Sebuah Renungan Akan Kematian Mbah Marijan


PENGANTAR TULISAN


Tulisan ini merupakan sebuah seri dari  Misi Penyelamatan Manusia Dari Bencana di Bumi kelanjutan dari Kejadian Aneh-Aneh Sebelum Mbah Marijan Meninggal, dimana kejadian besar yang menjadi perhatian banyak publik  merupakan sarana untuk lebih mendekatkan diri pada Allah swt. Berpijak dari itu, peristiwa besar juga merupakan sebuah kunci untuk menguak rahasia alam semesta.

Salah satu yang telah terbukti adalah pada kisah gempa yogya 27 mei 2006 lalu (bagi yang belum pernah membaca,silahkan dicek Inilah Kisah Nyata Pembawa Peringatan Sebelum Gempa Yogya 27-mei-2006) , rahasia itu dapat terkuak, tentunya dengan berdoa iklash kepada Allah swt semata, rahasia itu diberika kepada siapa yang dikehendakiNya.

Berkaca dari yang terdahulu, sebuah kejadian yang kadang tidak masuk akal saat itu, sesungguhnya disitulah terdapat jejak ekspresi ketuhanan. Misalnya Qobil dengan gagaknya (baca Gagak qobil & Tsunami Aceh 26-des-2004), N Sholeh dengan Unta, N.  Musa dengan tongkat dan sapi, N Muhammad dengan hajar aswad dll. Semuanya merupakan jejak Ekspresi Ketuhanan yang merupakan sebuah pelajaran universal tanpa harus lekang dan di telan masa. Masa kini dapat dilihat dalam Tanda Tanda Sebelum Bencana Besar Terjadi

Misteri Aneh dari ‘Wasiat’ Mbah Marijan


Mbah Marijan yang meninggal tepat 26 Oktober 2010, adalah sebuah fenomena unik & menarik ketika mbah Marijan ,tokoh terkenal dan dipuja banyak pejabat, akademisi dan hampir seluruh masyarakat negeri ini. Ketika seorang ‘besar’ meninggal dunia (termasuk peristiwa besar) , maka biasanya menarik perhatian banyak manusia Perhatian kalayak banyak merupakan titik point sebuah pesan moral, ketika sebuah ‘pesan moral’ penting tsb menyangkut tentang masa depan. Pesan penting tsb, selayaknya dapat ditemukan pula pada peristiwa besar , sepertinya misalnya tgl kematian mbah marijan  tepat tgl 26 merupakan sebuah perulangan dari bencana besar seperti misalnya Tsunami Aceh yang terjadi tgl 26 desember 2004 (baca Kejadian Aneh – Aneh Jelang Bencana Tsunami Aceh),

Misteri Aneh dari ‘Wasiat’ Mbah Marijan , Meninggal  66 Hari Sebelum Gempa Yogyakarta


Perhatikan gambar dibawah ini, Mbah Marijan  meninggal dunia 26 oktober 2010, sebuah nilai unik yakni 66 hari sebelumnya, Yogyakarta di guncang gempa bum.

merapi_meletus_dan_gempa_yogyaGempa 5 SR Pecahkan Umpak Keraton Jogja

Gempa berkekuatan 5,0 skala Richter (SR) yang mengguncang Jogja Sabtu malam (21/8) merusak sejumlah bangunan utama di kompleks Keraton Jogja. Beruntung, kerusakannya ringan. ”Kerusakannya tidak berat kok. Tidak mengganggu konstruksi bangunan,” tutur Pengageng Wahon Sarto Kriyo Keraton Jogja KGPH Hadiwinoto kemarin (22/8). Menurut adik Sultan Hamengku Buwono X itu, kerusakan terjadi di Bangsal Kencono dan Bangsal Srimanganti. Di Bangsal Kencono, salah satu umpak (penyangga tiang) di sisi utara bergeser sekitar 5 sentimeter.Bangsal Kencono merupakan bangsal utama keraton. Di tempat itu, Sultan kerap mengadakan acara. Salah satunya acara ngabekten tiap Idul Fitri. Bangsal Kencono juga biasa dipakai untuk upacara tinggalan dalem (ulang tahun) kelahiran raja. Di Bangsal Srimanganti, tambah Hadiwinoto, ada empat umpak yang pecah. Meski begitu, kekuatan tiang tidak terpengaruh. “Umpak itu lebih bersifat sebagai aksesori. Sebab, tiang di Bangsal Srimanganti menyentuh lantai,” terang pangeran yang dipercaya menjabat semacam menteri pekerjaan umum dan aset bangunan keraton tersebut.

