Antara Lumpur Lapindo dan Gunung Kelud

Tahun 2006, di Indonesia terkena empat  bencana dalam kategori skala besar, pertama adalah Gempa Bumi Yogyakarta tgl 27-mei-2006, dua hari setelah itu mulai lumpur lapindo menyembur, kemudian gempa bumi kedua disertai tsunami mengenai pantai pangandaran tgl 17-juli-2006. Terakhir tepat tgl 22-11-2006 pipa gas lumpur lapindo meledak mengeluarkan api yang menyala sangat hebat, Api Ledakan Pipa Pertamina di Lapindo Berlafal Allah & Kuda Laut

Rentetan empat peristiwa tersebut tentu ada makna yang sangat dalam, utamanya pada lumpur lapindo yang menyemburkan lumpur berjuta-juta kubic.

Setelah lumpur lapindo bergejolak, peristiwa alam lainnya adalah munculnya anak gunung kelud di Kediri, dimulai juga tahun 2007, berikut kawah normal gunung kelud:

Rabu, 12 Sept 2007, Suhu Kawah Kelud Naik

Lebihi Batas Normal, Pengunjung Diminta Waspada
KEDIRI- Awas! Aktivitas Gunung Kelud mulai meningkat. Suhu air kawahnya melebihi batas normal. Menurut Khoirul Huda, petugas Pos Pengamat Gunung Kelud, perubahan aktivitas itu terjadi sejak Senin malam, sekitar pukul 19.00. Tepat sehari setelah prosesi larung sesaji yang digelar di sana pada Minggu pagi. “Suhunya naik menjadi 33 derajat celcius. Normalnya 30 derajat,” ujarnya saat ditemui Radar Kediri di posnya, kemarin.

Peningkatan suhu air kawah itu, ungkap Khoirul, diiringi sejumlah peristiwa lain. Yaitu, keluarnya bau belerang yang semakin menyengat dan terjadinya gempa vulkanik hingga 16 kali. Perubahan ini dirasakan sejumlah pekerja yang sedang menggarap outlet. Yaitu, tempat pembuangan air kawah yang akan dijadikan kolam renang air hangat. Jaraknya sekitar satu kilometer dari kawah. Sekitar pukul 09.00, kemarin pagi, tiba-tiba mereka mengeluh sesak napas. “Mereka (pekerja) datang ke sini (kantor pengamat) untuk melapor,” jelas Khoirul. Para pekerja tersebut memang berasal dari desa setempat, Sugihwaras.

Khoirul menduga, sesak napas yang mereka alami merupakan reaksi dari gas yang dihirupnya. “Biasanya dari kawah yang muncul CO2 dan H2S. Tetapi, kita tidak bisa memastikan,” katanya. Untuk menjaga kemungkinan terburuk, dia lantas melapor ke Badan Kesbanglinmas Kabupaten Kediri. Saat itu juga, atas permintaan badan kesbanglinmas, loket masuk kawasan Kelud ditutup sementara sekitar dua jam. Selanjutnya, pengunjung yang masuk ke kawasan wisata dilarang mendekati kawah. “Kami khawatir sewaktu-waktu terjadi letupan gas membahayakan. Jadi, sementara ini, jangan ke kawah dulu,” saran Khoirul. Meski demikian, dia mengatakan bahwa status gunung berapi yang pernah meletus pada 10 Februari 1990 pukul 11.41 itu masih aktif normal. “Kita lihat dulu perkembangannya. Bisa kembali seperti biasanya atau tidak,” lanjut pria berkacamata ini. Dia menerangkan, meski ada kenaikan suhu, belum bisa dipastikan bahwa gunung akan meletus. Sebab, masih banyak faktor lain yang mempengaruhi. Di antaranya dengan melihat seismik, deformasi, serta unsur kimiawi air kawah. Kenaikan suhu itu sendiri merupakan gejala yang wajar pada gunung berapi aktif seperti Kelud. “Makanya, besok wisatawan tetap boleh masuk. Tetapi, jangan ke kawah. Pekerja juga bisa kembali kerja,” tutur Khoirul.

