4+5=11 (SEBELAS), yang akan dijelaskan dibawah:

NB: Tidak hanya BROMO yang mengandung SEBELAS, maka Jika A=1, B=2 … MERAPI=62 merujuk pula pada al-quran surat ke 62 yang berisi 11 ayat, total terdapat 5 surat saja yang memiliki 11 ayat, yang akan dibahas pada keterangan dibawah ini

 

Makna SEBELAS sebagai siklus SEBELAS


siklus_sebelas2Semua kejadian atau peristiwa, memiliki makna yang sangat dalam tidak hanya berlaku privat ke seseorang saja, namun lebih luas mejadi iktibar bagi semua prang untuk menjadi hikmah, agar senantiasa manusia mendekatkan diri padaNya karena di sekeliling mereka selalu ada peristiwa yang mengingatkan manusia akan kehadiranNya di muka bumi ini, sehingga saat manusia di minta pertanggung jawaban kelak, mereka tidak ada alasan lagi, bahwa tidak ada yang mengingatkan atas perlakuan/perilaku mereka saat di dunia, gambar disamping adalah capture saat tertanggal 8-Feb-2007 dan akhirnya terjadi ….

Keistimewaan Numerikal 11 pada Al-Quran:

Allah ta’ala melalui kitabNya yakni kitab suci Al-Quran memberikan penekanan yang lebih pada numerikal 11 ini:


1) Huruf ke 11 Za` :

(dalam bahasa Arab ز pada posisi lepas) adalah huruf kesebelas dalam abjad Arab. Huruf ini melambangkan fonem

Cara penulisan

Cara penulisan huruf (ز)
Posisi Lepas Posisi Awal Posisi Tengah Posisi Akhir
ز (Tidak ada) (Tidak ada) ـز

Huruf ke 11 yang terdapat penekanan khusus karena tercatat dalam al-quran disebut dua kali dalam satu surat yaitu surat ke 99 Surah Az-Zalzalah الزلزلة‎‎ yang berarti Kegoncangan berisi 8 ayat diturunkan di Madinah dalam urutan pewahyuan ke 93. Huruf Za` dituliskan runtun 2 kali ” Az-Zalzalah الزلزلة” yang menunjukkan penekanan akan hal ini


99. AL ZALZALAH (KEGONCANGAN)


[99:1] Apabila bumi digoncangkan dengan goncangan (yang dahsyat), [99:2] dan bumi telah mengeluarkan beban-beban berat (yang dikandung)nya,[99:3] dan manusia bertanya: “Mengapa bumi (menjadi begini)?”, [99:4] pada hari itu bumi menceritakan beritanya, [99:5] karena sesungguhnya Tuhanmu telah memerintahkan (yang sedemikian itu) kepadanya. [99:6] Pada hari itu manusia ke luar dari kuburnya dalam keadaan bermacam-macam, supaya diperlihatkan kepada mereka (balasan) pekerjaan mereka [99:7] Barangsiapa yang mengerjakan kebaikan seberat dzarrahpun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya. [99:8] Dan barangsiapa yang mengerjakan kejahatan sebesar dzarrahpun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya pula.


Surat ke 99 ini diwahyukan dalam urutan 93, sebagai memori surat ke 93 berisi 11 ayat dan diwahyukan ke 11 juga. Surat ke 93 Surah Ad-Duha الضحى‎‎ berarti Waktu matahari sepenggalahan naik (Dhuha) berisi 11 ayat diturunkan di Mekkah dalam urutan pewahyuan ke 11…. dan ajaib … surat ke 11 adalah surat 11 Surah Hud هود Nabi Hud berisi 123 ayat sebagai satu satunya surat al-quran yang memiliki ayat 123, sebagai hitungan makna berhitung 1+2+3+4…+11=66 yang merupakan ‘kebalikan’ dari 9999_66
Dalam simbol huruf arab angka 9 dalam lingkaran penuh yang kembali ke yang satu, sedangkan angka 6 menggantung tanpa kembali ke yang satu (lihat gambar disamping), hal ini dapat dijelaskan bahwa al-quran surat ke 99 berisi 8 ayat merupakan kombinasi 99+8=107 dan ajaib …. wahyu ke 107 adalah surat ke 66 Surah At-Tahrim التّحريم Mengharamkan berisi 12 ayat diwahyukan di Madinah dalam urutan pewahyuan 107… hal ini terungkap sebagai al-quran surat ke 107 Surah Al-Ma’un الْمَاعُونَ memiliki arti Barang-barang yang berguna berisi 7 ayat diturunkan di Mekkah dalam urutan pewahyuan ke 17.