Berita lain menyebutkan, Gempa Retakkan Keraton Yogya

Gempa bumi 5,0 skala richter (SR) yang melanda Yogyakarta, Sabtu (21/8), berimbas pada rusaknya sebagian bangunan Keraton Jogja. Tiga bangunan, seperti Bangsal Srimanganti, Bangsal Kencono, Bangsal Tepas Kawedanan Ageng Punokawan Puroyokoyo atau Bangsal Boyo terlihat retak-retak. Di Bangsal Koncono, misalnya, terjadi kerusakan pada bagian umpak (landasan/bantalan tiang) hingga menyebabkan posisi Bangsal tersebut bergeser 0,5 hingga 2 centimeter. Bangsal Srimanganti juga rusak pada empat umpak penyangga. Selain itu, ada beberapa tembok yang retak halus bagian luar dan dalam di Bangsal Tepas Kawedanan Ageng Punokawan Puroyokoyo atau Bangsal Sarang Boyo….

Kerusakan juga terjadi di Rumah Sakit Wirosaban, Kota Yogyakarta Subarjo. Sejumlah eternit jebol di ruang Cempaka dan pintu kaca di pavilliun pecah. “Akibat gempa yang terjadi habis Magrib tadi, sejumlah kaca di tempat ini pecah,” ujar pegawai rumah sakit. Ia juga mengatakan, sejumlah pasien yang trauma dengan gempa meminta untuk dikeluarkan dari ruang perawatan ke halaman rumah sakit……………

Sebuah kode kembar 66 merupakan peringatan dariNya tentang bencana akan datang manakala manusia untuk tidak sombong dan merasa teguh/dipuja-puja atau disanjung yang berlebihan.  Sebuah angka kembar adalah sebuah peringatan akan sebuah bencana yang akan datang, perhatikan surat 6 (al-an’aam) ayat 6

“Apakah mereka tidak memperhatikan berapa banyak generasi yang telah Kami binasakan sebelum mereka, padahal  telah Kami teguhkan kedudukan mereka di muka bumi, yaitu keteguhan yang belum pernah Kami berikan kepadamu, dan Kami curahkan hujan yang lebat atas mereka dan Kami jadikan sungai-sungai mengalir di bawah mereka, kemudian Kami binasakan mereka karena dosa mereka sendiri, dan Kami ciptakan sesudah mereka generasi yang lain.”

Sebuah akibat dari letusan merapi yang dapat dilihat akibatnya, bahwa bencana itu merupakan saksi akan sebuah bencana yang dahsyat, seperti tertuang di gambar berikut ini:

Breaking News / Sosbud / Rabu, 27 Oktober 2010 09:51 WIB,Metrotvnews.com, Yogyakarta: Satu dari 14 korban terakhir yang dibawa ke Rumah Sakit Dokter Sardjito Yogyakarta memiliki ciri-ciri fisik yang mirip dengan Ki Surakso Hargo alias Mbah Maridjan, juru kunci Gunung Merapi. Jenazah-jenazah tersebut sebagian besar ditemukan di sekitar rumah Mbah Maridjan.

Kinahrejo_3(sumber gambar internet)

Mereka menjadi korban akibat semburan awan panas letusan Gunung Merapi di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Selasa (26/10) sore. Secara fisik, ciri-ciri sarung, batik dan peci dari salah satu mayat cocok dengan yang dipakai Mbah Maridjan. Hal ini dibenarkan oleh Ketua Humas Rumah Sakit Dokter Sardjito Dokter Kresno Heru Nugroho. Jenazah itu ditemukan di rumah Mbah Maridjan. Pihak rumah sakit juga mendapatkan informasi dari Keraton Yogyakarta salah satu ciri Mbah Maridjan adalah ibu jarinya bengkok. Setelah ditelisik, cocok. Mbah Maridjan adalah abdi dalem keraton. Namun demikian, kata Kresno, untuk memastikan bahwa yang meninggal tersebut Mbah Maridjan pihak rumah sakit sedang melakukan uji DNA. DNA itu akan dicocokan dengan keluarganya, baik istri maupun anak-anaknya. “Tunggu saja sampai identifikasi DNA selesai,” kata Kresno. Menurut Kresno, seluruh keluarga Mbah Maridjan, baik anak maupun istrinya, selamat.