Lebih lanjut dikatakannya, untuk menentukan kenaikan status gunung berapi, harus melalui Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi yang berada di Bandung. Pengamat gunung berapi seperti dia hanya bertugas mengumpulkan dan mengirimkan data yang kemudian diolah di Kota Kembang tersebut. “Setelah itu, hasil dari Bandung, naik atau tidaknya status, disampaikan ke Pemkab Kediri untuk menentukan langkah selanjutnya,” jelas Khoirul. Untuk itu, dia meminta masyarakat tidak panik dan tetap beraktivitas seperti biasa. Sementara itu, sejumlah pejabat pemkab kemarin langsung meluncur ke lokasi. Mereka mendatangi kantor Khoirul untuk memantau keadaan. Di antaranya adalah Kepala Kantor Pariwisata Mujianto, Kabid Linmas Bakesbanglinmas Dedy Sadria, Plt Kepala Dinas Kimpraswil Moh. Mir’an, dan Kabag Humas Pemkab Sigit Rahardjo.

Saat ditemui di rest area, Sigit mengaku, kedatangan mereka karena dilatarbelakangi kepanikan warga Desa Sugihwaras. “Kebetulan kami ada di Ngancar, ada evaluasi acara kemarin (larung sesaji, Red),” katanya. Dia menegaskan, kondisi Gunung Kelud baik-baik saja. Hanya ada kenaikan suhu. Bahkan, wisatawan tetap boleh berkunjung. “Tetapi, memang jangan sampai ke kawah. Kalau ke gardu pandang tidak apa-apa,” tuturnya. (dea)

Setelah suhu kawah gunung kelud mulai meninggi, berangsur-angsur tumbuh anak kelud mulai muncul, perlahan tapi pasti, sedikit demi sedikit,

Pertumbuhan dilaporkan, Kamis, 14 Feb 2008,    Sehari 2,5 Meter, Anak Kelud Sudah 240 Meter, ” KEDIRI – Anak Gunung Kelud terus tumbuh. Menurut Budi Prianto, petugas Pos Pengamat Gunung Kelud di Desa Sugihwaras, Kecamatan Ngancar, Kabupaten Kediri, kemarin (13/2), tinggi kubah lava sudah mencapai 240 meter dengan diameter 400 meter.     Itu berarti pertumbuhannya mencapai 30 meter dalam dua minggu atau sekitar 2,5 meter setiap hari. Sebab, pada akhir Januari lalu, ketinggian anak gunung yang tumbuh dari dasar danau kawah itu masih 210 meter.

Kubah lava itu kali pertama terdeteksi pada 4 November 2007. Awalnya hanya berupa noktah hitam di tengah danau kawah disertai kepulan asap putih yang tebal. Lalu, dari hari ke hari, noktah hitam tersebut semakin besar dan akhirnya membentuk kubah lava. Menurut Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), aktivitas dalam dapur magma yang berada di bawah kawah tak mampu menjebol sumbat lava. Karena itu, Kelud tak jadi meletus dan muncullah anak gunung tersebut. Di keremangan pukul 04.30,lelehan lava dari anak Gunung Kelud tampak membara.

Sampai kemudian tumbuh besar membara dengan perlahan tapi pasti, seperti terlihat pada gambar dibawah ini

Sampai tahun ini, mulai surut aktivitas dan mulai menurun tingkat pertumbuhan anak gunung kelud, seperti yang terlihat pada foto dibawah ini

Terakhir anak gunung kelud sudah muncul sempurna, seonggok material batu telah terbentuk seperti anak gunung baru

Sejarah Tanah Jawa


Sebuah proses alam antara gempa yogya, muncul lumpur lapindo kemudian sampai muncul anak gunung kelud, itulah sebuah gejala alam bagai layar film yang dipertontonkan kepada kita semua. Pada hakikatnya dua daerah yaitu lumpur lapindo dan gunung kelud pada jaman dahulu adalah sebuah daerah yang terkait.

Tersebutlah sebuah sejarah tanah jawa dimulai dengan abad 7 sampai 8 Masehi sebuah monumen besar berdiri yaitu candi borobudur dan candi prambanan. Dinasti penguasa tanah jawa yaitu dinasti sanjaya (hindu) dan  syailendra (budha) membuat sebuah monumen yang menjadi icon paling monumental sepanjang sejarah tanah jawa, candi prambanan dengan corak hindu di bangun dinasti sanjaya, kemudian menyusul bangunan borobudur dibangun oleh dinasti syailendra. Ornamen hindu terlihat pada bangunan seperti foto dibawah ini