Al-Quran surat ke 107 adalah salah satu dari lima surat yang memiliki pola nosurat+ayat 107+7=114 alif_lam_raa_62(memori jumlah surat al-quran) dan diterangkan dibawah bahwa jumlah ini menuju pada SEBELAS. Sekali lagi surat ke 107 diwahyukan ke 17 adalah memori terbesar saat Tsunami Aceh terjadi tgl 26-12-2004 yang membentuk memori 2+6+1+2+2+0+0+4=17 dan memori al-quran surat ke 17 Surah Al-Isra’ الإسرا yang berarti “Perjalanan Malam ” memiliki 111 ayat diturunkan di Mekkah dalam urutan pewahyuan ke 50. Surat ke 17 adalah salah satu dari SEBELAS surat yang dibahas dibawah sebagai 1+7+1+1+1=11 (SEBELAS) dan satu satunya surat yang urutan pewahyuan+jumlah ayat adalah 50+111=161,

Sebuah 44 yang terjadi dan terangkum pada al-quran surat ke 19 Surah Maryam مريم Maryam (Maria) berisi 98 ayat diwahyukan diMekkah dalam urutan 44, sebagaimana 19 yang diterangkan diatas, hingga sebuah keteraturan yang terjadi semuanya adalah 19+44+98=161 sebagai bentuk lain dari 99+62=161.

[1]Ketetapan Allah[2] pasti datang, maka janganlah kamu meminta agar dipercepat (datang)nya[3]. Mahasuci Allah dan Mahatinggi Dia dari apa yang mereka persekutukan[4]. (QS 16:1)

  1. Dalam ayat ini, Allah Ta’ala menerangkan dekatnya waktu azab yang diancamkan-Nya kepada orang-orang kafir dan menerangkan bahwa hal itu pasti terwujud. Yang demikian karena sesuatu yang akan datang adalah dekat.
  2. Ketetapan Allah di sini adalah hari kiamat yang telah diancamkan kepada orang-orang musyrikin. Dalam ayat tersebut digunakan fi’il madhi (kata kerja lampau) untuk menunjukkan benar-benar terjadi atau pasti.
  3. Sebelum tiba waktunya.
  4. Seperti perbuatan mereka, menisbatkan sekutu, anak, istri, dan tandingan kepada-Nya serta penisbatan lainnya yang sesungguhnya tidak layak dengan kebesaran-Nya, dan menafikan kesempurnaan-Nya.

sebagai bentuk sederhana dari 99+62=161, ingat bahwa surat ke 11 berisi AlifLamRo yang hurufnya mengandung 62 dan jika Alif=1, Ba=2 … maka AlifLamRo=34 yang merupakan 62+34=96 merujuk pada surat ke 96 Surah Al-‘Alaq العَلَق yang berati Segumpal Darah berisi 19 ayat diturunkan di Mekkah dalam urutan pewahyuan ke 1. …. [96:1] Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu Yang menciptakan, ….