Kinahrejo_2(sumber gambar internet)

Ikhwal kematian Mbah Maridjan juga dibenarkan oleh salah satu menantunya, Bambang. “Saya sudah melihat sendiri,” kata Bambang. Menurut Bambang, pakaian yang dipakai, baik batik, sarung maupun kopyah mirip yang digunakan mertuanya sehari-hari. “Beliau sujud di atas sajadah. Sujud di kamar di rumah,” kata Bambang. Bambang menjelaskan, terakhir kali Mbah Maridjan bilang kepada pihak keluarga, “Ngantiyo piye saya tidak akan turun (Meskipun meletus saya tidak akan turun).” (DOR)

Selain itu, ternyata dia tidak mau mengungsi karena menunggu wangsit dari mbah petruk (baca Penampakan Mbah Petruk Sebelum Gunung Merapi Meletus), tetapi akhirnya tewas menjadi korban keganasan awan merapi. Itulah makna kehendak Allah swt atas diri mbah marijan yang di tutup usia pada 83 yang ketika itu masih menunggu wangsit mbah petruk, padahal bayangan ‘mbah petruk’ sudah menampakkan diri sebelumnya,Kronologi Detik-detik Wedhus Gembel Sergap Rumah Mbah Maridjan

“Selain Mbah Marijan, dua orang lain yang terjebak dan tidak bisa dievakuasi adalah Mbah Poniman dan istrinya, tokoh masyarakat Desa Kepuhardjo. Seperti juga Mbak Marijan, Mbah Poniman juga enggan dievakuasi sejak dini karena menunggu wangsit dari Petruk.”

Misteri Aneh dari ‘Wasiat’ Mbah Marijan , Meninggal  777 Hari Sebelum Gempa Sumater Selatan


Selain kode kembar 66, maka kode kembar lain juga muncul sebagai bagian dari kode kembar yang marak terjadi dari sebuah bencana agar mudah di-ingat dan tidak gampang lupa, yakni tepat 777 hari sebelum mbah marijan meninggal dunia akibat semburan panas merapi, tersebutlah Gempa Sumatera Selatan dan sekitarnya. Perhatikan gambar dibawah ini:

merapi_sby_gempa_sumsel

Gempa yang terjadi, entah kesekian kalinya tepat berada di tanggal kembar, khususnya tgl 9-9-2008 adalah sebuah tanggal yang mudah di ingat sebagai tanggal HUT presiden SBY, Akibat Gempa Sumsel: Dua Tewas, 60 Orang Luka-Luka

Ken Yunita – detikNews, Jakarta – Gempa yang mengguncang Lahat, Sumatera Selatan berdampak cukup memprihatinkan. Gempa berkekuatan 5,6 Skala Richter(SR) memakan korban harta dan jiwa.Tercatat dua orang dan 60 orang warga lainnya luka-luka akibat gempa yang terjadi Selasa (9/9/2008) pagi ini. Beberapa warga yang luka-luka dilarikan ke rumah sakit untuk dirawat secara intensif. Selain itu, gempa bumi yang terjadi pukul 10.07 WIB tadi juga merusak sarana infrastruktur. Tercatat satu Puskesmas (Pusat Kesehatan Masyarakat) dan 355 rumah di 11 desa rusak akibat bencana alam ini. Data dari Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) menyebutkan lokasi yang mengalami kerusakan parah adalah Kecamatan Dempo Utara Kabupaten Pagar Alam, Kecamatan Jarai Kabupaten Lahat, dan di wilayah perbatasan Sumsel-Bengkulu.Menurut data BMG, pusat gempa terjadi di darat, 51 Km Baratdaya Tebing Tinggi, di lokasi 4.04 LS 103.01 BT. Gempa susulan pun terjadi pada pukul 10.52 WIB dengan kekuatan 4,4 SR yang juga berpusat di darat, 50 km selatan Tebing Tinggi-Bengkulu.
gempa_sumsel(sumber gambar kompas online,  
SRIWIJAYA POST/SRI HERLIANA, 
Rumah milik Junaidi di Desa Muaratawi, 
Kecamatan Jarai, Kabupaten Lahat, 
Sumatera Selatan, rusak berat setelah 
diguncang gempa tektonik berkekuatan 5,6 SR,
 Selasa (9/9) sekitar pukul 10.09 WIB.)