Setelah itu, muncul bangunan  yang lebih megah lain yang berbeda coraknya, dengan penggambaran budha, seperti pada foto dibawah ini:

Dua bangunan sejarah paling besar dan megah dibangun pada jaman mataram kuno di tanah jawa. Bangunan ini adalah warisan sejarah dari kerajaan medang (mataram kuno) yang berkuasa di tanah jawa tahun 752–1045 Masehi. Bandingkan dengan kelahiran nabi muhammad SAW pada tahun 570 Masehi  sampai beliau wafat tahun 632 Masehi. Ketika Islam muncul, maka hampir 120 tahun kemudian di tanah jawa lahir dinasti sanjaya yang mampu membuat candi-candi yang berarti unsur teknologi jaman itu sudah maju, sayangnya tanah jawa selalu di landa peperangan lokal antar raja.

Tersebutlah kerajaan medang (mataram kuno) selaku penguasa tanah jawa berpusat jawa tengah, sampai kemudian harus memindahkan ibu kota kerajaan ke jawa timur (menurut pendapat para ahli karena letusan merapi dan gempa bumi) sehingga jaman mpu sindok kerajaan berpindah ke Jawa Timur, lebih tepatnya Tamwlang maupun Watugaluh daerah jombang. Raja terakhir dari kerajaan medang ini adalah Dharmawangsa yang bergelar Sri Maharaja Isana Dharmawangsa Teguh Anantawikramottunggadewa yang memerintah pada tahun 991–1007 atau 1016 dengan pusat kerajaan di wwatan (daerah madiun/ngawi).

Menurut sejarah, terjadi pertikaian antara kerajaan Sriwijaya (pelambang, kalimantan) dan Kerajaan Medang di Jawa, hingga akhirnya sebuah kehancuran dari kerajaan medang. Prasasti Pucangan mengisahkan kehancuran Kerajaan Medang yang dikenal dengan sebutan Mahapralaya atau “kematian besar”. Dikisahkan Dharmawangsa menikahkan putrinya dengan seorang pangeran Bali yang baru berusia 16 tahun, bernama Airlangga. Di tengah keramaian pesta, tiba-tiba istana diserang Raja  Wurawari dari Lwaram dengan bantuan tentara  Sriwijaya. Istana Dharmawangsa yang terletak di kota Wwatan hangus terbakar. Dharmawangsa sendiri tewas dalam serangan tersebut, sedangkan Airlangga lolos dari maut. Tiga tahun kemudian Airlangga membangun istana baru di Wwatan Mas dan menjadi raja sebagai penerus takhta mertuanya.

Titik balik sejarah tanah jawa adalah pada masa Airlangga, ketika  lolos dari serangan raja Wurawuri, kemudian lari ke wonogiri sampai akhirnya membangun kembali dinasti kerajaan medang yang disebut dengan dinasti Isyana. Airlangga membangun kembali kerajaan di daerah Watan Mas, di gunung penanggungan (trawas mojokerto). Kerajaan itu disebut sebagai Kerajaan Kahuripan, yang memerintah 1009-1042 dengan gelar abhiseka Sri Maharaja Rakai Halu Sri Dharmawangsa Airlangga Anantawikramottunggadewa

Mengapa Airlangga membangun kerajaan awalnya di penanggunangan ? tentunya hal ini secara logika adalah tempat yang dirasa cukup aman dari kejaran raja-raja lain. Secara spiritual, wilayah ini adalah sesuai dengan arahan dari guru spritual airlangga yaitu Mpu Bharada & Mpu Narotama. Kejadian ini mirip dengan eksodusnya bani israil ke tanah yang dijanjikan setelah terjadi pembuangan (diaspora).

Sidoarjo Tanah Perantara


Ketika Airlangga naik takhta tahun 1009 itu, wilayah kerajaannya hanya meliputi daerah Sidoarjo dan Pasuruan saja, karena sepeninggal Dharmawangsa Teguh, banyak daerah bawahan yang melepaskan diri. Pada tahun 1023, Kerajaan Sriwijaya yang merupakan musuh besar Wangsa Isyana dikalahkan Rajendra Coladewa raja Colamandala dari India. Hal ini membuat Airlangga lebih leluasa mempersiapkan diri untuk menaklukkan pulau Jawa. Berikut foto Candi Jolotundo terletak di lereng Gunung Penanggungan, Desa Seloliman, Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto

Sejak tahun 1025, Airlangga memperluas kekuasaan dan pengaruhnya seiring dengan melemahnya Sriwijaya. Mula-mula yang dilakukan Airlangga adalah menyusun kekuatan untuk menegakkan kembali kekuasaan Wangsa Isyana atas pulau Jawa. Namun awalnya tidak berjalan dengan baik, karena menurut prasasti Terep (1032), Watan Mas kemudian direbut musuh, sehingga Airlangga melarikan diri ke desa Patakan. Berdasarkan prasasti Kamalagyan (1037), ibu kota kerajaan sudah pindah ke Kahuripan (daerah Sidoarjo sekarang). Inilah sebuah simbol dan makna dari luapan lumpur lapindo yang terjadi sebagai bagian untuk menarik perhatian masyarakat akan sejarahnya jaman dulu. Sidoarjo tempat lumpur lapindo berada merupakan sebuah kerajaan kuno, leluhur dari kerajaan kerajaan tanah jawa.

Kerajaan yang baru dengan pusatnya di Kahuripan, Sidoarjo ini, wilayahnya membentang dari Pasuruan di timur hingga Madiun di barat. Pantai utara Jawa, terutama Surabaya dan Tuban, menjadi pusat perdagangan yang penting untuk pertama kalinya. Airlangga juga memperluas wilayah kerajaan hingga ke Jawa Tengah, bahkan pengaruh kekuasaannya diakui sampai ke Bali.

Peninggalan kerajaan itu adalah CANDI PRADA serta PRASASTI WATUMANAK yang dibangun pada masa Airlangga. Dulu, warga Siring dan Renokenongo menyebut situs itu sebagai PUNDEN PRADA. Candi Belahan di Desa Wonosunyo, Gempol merupakan peninggalan  Airlangga, raja Kahuripan, setelah meninggal diujudkan sebagai dewa Wisnu pada candi Belahan dan Jolotundo

Kediri Tanah Tujuan


Sedikit demi sedikit Airlangga mulai memperluas daerah, akhinya untuk dapat mengontrol daerah yang luas yang telah direbut kembali, maka kota kerajaan berpindah ke Daha, Kediri Menurut prasasti Pamwatan (1042), pusat kerajaan kemudian pindah ke Daha (daerah Kediri sekarang). Inilah sebuah makna dan simbol dari setelah kejadian lumpur lapindo sidoarjo, maka giliran berikutnya muncul anak kelud di kediri.

Perpindahan kota kerajaan dari sidoarjo ke kediri menurut beberapa pendapat di akibatkan adanya peristiwa alam, Prasasti Kamalagyan 1037 M, Airlangga membuat bendungan untuk mengatur daerah aliran sungai Brantas. yang semula mengalir ke utara tiba-tiba mengalir ke timur memutuskan hubungan negeri Kahuripan  dengan laut,  Airlangga membangun bendungan besar di Waringin Pitu dan memaksa aliran sungai Brantas kembali mengalir ke utara.

Apakah perpindahan dari sidoarjo ke kediri hanya sekedar memilih tempat yang lebih aman dari bencana ? hal ini terbantahkan sebab setelah Airlanggaa pindah, kerajaan di sidoarjo tetap masih ada yang kemudian di berikan kepada anak. Hal yang paling logis mengenai perpindahan ini adalah secara geopolitik pusat kekuasaan berada agak di tengah pulau jawa merupakan titik sentral untuk mengatur segala administrasi (mengontrol) wilayah kerajaan yang luas.

Pada akhir pemerintahannya, Airlangga berhadapan dengan masalah persaingan perebutan takhta antara kedua putranya. Calon raja yang sebenarnya, yaitu Sanggramawijaya Tunggadewi, yang dikenal sebagai Dewi  Kilisuci memilih menjadi pertapa dari pada naik takhta. (legenda gunung kelud). Foto tempat pertapaan Dewo KiliSuci

Pada akhir November 1042, Airlangga membagi kerajaannya menjadi dua, yaitu bagian barat bernama Kadiri beribu kota di Daha, diserahkan kepada Sri Samarawijaya, serta bagian timur bernama Janggala beribu kota di Kahuripan, diserahkan kepada Mapanji Garasakan. Setelah turun takhta, Airlangga menjalani hidup sebagai pertapa sampai meninggal sekitar tahun 1049.