2) Kisah Yusuf yang memuat 11 : ,

ketika Yusuf berkata kepada ayahnya: “Wahai ayahku , sesungguhnya aku bermimpi melihat sebelas bintang, matahari dan bulan; kulihat semuanya sujud kepadaku.” (QS 12:4) … Kisah ini sangat terkenal untuk menyelamatkan umat manusia, Allah swt memberikan iktibar kisah n. Yusuf lewat ilmu ta’bir mimpi sang raja yang memuat tentang 77 yaitu :

  • : “Yusuf, hai orang yang amat dipercaya, terangkanlah kepada kami tentang tujuh ekor sapi betina yang gemuk-gemuk yang dimakan oleh tujuh ekor sapi betina yang kurus-kurus dan tujuh bulir yang hijau dan lainnya yang kering agar aku kembali kepada orang-orang itu, agar mereka mengetahuinya.” (QS 12:46)

3) Kisah Penduduk yang Musnah

penduduk Madyan, Syu’aib : Syu’aib (bahasa Arab: شعيب; Shuʕayb, Shuʕaib, Shuaib) (sekitar 1600 SM – 1500 SM) adalah seorang nabi yang diutus kepada kaum Madyan dan Aikah menurut tradisi Islam. Ia diangkat menjadi nabi pada tahun 1550 SM. Namanya disebutkan sebanyak 11 kali di dalam Al-Qur’an dan ia wafat di Madyan. Syu’aib secara harafiah artinya “Yang Menunjukkan Jalan Kebenaran”. Karena menurut kisah Islam, Syu’aib telah berusaha untuk menujukkan jalan yang lurus kepada umatnya yaitu penduduk Madyan dan Aykah.

4) Surat al-Quran memiliki 11 ayat

Jumlah Surat dalam Al-quran memiliki 11 ayat berjumlah 5 surat, (terbanyak bersama surat yang memiliki 8 ayat) lima_surat_memiliki_11_ayat_

Al-quran memiliki kelompok jumlah ayat terbanyak adalah berada pada isi ayat sejumlah SEBELAS dan DELAPAN, sebagai makna 11+8=19 yang tertuang pada sebuah perumpammaan yang indah akan makna 19 ini yaitu tergambar dibawah ini Makna yang lain 11 dan 8 sebagai kelompok surat yang memiliki ayat terbanyak adalah surat yang memiliki ayat 11 dan ayat 8 merupakan makna yang kebesaran-allah-swt-pada-telapak-tangan-manusiadalam bahwa 1+1+8=10 sebagai jumlah jari manusia berjumlah 10 sebagai tanda khusus dari Allah Ta’ala tentang tangan manusia, seperti terlihat pada gambar disamping yang memuat 99 dan kembali lagi menjadi 9+9=18, Allah swt berfirman “

Telah nampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusi, supay Allah merasakan kepada mereka sebahagian dari perbuatan mereka, agar mereka kembali .” (QS 30:41) Sepuluh jari manusia juga memuat memori tentang al-quran surat ke 10 Surah Yunus ينوس Nabi Yunus berisi 109 ayat yang juga memuat 1+0+1+0+9=11 (SEBELAS)

cover_bismilah


5) Pola Terbanyak adalah SEBELAS

Hitunglah dan amati daftar berikut ini


  1. Surat ke 10 memiliki 109 ayat, -> 1+1+9=11
  2. Surat ke 13 memiliki 43 ayat , -> 1+3+4+3=11
  3. Surat ke 17 memiliki 111 ayat, -> 1+7+1+1+1=11
  4. Surat ke 18 memiliki 110 ayat, -> 1+8+1+1+0=11
  5. Surat ke 20 memiliki 135 ayat, -> 2+0+1+3+5=11
  6. Surat ke 31 memiliki 34 ayat, -> 3+1+3+4=11
  7. Surat ke 63 memiliki 11 ayat, -> 6+3+1+1=11
  8. Surat ke 90 memiliki 20 ayat, -> 9+0+2+0=11
  9. Surat ke 102 memiliki 8 ayat -> 1+0+2+8=11
  10. Surat ke 105 memiliki 5 ayat, -> 1+0+5+5=11
  11. Surat ke 106 memoliki 4 ayat, -> 1+0+6+4=11