Sebuah kode kembar lagi muncul yakni kode 777 dari sebelum merapi meletus tepat tgl 9-9-2008, kode 777 pada abad modern (setelah kejadian ini, juga muncul sebagai peristiwa besar), yaitu Ustad UJE yang meninggal dunia (baca Kejadian Aneh-Aneh Sebelum Ustad Jefri Al Buchori Wafat)

UJE_dan_Tsunami_Jepang

Misteri Aneh dari ‘Wasiat’ Mbah Marijan pada kode kembar 777 ini adalah sebuah peringatan dariNya bahwa suatu saat kiamat entah skala kecil, sedang dan besar pasti terjadi (baca Inilah Bukti Kiamat Sudah Dekat). Berkaca dari presiden SBY yang berultah ke 59 dimana saat itu disertai gempa yang merusak dan 777 hari  sesudahnya merapi meletus sejadi-jadinya, maka 59 itu menunjukkan kejadian bencana hebat sebanyak 5 di tahun 2009 (baca Kejadian Aneh Pada Bencana Besar, Pesawat Fokker & Herkules Jatuh, Gempa TasikMalaya dan Gempa Padang Tahun 2009)
  1. Tepat tgl 27 maret 2009 terjadi Tragedi Situ Gintung
  2. Tepat tgl 6 April 2009 terjadi Pesawat F-27 TNI AU Jatuh di Bandung
  3. Tepat tgl 20 Mei 2009 terjadi Pesawat Herkules Jatuh di Madiun
  4. Tepat tgl 2 September 2009 terjadi Gempa Hebat di TasikMalaya
  5. Tepat tgl 30 September 2009 terjadi Gempa Hebat Padang di Padang.

Misteri Aneh dari ‘Wasiat’ Mbah Marijan, dan ‘Wasiat’ Soeharto


Mbah Marijan yang asli yogyakarta, sama dengan pak Harto, mantan presiden yang asli yogyakarta, didalam meninggal juga memberikan ‘wasiat’ bagi negeri ini (baca (0) Misteri Aneh dari ‘Wasiat’ Soeharto). Perhatikan bahasan diatas yang berhenti pada 9-9-2008 sebagai tgl kembar, maka 226 hari sebelumnya itulah pak Harto meninggal dunia tgl 27 januari 2008.  Sebuah arti khusus 226 adalah ingatan yang mudah akan 22 bulan 6 sebagai HUT kota Jakarta, yang tahun 2008 terkena banjir besar di tanggal kembar 2-2-2008. Sebuah pesan penutup dari dua ‘wasiat’ mbah marijan diberikan kode 226.

sby_pindah_mobilSBY Pindah Mobil, Kalla Pinjam Anak,

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Wapres Jusuf Kalla memang kebal gangguan keamanan. Tapi, kali ini Paspampres harus melawan musuh yang tak bisa ditembak: banjir. Inilah kisah perjuangan pimpinan republik itu menembus banjir

Sabtu, 02 Feb 2008,
sby-kebanjiran
Istana Dikepung Banjir, Cengkareng Lumpuh
Jadwal Keberangkatan 177 Pesawat Terganggu,  JAKARTA – Hujan lebat dan angin kencang kemarin (1/2) nyaris membuat ibu kota lumpuh total. Sebagian besar lalu lintas di jalan utama dan jalan tol di kota raksasa berpenduduk sekitar 10 juta itu macet total. Lalu lintas di beberapa titik banjir tak bergerak dan merayap lambat.Jakarta juga terisolasi dari transportasi udara. Sebab, Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, ditutup lebih dari lima jam (pukul 10.00-15.30). Otoritas bandara menghentikan aktivitas karena jarak pandang di bawah 300 meter. Padahal, normalnya minimal 500 meter.