Sejarah mencatat, kerajaan yang masih eksis saat itu adalah kerajaan kadiri dengan bukti yang ditemukan cukup banyak, sedangkan kerajaan di Sidoarjo sepertinya hilang di telan bumi karena peninggalan bangunan maupun benda lain tidak cukup banyak ditemukan. Pada prasasti Hantang, atau biasa juga disebut prasasti Ngantang, terdapat semboyan Panjalu Jayati, yang artinya Kadiri menang. Prasasti ini dikeluarkan sebagai piagam pengesahan anugerah untuk penduduk desa Ngantang yang setia pada Kadiri selama perang melawan Janggala. Dari prasasti tersebut dapat diketahui kalau Jayabhaya adalah raja yang berhasil mengalahkan Janggala dan mempersatukannya kembali dengan Kadiri.

Malang Tanah Merdeka


Setelah masa emas terjadi pada masa JayaBaya, maka Kadiri mengalami keruntuhan, Raja terakhir kadiri adalah Kertajaya. Kerajaan Panjalu-Kadiri runtuh pada masa pemerintahan Kertajaya, dan dikisahkan dalam Pararaton dan Nagarakretagama. Pada tahun 1222 Kertajaya sedang berselisih melawan kaum brahmana yang kemudian meminta perlindungan Ken Arok akuwu Tumapel. Kebetulan Ken Arok juga bercita-cita memerdekakan Tumapel yang merupakan daerah bawahan Kadiri. Perang antara Kadiri dan Tumapel terjadi dekat desa Ganter. Pasukan Ken Arok berhasil menghancurkan pasukan Kertajaya. Dengan demikian berakhirlah masa Kerajaan Kadiri, yang sejak saat itu kemudian menjadi bawahan Tumapel atau Singhasari.

Setelah Ken Arok mengangkat Kertajaya, Kadiri menjadi suatu wilayah dibawah kekuasaan Singhasari. Ken Arok mengangkat Jayasabha, putra Kertajaya sebagai bupati Kadiri. Tahun 1258 Jayasabha digantikan putranya yang bernama Sastrajaya. Pada tahun 1271 Sastrajaya digantikan putranya, yaitu Jayakatwang. Jayakatwang memberontak terhadap Singhasari yang dipimpin oleh Kertanegara, karena dendam masa lalu dimana leluhurnya Kertajaya dikalahkan oleh Ken Arok. Setelah berhasil membunuh Kertanegara, Jayakatwang membangun kembali Kerajaan Kadiri, namun hanya bertahan satu tahun dikarenakan serangan gabungan yang dilancarkan oleh pasukan Mongol dan pasukan menantu Kertanegara, Raden Wijaya.

Satu kerajaan bernaman Kahuripan dipecah menjadi dua Kerajaan  yaitu Jenggala dan Kediri, Akhirnya  bersatu lagi dengan jalan peperangan yang dimenangkan Kadiri, kemudian Kadiri hancur, dikalahkan oleh singasari.  Pada masa itu Kertanegara sebagai raja terakhir singasari sangat ambisius untuk menjadi penguasa sehingga mengirimkan pasukan ke Luar Pulau, dan juga Kertanegara yang menolak tunduk pada utusan mongolia (ku blaikhan), ketika pasukan sedang kosong di kota kerajaan kertanegara, saat itulah pasukan jayakatwang berhasil mengalahkan singasari.

Menurut prasasti Kudadu, pada tahun 1292 terjadi pemberontakan Jayakatwang bupati Gelang-Gelang terhadap kekuasaan Kerajaan Singhasari. Raden Wijaya ditunjuk Kertanegara untuk menumpas pasukan Gelang-Gelang yang menyerang dari arah utara Singhasari. Wijaya berhasil memukul mundur musuhnya. Namun pasukan pemberontak yang lebih besar datang dari arah selatan dan berhasil menewaskan Kertanagara. Foto  candi singasari

Menyadari hal itu, Raden Wijaya melarikan diri hendak berlindung ke Terung di sebelah utara Singhasari. Namun karena terus dikejar-kejar musuh ia memilih pergi ke arah timur. Dengan bantuan kepala desa Kudadu, ia berhasil menyeberangi Selat Madura untuk bertemu Arya Wiraraja penguasa Songeneb (nama lama Sumenep).