Jumlah surat AlQuran terbanyak yang memiliki pola nosurat dan ayat digitnya berjumlah 11,sebelas_11_ pola terbanyak pada Al-quran sebagai jumlah digitnya, semuanya membentuk 11 terdiri dari jumlah 11 juga, pola ini akan terus menerus muncul sebagai memori yang mudah dari peristiwa demi peristiwa yang terjadi, hal ini merupakan bagian dari peringatanNya dan agar manusia senantiasa mendekatkan diri padaNya, bahwa disekitar mereka terdapat tanda demi tanda kebesaran dan kekuasanNya sebagai bentuk keteraturan demi keteraturan yang terjadi

Makna 121


Sebuah 121 adalah makna yang dalam sebagai SEBELASxSEBELAS=121 dalam penekanan yang dalam akan arti SEBELAS sampai di-ulang dua kali hingga membentuk 121, dalam makna religi 121 terbentuk dari 99+22 yang kembali lagi membentuk 9+9+2+2=22, yang juga telah diterangkan sebelumnya sebagai memori al-quran surat dengan pola 22 ada 7 surat hingga kembali lagi membentuk sederhana 2+2+7=11 (SEBELAS)… sebagai penegasa adalah 121 adalah 114+7=121 sebagai jumlah surat al-quran berjumlah 114 dan huruf al-quran itu sendiri terdapat 7, sebagai makna yang dalam arti tujuh:

  • “Allah Pencipta langit dan bumi, bila Dia berkehendak (untuk menciptakan) sesuatu, maka cukup dengan hanya mengatakan: “Jadilah! lalu jadilah sesuatu itu”. Kalimat perintah penciptaan dalam ayat ini adalah ‘Kun fayakun’, yang struktur kalimat arabnya terdiri dari 7 huruf (kaf, nun, fa, ya, kaf, wawu dan nun).
  • Allah SWT telah menciptakan alam untuk mendukung kekhalifahan manusia dengan konsistensi struktur angka 7, yaitu di antaranya:-7 hari seminggu (Ahad, Senen, Selasa, Rabo, Kamis, Jum’at dan Sabtu).
  1. -7 planet (Sun, Moon, Vinus, Sturn, Jupiter, Mecury, dan Mars).
  2. -7 lapis langit (Troposfer, Stratosfer, Ozonosfer, Mesosfer, Termosfer, Ionosfer,dan Eksosfer).
  3. -7 lapis bumi (Inner Core, Core Outer, Gutenberg Discontinuity, Mantle, Mohorovicic Discontinuity, Asthenosphare, dan Crust).
  4. -7 warna pelangi (Red, Orange, Yellow, Green, Blue, Indigo, dan Violet).
  5. -7 benua (Afrika, Amerika Selatan, Amerika Utara, Antartika, Asia, Eropa, dan Oceania)
  6. -7 komponen atom (Electron, Proton, Quark, Boson, Meson, Photon, dan Lepton).

Allah SWT telah menciptakan manusia sebagai khalifah-Nya dengan konsistensi sruktur angka 7, yaitu diantaranya:

  1. -Tulang manusia berjumlah 206 jenis, dapat dikelompokan menjadi 14 kelompok, yang berarti 2×7.
  2. -7 (kelompok) tulang untuk bersujud (2 ujung kaki, 2 lutut, 2 telapak tangan dan 1 kening).
  3. -7 anggota badan (2 tangan, 2 kaki, 2 lutut, dan 1 wajah).
  4. -7 lubang di kepala (2 lubang mata, 2 lubang telinga, 2 lubang hidung dan 1 lubang mulut).
  5. -7 tahap pertumbuhan manusia (masa menyusui, disapih, bayi, remaja, pemuda, dewasa, dan masa tua).
  6. -7 dimensi kehidupan manusia (tubuh, pikiran atau mental, qolb emosi, fu’ad atau ruhani, nafs atau jiwa dan Ruh).
  7. -7 cara bepikir manusia (ta’qilun, yatafakkarun, yanzhurun, yafqahun, yatadabbarun, yasma’un, dan beraqal sehat atau ulil albab).