Misteri Aneh dari ‘Wasiat’ Mbah Marijan


Dari penjelasan diatas, telah disebutkan bahwa 66,777 dan 99 (tanggal kembar) merupakan ‘wasiat’ agar selalu ingat kepada Allah swt, lewat sebuah pesan universal:,

  1. Agar senantiasa manusia berserah diri kepadaNya, tidak merasa sombong, tinggi hati dipuja-puja yang akhirnya akan meninggal dunia seperti ditunjukkan oleh kode 66 yang tidak mau mengugsi karena menunggu mbah petruk.  Dengan demikian, baik bayangan mbah petruk dan meninggalnya mbah marijan, tiada lain sesungguhnya kehendak Allah swt atas peristiwa itu, hingga itulah, pesan yang cukup jelas bagi yang percaya kepada mbah petruk, “agar kamu tidak menyembah selain Allah.”
  2. Janji Allah tentang kiamat benar adanya, kiamat kecil, sedang dan besar akan terjadi sebagai kode 777  dan terbukti dengan adanya dua bencana dalam rentang 777 ini, tiada lain sebuah peringatanNya bahwa kiamat itu benar.,
  3. Perhatikan lagi kode kembar 99 diatas, yang memiliki dua makna, makna pertama,

    MAKNA 99 YANG KHUSUS SEBAGAI ASMAUL HUSNA


    Sebuah makna yang dalam dari angka 99 dari 9-9-2008 ,  merupakan sebuah pengingatan kepada kita semua akan sebuah musibah. Didalam Islam angka 99 bermakna sekali sebagai Asmaul Husna. Dalam agama Islam, Asmaa’ul husna adalah nama-nama Allah ta’ala yang indah dan baik. Asma berarti nama dan husna berati yang baik atau yang indah jadi Asma’ul Husna adalah nama nama milik Allah ta’ala yang baik lagi indah.,

    doa_hindari_bencana

    “Dialah Allah, tidak ada Tuhan/Ilah (yang berhak disembah) melainkan Dia, Dia mempunyai asmaa’ul husna (nama-nama yang baik).” – (Q.S. Thaa-Haa : 8)[1] Katakanlah: “Serulah Allah atau serulah Ar-Rahman. Dengan nama yang mana saja kamu seru, Dia mempunyai al asmaa’ul husna (nama-nama yang terbaik) dan janganlah kamu mengeraskan suaramu dalam salatmu dan janganlah pula merendahkannya dan carilah jalan tengah di antara kedua itu” – (Q.S Al-Israa’: 110)[1] “Allah memiliki Asmaa’ ulHusna, maka memohonlah kepada-Nya dengan menyebut nama-nama yang baik itu…” – (QS. Al-A’raaf : 180)[1]

    Artinya, bahwa dengan meninggalnya mbah marijan  dan tgl kembar 66,777 dan 99, maka 99 hari merupakan sebuah peringatan dariNya untuk kita semua agar mengingat-ingat Allah dan asmaa’ul husna .

    Kode kembar 99 diatas, yang memiliki dua makna, makna kedua adalah peringatan akan datangnya kegoncangan kiamat baik kecil, sedang maupun besar. Hal ini tertuang pada sebuah surat quran ke 99:

    1. Apabila bumi digoncangkan dengan goncangan ,
    2. dan bumi telah mengeluarkan beban-beban berat nya,
    3. dan manusia bertanya: “Mengapa bumi ?”,
    4. pada hari itu bumi menceritakan beritanya,
    5. karena sesungguhnya Tuhanmu telah memerintahkan  kepadanya.
    6. Pada hari itu manusia ke luar dari kuburnya dalam keadaan bermacam-macam, supaya diperlihatkan kepada mereka  pekerjaan mereka ,
    7. Barangsiapa yang mengerjakan kebaikan seberat dzarrahpun, niscaya dia akan melihat nya.
    8. Dan barangsiapa yang mengerjakan kejahatan sebesar dzarrahpun, niscaya dia akan melihat nya pula.

Menyelamatkan Manusia dari PeringatanNya


Tulisan ini merupakan sebuah seri dari  Misi Penyelamatan Manusia Dari Bencana di Bumi, dimana kejadian besar yang menjadi perhatian banyak publik  merupakan sarana untuk lebih mendekatkan diri pada Allah swt. Berpijak dari itu, peristiwa besar juga merupakan sebuah kunci untuk menguak rahasia alam semesta. 