Bersama Arya Wiraraja, Raden Wijaya merencanakan siasat untuk merebut kembali takhta dari tangan Jayakatwang. Wijaya berjanji, jika ia berhasil mengalahkan Jayakatwang, maka daerah kekuasaannya akan dibagi dua untuk dirinya dan Wiraraja. Siasat pertama pun dijalankan. Mula-mula, Wiraraja menyampaikan berita kepada Jayakatwang bahwa Wijaya menyatakan menyerah kalah. Jayakatwang yang telah membangun kembali negeri leluhurnya, yaitu Kerajaan Kadiri menerimanya dengan senang hati. Ia pun mengirim utusan untuk menjemput Wijaya di pelabuhan Jungbiru.

Siasat berikutnya, Wijaya meminta Hutan Tarik di sebelah timur Kadiri untuk dibangun sebagai kawasan wisata perburuan. Wijaya mengaku ingin bermukim di sana. Jayakatwang yang gemar berburu segera mengabulkannya tanpa curiga. Wiraraja pun mengirim orang-orang Songeneb untuk membantu Wijaya membuka hutan tersebut. Menurut Kidung Panji Wijayakrama, salah seorang Madura menemukan buah maja yang rasanya pahit. Oleh karena itu, desa pemukiman yang didirikan Wijaya tersebut pun diberi nama Majapahit.

Mojokerto Tanah Pusat


Catatan Dinasti Yuan mengisahkan pada tahun 1293 pasukan Mongol sebanyak 20.000 orang dipimpin Ike Mese mendarat di Jawa untuk menghukum Kertanagara, karena pada tahun 1289 Kertanagara telah melukai utusan yang dikirim Kubilai Khan raja Mongol. Raden Wijaya memanfaatkan kedatangan pasukan Mongol ini untuk menghancurkan Jayakatwang. Ia pun mengundang Ike Mese untuk memberi tahu bahwa dirinya adalah ahli waris Kertanagara yang sudah tewas. Wijaya meminta bantuan untuk merebut kembali kekuasaan Pulau Jawa dari tangan Jayakatwang, dan setelah itu baru ia bersedia menyatakan tunduk kepada bangsa Mongol. Jayakatwang yang mendengar persekutuan Wijaya dan Ike Mese segera mengirim pasukan Kadiri untuk menghancurkan mereka. Namun pasukan itu justru berhasil dikalahkan oleh pihak Mongol. Selanjutnya, gabungan pasukan Mongol dan Majapahit serta Madura bergerak menyerang Daha, ibu kota Kerajaan Kadiri. Jayakatwang akhirnya menyerah dan ditawan dalam kapal Mongol.

Setelah Jayakatwang dikalahkan, Wijaya meminta izin untuk kembali ke Majapahit mempersiapkan penyerahan dirinya. Ike Mese mengizinkannya tanpa curiga. Sesampainya di Majapahit, Wijaya membunuh para prajurit Mongol yang mengawalnya. Ia kemudian memimpin serangan balik ke arah Daha di mana pasukan Mongol sedang berpesta kemenangan. Serangan mendadak itu membuat Ike Mese kehilangan banyak prajurit dan terpaksa menarik mundur pasukannya meninggalkan Jawa. Wijaya kemudian menobatkan dirinya menjadi raja Majapahit. Menurut Kidung Harsa Wijaya, penobatan tersebut terjadi pada tanggal 15 bulan Karttika tahun 1215 Saka, atau bertepatan dengan 12 November 1293.

Dalam memerintah Majapahit, Wijaya mengangkat para pengikutnya yang dulu setia dalam perjuangan. Nambi diangkat sebagai patih Majapahit, Lembu Sora sebagai patih Daha, Arya Wiraraja dan Ranggalawe sebagai pasangguhan. Pada tahun 1294 Wijaya juga memberikan anugerah kepada pemimpin desa Kudadu yang dulu melindunginya saat pelarian menuju Pulau Madura. Foto dibawah peninggalan jaman majapahit, sebagai candi tikus.

Pada tahun 1295 seorang tokoh licik bernama Mahapati menghasut Ranggalawe untuk memberontak. Pemberontakan ini dipicu oleh pengangkatan Nambi sebagai patih, dan menjadi perang saudara pertama yang melanda Majapahit. Setelah Ranggalawe tewas, Wiraraja mengundurkan diri dari jabatannya sebagai pasangguhan. Ia menagih janji Wijaya tentang pembagian wilayah kerajaan. Wijaya mengabulkannya. Maka, sejak saat itu, wilayah kerajaan pun hanya tinggal setengah, di mana yang sebelah timur dipimpin oleh Wiraraja dengan ibu kota di Lamajang (nama lama Lumajang).