Dan Allah SWT telah memfirmankan Alquran sebagai petunjuk kekhalifahan manusia, juga dengan konsistensi angka 7, yaitu di antaranya:

  1. -7 huruf Alquran (alif, lam, qof, ro, hamzah, alif dan nun).
  2. -7 ayat Al-Fatihah (alif, lam, fa, alif, ta’, ha, dan ha).
  3. -7 dalam Alquran disebut sebanyak 27 kali dalam 23 surah. Bila angka ini dijumlakan: 2+7+2+3 = 14, yang berarti: 2 x 7.
  4. -7 macam bacaan Al-Quran (Nafi (w. 169 H); Ibn Katsir (w. 120 H); Abu ‘Amr (w. 154 H); Ibn ‘Amir (w. 118 H); Ashim (w. 128 H); Hamzah (w. 80 H); Al-Kisa’i (w. 189 H).
  5. -7 surat panjang Al-Quran ( Al-Baqarah, Ali Imran, Al-Maidah, An-Nissa’, Al ‘Araf, Al An’am dan Al-Anfal).
  6. -Al-Quran menggunakan 28 jenis huruf, yang berarti: 4×7.
  7. -Al-Quran mengandung 14 singkatan, yang berarti: 2×7.Maka, apakah kemunculan angka 7 ini kebetulan? Pasti tidak. Karena suatu yang kebetulan pasti tidak akan terjadi berulang-ulang. Apa lagi dengan pengulangan yang sangat sering dan terjadi dalam 3 konteks kehidupan yang berbeda: Alquran, manusia dan alam. Maka angka 7 ini adalah desain Allah. Dia telah menciptakannya sebagai sandi pesan tentang kemahaesaan dan kemahakuasaan-Nya, bagi orang-orang yang mau berpikir. Subhanallah.

6) Memori 114 (Jumlah Surat Al-Quran)

Pola Allah swt mentakdirkan Alquran berjumlah 114 surat, dan hanya 5 surat saja yang memiliki pola 114, sehingga numerikal ini membentuk 1+1+4+5=11 (SEBELAS)

  1. Surat Al-Hijir surat ke 15 berisi 99 ayat-> 15+99=114
  2. Surat Az-Zumar surat ke 39 berisi 75 ayat -> 39+75=114
  3. Surat Al-Ma’arij surat ke 70 berisi 44 ayat -> 70+44=114
  4. Surat Al-Ghasiyah surat ke 88 berisi 26 ayat -> 88+26=114
  5. Surat Al-Ma’un surat ke 107 berisi 7 ayat -> 107+7=114

Kunci sebelas dari al-quran merupakan sebuah pola yang teratur dan surat_114_5indah terbingkai dalam rentetan makna yang dalam yaitu jumlah digit dari semua surat di alquran yaitu digit nomor surat dan digit ayat di jumlahkan, maka hasil terbanyak adalah SEBELAS dari jumlah yang SEBELAS, seperti di tabel diatas tentang SEBELAS

Keajaiban dari numerikal 11 membentuk pola jumlah dgiti nosurat dan ayat terbanyak berisi SEBELAS dari semua pola yang ada, hal ini menunjukkan adanya PENEKANAN khusus akan makna SEBELAS ini. Sekali lagi hitung keteraturan ini, bahwa no surat digitnya di jumlahkan 1+0+1+3+1+7+1+8+2+0+3+1+6+3+9+0+1+0+2+1+0+5+1+0+6=62

Sekali lagi, hitung keteraturan ini, bahwa no surat digitnya di jumlahkan 1+0+1+3+1+7+1+8+2+0+3+1+6+3+9+0+1+0+2+1+0+5+1+0+6=62 dan jika ayatnya dijumlahkan keseluruhan berjumlah 59 yang terdiri dari semua jumlah ayatnya, 1+0+9+4+3+1+1+1+1+1+0+1+3+5+3+4+1+1+2+0+8+5+4=59, sehingga keseluruhan digit yang membentuk 62 dan 59 adalah 6+2+5+9=22 … Ada apakah dengan 22 ini ?