Salah satu yang telah terbukti adalah pada kisah gempa yogya 27 mei 2006 lalu (bagi yang belum pernah membaca,silahkan dicek Inilah Kisah Nyata Pembawa Peringatan Sebelum Gempa Yogya 27-mei-2006) , rahasia itu dapat terkuak, tentunya dengan berdoa iklash kepada Allah swt semata, rahasia itu diberika kepada siapa yang dikehendakiNya.

Berkaca dari yang terdahulu, sebuah kejadian yang kadang tidak masuk akal saat itu, sesungguhnya disitulah terdapat jejak ekspresi ketuhanan. Misalnya Qobil dengan gagaknya (baca Gagak qobil & Tsunami Aceh 26-des-2004), N Sholeh dengan Unta, N.  Musa dengan tongkat dan sapi, N Muhammad dengan hajar aswad dll. Semuanya merupakan jejak Ekspresi Ketuhanan yang merupakan sebuah pelajaran universal tanpa harus lekang dan di telan masa. Masa kini dapat dilihat dalam Tanda Tanda Sebelum Bencana Besar Terjadi

Misteri Aneh dari ‘Wasiat’ Mbah Marijan, Berkenaan dengan Kode Kembar


Semua berawal dari waspada dengan tanggal yang mudah di-ingat, dalam hal ini adalah tanggal kembar, agar dengan tanggal kembar ini manusia dapat mengingatinya akan sebuah peristiwa besar. Hal ini telah dibuktikan tahun 2006 dan 2007 lalu (baca Kejadian Aneh Aneh Tahun 2007) yang memuat waspada dengan yang kembar sebagai KEJADIAN ANEH YANG PERLU DIPERHATIKAN untuk menarik perhatian manusia agar senantiasa mendekatkan diri kepadaNya, berikut bukti kewaspadaan tsb

Lafal Allah dalam Ledakan Pertamina di Lumpur Lapindo SidoarjoSetelah ledakan lapindo yang tertanggal 22 bulan 11 tahun 2006, maka sebuah inspirasi muncul akan bahaya kedepan terhadap sesuatu yang kembar, karena bayi berkepala dua yang meninggal pula tgl 22 agustus 2006 dan ledakan lapindo tertanggal 22 november 2006. Sebuah inspirasi muncul yang disebabkan keprihatinan masalah ini, berikut doa tersebut, perhatikan posting yang tidak dapat diubah (http://groups.yahoo.com/neo/groups/the_untold_stories/files)

doa_22Isi dari doa itulah sebuah pengharapan untuk orang orang yang terpinggirkan agar diberi kemudahan didalam mengambil hikmah pelajaran, daripada orang orang yang banyak akal.

Sebelumnya jauh hari dari doa 22 itu, peringatan akan bencana demi bencana terjadi didalam sebuah ingatakan akan kewaspdaan terhadap tanggal tanggal yang kembar, lihat email yang mencatat tanggal penyimpanan cek disini, :

waspada_terhadap_kembarTsunami terhebat yakni Gempa danTsunami Jepang Telah di Tuliskan Sebelumnya  tgl KEMBAR 11 3 2011 yang terkait dengan waspada kembar dari tgl terjadinya dengan tsunami aceh 26 12 2004 (baca Inilah Bukti Kiamat Sudah Dekat) Tsunami Aceh, minggu 26-desember-2004, setelah itu terjadi tsunami jepang tgl 11-3-2011, sebuah rentang 2266 hari dari waktu terjadi antara dua tsunami tersebut.

Apakah ada yang tahu simbol 22 dan 66 yang telah terjadi ?

Inilah simbol 22 yang banyak dibahas, dimana lafal Allah sebagai pencipta semua mahluk muncul dalam lafaz arab, tertanggal 22-11-2006 yang lalu dalam Api ledakan di lumpur lapindo. Sebuah 22 lain muncul pada gempa & tsunami jepang tgl 11 maret 2011 dengan ledakan kilang pertamina berhari-hari 2 april 2011, seperti gambar berikut ini

gempa_jepang_ledakan_pertamina

Jika simbol 22 sudah muncul dalam bentuk lafaz Allah swt, maka, apakah arti simbol 66 ?

Simbol 66 adalah sebuah makna penting dalam penghambaan diri kepada Allah swt tanpa melakukan sekutu dengan Dia.(baca Kejadian Aneh-Aneh Sebelum Mbah Marijan Meninggal)

Bacaan Lanjutan:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s