~Terungkap Misteri Ilahi : Pesawat Malaysia MH 370 Hilang & Gunung Kelud Meletus

Pesawat demi pesawat jatuh beruntun di tahun 2014, diawali oleh peristiwa terdahsyat yakni hilangnya MH 370, mengutip wikipedia

  • mh_370_99Malaysia Airlines Penerbangan 370 (MH370/MAS370)[a] adalah penerbangan penumpang internasional terjadwal yang menghilang pada tanggal 8 Maret 2014 dalam perjalanan dari Bandar Udara Internasional Kuala Lumpur ke Bandar Udara Internasional Ibu Kota Beijing. Pesawat Boeing 777-200ER ini terakhir kali melakukan kontak dengan pengawas lalu lintas udara kurang dari satu jam setelah lepas landas. Dioperasikan oleh Malaysia Airlines (MAS), pesawat ini mengangkut 12 awak kabin dan 227 penumpang dari 15 negara, kebanyakan di antaranya adalah warga negara Tiongkok.Pada hari yang sama, upaya pencarian dan penyelamatan gabungan yang kabarnya merupakan yang terbesar sepanjang sejarah dilancarkan di Teluk Thailand dan Laut Tiongkok Selatan. Wilayah pencariannya diperluas hingga Selat Malaka dan Laut Andaman.Tanggal 15 Maret, setelah muncul laporan media bahwa penyidik AS percaya bahwa pesawat ini berbelok ke barat melintasi Semenanjung Malaya setelah pengawas lalu lintas udara kehilangan kontak dan sebuah satelit masih menerima “ping” dari pesawat selama beberapa jam, pencarian diperluas hingga Samudra Hindia. Per 18 Maret, ada 26 negara yang terlibat dalam pencarian pesawat ini.Pada tanggal 20 Maret, serangkaian foto satelit yang memperlihatkan kemungkinan adanya serpihan pesawat di Samudra Hindia selatan di sebelah barat daya Australia, tepatnya di ujung paling tenggara pesawat_malaysia_hilang_8_maret_2014_mengapalokasi selatan, membuat aktivitas pencarian difokuskan di wilayah tersebut. Serpihan lain di sekitarnya terlihat oleh pesawat militer Australia dan Tiongkok pada 24 Maret Meski keberadaannya masih tidak diketahui, per 24 Maret, pejabat Malaysia Airlines dan pemerintah Malaysia percaya bahwa pesawat ini jatuh di Samudra Hindia Selatan tanpa korban selamat berdasarkan analisis oleh penyelidik penerbangan Britania Raya dan perusahaan satelit Inmarsat

Kronologi pesawat hilang sudah diberitakan (baca Melihat Lebih Jelas Momen Terakhir Saat MH370 Menghilang) yang tersusun sebagai berikut ini:

  • Jakarta – Otoritas Malaysia sudah memastikan kronologi kejadian hilangnya pesawat Malaysia Airlines MH370. Detik-detik saat pesawat itu mulai menghilang pun diketahui. Dikutip dari Reuters, Selasa (18/3/2014), momen hilangnya pesawat :
  1. Dimulai pukul 00.41 waktu Malaysia saat terbang dari Kuala Lumpur.
  2. Lalu pukul 01.07, pesawat sempat mengirim transmisi ACARS tentang data mesin ke maskapai. Namun di waktu ini ada yang menonaktifkannya. Di momen ini, rute penerbangan juga diubah.
  3. Pukul 01.19, kopilot Fariq Abdul Hamid mengatakan kalimat terakhir ‘All right, good night’ kepada pihak Air Traffic Control (ATC).
  4. Lalu pukul 01.21, transponder pesawat dimatikan tepat di perbatasan Malaysia dan Vietnam. ATC Vietnam belum sempat menerima sinyal dari pesawat. Ternyata pesawat dibelokkan ke arah barat menuju ke Selat Malaka.
  5. Perdana Menteri Malaysia Najib Razak mengatakan, sistem komunikasi memang diketahui telah dimatikan dan diubah oleh seseorang di dalam pesawat sebelum menghilang. Pernyataannya itu didasari atas penemuan bahwa komunikasi terakhir terdeteksi pada Sabtu 8 Maret pukul 08.11 waktu setempat, lebih dari 6 jam setelah pesawat dinyatakan hilang dari radar pada Sabtu pukul 01.30 waktu setempat.
  6. Pukul 02.15, radar militer Malaysia melacak keberadaan pesawat berada di sebelah selatan Pulau Phuket di Selat Malaka. Komunikasi terakhir pesawat terlacak pukul 08.11 di Samudera Hindia, antara dua koridor, yakni utara meliputi Thailand ke Kazakhstan, atau selatan dari Indonesia ke selatan Australia.