Sebuah pesan 22 yang universal, terdapat pada tujuh surat yang memiliki pola 22, seperti tabel disamping tujuh_surat_22Dan yang paling nyata tentang 22 ini adalah surat Muhammad yang ditakdirkan olehNya berada pada surat ke 47 dan berisi 38 ayat sehingga membentuk 4+7+3+8=22… Hingga Tujuh surat al-quran yang memiliki pola 22 dengan cara apapun akan membentuk 11 yaitu 2+2+7=11 (SEBELAS), sebagai informasi penting tentang 22 dan 7 adalah al-quran surat ke 22 ayat 7:

“dan sesungguhnya hari kiamat itu pastilah datang, tak ada keraguan padanya; dan bahwasanya Allah membangkitkan semua orang di dalam kubur. (QS 22:7)”

Jumlah dari semua surat (tujuh surat) berpola 22 adalah154 yang pada memori jaman modern sebuah merupakan peringatangempa_jepang_22_11_2014 bagi umat manusia, jumlahnya 154 merupakan memori, contoh kebinasaan yang muncul adalah saat gempa kembar di jepang dan china tgl -bln kembar 22-11-2014. Gempa kembar di tgl kembar bln kembar agar mudah di-ingat pada tahun 2014 terjadi di dua negeri, jika A=1, B=2 … JEPANGCHINA=88 seperti simbol dari lima surat berpola 114 diatas, atau dengan japanchina=77 merupakan makna 77 yang dijelaskan pada point ke satu. Dan Kemudian 154 (77+77) hari setelahnya terjadi gempa dahsyat di Nepal 25-4-2015, mengutip wikipedia: Gempa bumi Nepal 2015 (juga disebut Gempa bumi Himalaya) adalah sebuah gempa bumi berkekuatan 7,8 (Mw) yang terjadi pada pukul 11:56 NST (6:11:26 UTC) pada Sabtu 25 April 2015, dengan episenter sekitar 29 km (18 mi) dari timur-tenggara Lamjung, Nepal, dan pusat gempa di kedalaman sekitar 15 km (9.3 mi). Peristiwa tersebut merupakan gempa bumi paling kuat yang mengguncang Nepal sejak gempa bumi Nepal–Bihar 1934. Setidaknya 8,947 orang diketahui tewas akibat dari gempa menara_bersejarah_ambruk_terkena_gempa_nepal_25_4_2015bumi tersebut yang dikabarkan mengguncang Nepal dan beberapa wilayah India Utara, Tiongkok, dan Bangladesh. Bangunan-bangunan yang berusia berabad-abad hancur di Situs Warisan Dunia UNESCO di Lembah Kathmandu, termasuk beberapa bangunan di Alun-Alun Kathmandu Durbar dan menara Dharahara di Kathmandu . Gempa bumi Nepal tersebut terjadi akibat sesar Naik di pergunungan Himalaya. Proses pembentukan gunung Himalaya sendiri akibat pertemuan lempeng benua India dgn lempeng benua Eurasia, Korban 8,947 korban tewas, 23,447 korban luka – lukaplay_vidio_youtube
Lihat Vidio Misteri Ilahi Gempa Dahsyat Nepal, Klik Gambar disamping

  • [15:4] Dan Kami tiada membinasakan sesuatu negeripun, melainkan ada baginya ketentuan masa yang telah ditetapkan.

Makna 22 yang berpola ditemukan pada tujuh surat, hingga jumlah seluruhnya adalah 154 (77+77) adalah makna yang dalam karena informasi tentang hari Akhir Jaman memang benar terjadi dan skala minniatur muncul pada tahun 2014, dimana Gempa Kembar JAPANCHINA kemudian 154 hari terjadi Gempa lebih dahsyat. … Adalah 22 merupakan deretan 1+2+3+4….+22=253, merupakan memori, dan contoh yang benar terjadi saat al-quran di bakar di tgl 11-9-2010, maka 253 hari berikutna terjadi balasanNya berupa tornado dahsat ke negeri pembakar al-quran., Pembakaran Alquran Ternyata Jadi Dilakukan

  • Pembakaran Alquran yang sebelumnya akan dilakukan oleh pendeta dari Florida Terry Jones, pada peringatan tragedi 11 September, urung dilaksanakan karena mendapatkan kecaman dari berbagai pihak. Namun ternyata pembakaran dilakukan oleh pengikut Terry, pendeta Bob Old dan Danny Allen. Mereka membakar Alquran di halaman belakang sebuah rumah di Springfileld, Amerika Serikat, Sabtu (11/9) silam. Bob Old dan rekannya Danny Allen berdiri bersama di halaman belakang rumah tua. Mereka menyebut tindakan itu sebagai panggilan dari Tuhan. Mereka membakar dua salinan Quran dan satu teks Islam lainnya di depan segelintir orang, yang sebagian besar dari media.
    Seperti dilansir Detroit News, ternyata pembakaran Alquran juga terjadi di Michigan. Sebuah Alquran dibakar di depan pusat ajaran Islam di kota tersebut. Ryanne Nason, seorang cendekiawan Amerika Serikat, seperti dikutip koran lokal Mainecampus, Kamis (15/9), menyebut bahwa pembakaran yang dilakukan oleh sejumlah orang sangat menyedihkan dan memalukan.

cover_quran_dibakarDi AS, negara yang dibentuk pada keyakinan kebebasan beragama, setiap orang diberikan hak untuk mempraktikkan agama yang mereka yakini, seperti Yudaisme, Islam, Kristen, atau tidak menganut agama sama sekali. Dengan membakar Alquran atau kitab suci agama lain, seluruh bangsa lain akan melihat AS sebagai negara tanpa kelas dan tidak etis, kata Nason. Sungguh ironis bahwa Terry Jones atau Bob Old merasa memiliki perlindungan berdasarkan amandemen pertama untuk membakar kitab suci agama lain yang ia tidak percaya. Padahal semua muslim di AS dilindungi oleh undang-undang konstitusional yang sama. Hal ini akan memberikan cela pada reputasi Amerika. Menurut Ryanne, orang beragama menggunakan moral yang kuat dan nilai-nilai, namun sekarang orang mendiskreditkan keyakinan mereka karena bersifat menghakimi dan intoleransi. play_vidio_youtubeSalah satu dari banyak alasan mengapa kita memiliki pasukan di Irak dan Afghanistan adalah untuk melawan penindasan dan penganiayaan agama terhadap penduduk negara di negara tersebut. Namun, saat ini ternyata warga negara Amerika sendiri yang melecehkan agama lain, katanya.

Di Chicago, Mohammed Kaiseruddin, Dewan Direksi Pusat Ajaran Islam memberikan gambaran terhadap pembakaran Alquran yang cover_misteri_malapetakasangat berbeda dengan nilai-nilai yang dianutnya. Ia mengatakan kepada Huffington Post hari ini, “Kami merasa seperti sudah menjadi korban. Ketika kami memegang Alquran, kami memperlakukannya dengan sangat hormat. Kami tidak pernah menaruh salinan Alquran di lantai. Sejak kecil, kami selalu mengingatkan anak-anak untuk menghormati kitab suci ini. Kami play_vidio_youtubejuga mengajarkan kepada mereka ketika selesai membaca Alquran, mereka menutup dan menciumnya, lalu menyimpannya”. (DES/IAN)