pesawat-jatuh-MAS_MH370_hilang_kontakPesawat dinyatakan menghilang dari Radar, pukul 01.30 dan transponder dimatikan 01.21, perhatikan untuk mengambil hikmah dari pesawat malaysia yang hilang, ikuti perkembangan hilangnya dari radar tsb dan transporder dimatikan, mengutip wikipedia SEORANG pilot pesawat yang enggan disebutkan namanya mengaku dirinya sempat berkomunikasi dengan awak pesawat Malaysia Airlines MH370 sebelum pesawat itu hilang kontak. Menurut pilot yang menerbangan pesawat tujuan Bandara Narita, Tokyo Jepang itu, dirinya sempat berbicara dengan pilot MH370 saat berada di atas wilayah Vietnam dengan frekuensi darurat. Kata dia kepada media Malaysia, saat melintas di atas wilayah Vietnam dan waktu menunjukkan pukul 01.30 waktu setempat, dirinya diminta oleh petugas air traffic control Vietnam untuk menghubungi MH370.

  • SEPANG, KOMPAS.COM – Kabar terbaru yang dapat memberi petunjuk penting bagi keberadaan pesawat Malaysia Airlines dengan nomor penerbangan MH370 yang hilang pada Sabtu (8/3/2014) baru saja diterima. New Straits Times Malaysia melaporkan, seorang pilot pesawat Boeing 777 yang terbang 30 menit lebih awal dari MH370 memberitahu bahwa dia berkomunikasi dengan awak pesawat MH370 sesaat sebelum pesawat itu menghilang. Pilot yang meminta identitasnya dirahasiakan itu mengatakan, dia diminta oleh petugas air traffic control Vietnam untuk mencoba menghubungi MH370, karena otoritas setempat tidak bisa menghubungi pesawat itu. “Otoritas mengalami kesulitan menghubungi mereka, pesawat saya sudah berada di atas wilayah udara Vietnam dan saya diminta membantu menghubungi”. Pilot yang sedang menuju ke Bandara Narita, Tokyo itu mengaku berhasil berkomunikasi dengan MH 370 sekitar pukul 01.30 Sabtu dini hari. Pilot itu menanyakan, apakah MH370 sudah memasuki wilayah udara Vietnam atau belum. “Saya yakin itu suara co-pilot antara Kapten Zaharie atau Kapten Fariq, namun suara relatif statis, ada banyak interference, dan mumbling (bergumam)”. Setelah itu, komunikasi hilang. Pilot itu meyakini bahwa suara itu bahkan dapat didengar oleh kapal-kapal di laut di bawah mereka. Dia mengira tidak ada masalah serius, mengingat kehilangan kontak adalah hal biasa. “Jika Kapten Zahari mengalami kesulitan, pastilah dia akan mengeluarkan panggilan MayDay. Namun saya tidak mendengar apapun sama seperti yang lain”.

 


Ada apa kah dengan ini semua ? Ikuti Pembahasan dan Klik berikut ini

Halaman 1

Berikutnya Halaman Ke 2: …

sebelumnya

Apa yang Terjadi Setelah itu Semua ?

berikutnya
Iklan