Informasi tentang 22 yang terdapat pada tujuh surat, hingga menemukan bentuk pada Al-quran dibakar, kemudian 253 hari berikutnya Tornado Dahsyat Menghapus kota negeri pembakar al-quran adalah 1+2+3…+22=253, sebagai rahasia Ilahi yang nyata dan jelas di muka bumi ini, Lihat Vidio Misteri Ilahi Akhir Jaman, Klik Gambar Disamping

  • [25:3] Kemudian mereka mengambil tuhan-tuhan selain daripada-Nya (untuk disembah), yang tuhan-tuhan itu tidak menciptakan apapun, bahkan mereka sendiri diciptakan dan tidak kuasa untuk (menolak) sesuatu kemudharatan dari dirinya dan tidak (pula untuk mengambil) suatu kemanfaatanpun dan (juga) tidak kuasa mematikan, menghidupkan dan tidak (pula) membangkitkan.

Baik jumlah 154 maupun 253 membentuk 1+5+4=10 dan 253 juga membentuk 2+5+3=10 merupakan simbol dua jari manusia yang berjumlah 10 dengan memori yang unik Sebagai bagian dari keberadaanNya di muka bumi, quran surat ke 10 berisi 109 ayat yang membentuk 1+0+1+0+9=11 (SEBELAS) sebagai salah satu kunci kitabNYa


Perhatikan pola al-quran yang memiliki pola dibawah ini yang memuat 119 tiada lain 1+1+9=11 (SEBELAS) dalam bentuk lain

119_menjadi_99

Perhatikan nomor suratnya yaitu 10,36,83,89 …. dan jumlahkah digitnya membentuk , Nomor surat dari bentuk pola 119 menujukkan keteraturan sebagai iktibar, yaitu 10,36,83,89 kesemuanya membentuk 1+0+3+6+8+3+8+9=38 yang tercatat di Quran sebagai Surat ke 38 (Shod) berisi 88 ayat.

Huruf Shod adalah huruf yang ke 14, angka ini merujuk pada Surat ke 14 (Ibrahiim) berisi play_vidio_youtube52 ayat hingga 66=14+52 yang pada banyak pelajaran sebagai bapak Tauhid. Inilah muncul pada tahun 2010 dan tahun 2014 dan Contoh angka 14 yang cover_mbah_marijan_gempa_jogja_merapilain adalah ketika Al-Quran di bakar di tgl 11, tepatnya 11-9-2010 yang membentuk 1+1+9+2+0+1+0=14, maka terdapat balasanNya
Lihat Vidio Misteri Ilahi Akibat Membakar AlQuran, Klik diatas

Sebagai numerikal yang khusus numerikal 11, bahwa semua bilangan sampai 11 berjumlah 66 = 1+2+3+4+5+6+7+8+9+10+11,danplay_vidio_youtube 66 adalah bentuk pokok penting dari ketuhanan, sebagai satu-satunya surat yang memiliki pola nosurat+jumlah ayat=66 adalah surat ke 14 berisi 52 ayat, surah ibraahiim sebagai bapak Tauhid di tempatkan di no surat ke 14 dan berisi 52 ayat, sesehingga 66=14+52 merupakan salah satu konsep ketuhanan yang penting akan arti Tauhid. Arti 66 sebagai Numerikal yang berarti bahwa dengan memurnikan Tauhid, maka manusia akan selamat, tertuang dalam vidio dalam era modern sebagai kisah nyata dengan bukti lengkap di abad modern, Lihat Vidio Misteri Ilahi Akibat Membakar Kemenyan & Berkawan Dengan Jin, Klik Gambar Diatas

Ada apakah ini semua terjadi ?


newsupdate
update Clik Disini untuk Update Peristiwa Terbaru

Berikutnya Halaman Ke Misteri Ilahi: Siklus SEBELAS:

sebelumnya

Apa yang Terjadi Setelah itu Semua ?

berikutnya