Pada tahun 1300 terjadi peristiwa pembunuhan Lembu Sora, paman Ranggalawe. Dalam pemberontakan Ranggalawe, Sora memihak Majapahit. Namun, ketika Ranggalawe dibunuh dengan kejam oleh Kebo Anabrang, Sora merasa tidak tahan dan berbalik membunuh Anabrang. Peristiwa ini diungkit-ungkit oleh Mahapati sehingga terjadi suasana perpecahan. Pada puncaknya, Sora dan kedua kawannya, yaitu Gajah Biru dan Jurudemung tewas dibantai kelompok Nambi di halaman istana.

Setelah majapahit berkuasa, terjadi sebuah peristiwa perang bubat, Perang Bubat adalah perang yang terjadi pada tahun 1279 Saka atau 1357 M pada abad ke-14, yaitu di masa pemerintahan raja Majapahit Hayam Wuruk. Perang terjadi akibat perselisihan antara Mahapatih Gajah Mada dari Majapahit dengan Prabu Maharaja Linggabuana dari Kerajaan Sunda di Pesanggrahan Bubat, yang mengakibatkan tewasnya seluruh rombongan Sunda

Raja Sunda datang ke Bubat beserta permaisuri dan putri Dyah Pitaloka dengan diiringi sedikit prajurit. Menurut Kidung Sundayana, timbul niat Mahapatih Gajah Mada untuk menguasai Kerajaan Sunda. Gajah Mada ingin memenuhi Sumpah Palapa yang dibuatnya pada masa sebelum Hayam Wuruk naik tahta, sebab dari berbagai kerajaan di Nusantara yang sudah ditaklukkan Majapahit, hanya kerajaan Sunda lah yang belum dikuasai.

Dengan maksud tersebut, Gajah Mada membuat alasan oleh untuk menganggap bahwa kedatangan rombongan Sunda di Pesanggrahan Bubat adalah bentuk penyerahan diri Kerajaan Sunda kepada Majapahit. Gajah Mada mendesak[rujukan?] Hayam Wuruk untuk menerima Dyah Pitaloka bukan sebagai pengantin, tetapi sebagai tanda takluk Negeri Sunda dan pengakuan superioritas Majapahit atas Sunda di Nusantara. Hayam Wuruk sendiri disebutkan bimbang[rujukan?] atas permasalahan tersebut, mengingat Gajah Mada adalah Mahapatih yang diandalkan Majapahit pada saat itu.

Demak Tanah Kedua


Giliran kekuasaan beralih lagi dari setrelah kediri dihancurkan oleh singasari, kemudian lahir generasi majapahit, maka akhir dari majapahit ketika itu dipimpin oleh Brawijaya V. Singkat kata, raja Brawijaya V ini ‘dihadiahi’ oleh penguasa C, yakni putri Cina bernama Tan Eng Kian, tidak lama setelah itu, mengahap pula Raja Campa, Raja Champa sendiri yang datang. Diiringi oleh para pembesar Kerajaan dan ikut juga dalam rombongan, Dewi Anarawati. Raja Champa banyak membawa upeti sebagai tanda takluk. Dan salah satu upeti yang sangat berharga adalah Dewi Anarawati sendiri. Singkat cerita, Raja Brawijaya menikah dengan 2 putri dari negeri lain, sampai akhirnya istri muda (putri campa) cemburu kepada si istri tua, hingga meminta kepada raja untuk di ceraikan. Singkat cerita, Tan Eng Kian diceraikan. Lantas putri China  diserahkan kepada Adipati Palembang Arya Damar untuk diperistri. Adipati Arya Damar adalah peranakan China. Dia adalah putra selir Prabhu Wikramawardhana, Raja Majapahit yang sudah wafat yang memerintah pada tahun 1389-1429 Masehi, dengan seorang putri China pula.

Nama China Adipati Arya Damar adalah Swan Liong. Menerima pemberian seorang janda dari Raja adalah suatu kehormatan besar. Perlu dicatat, Swan Liong adalah China muslim. Dia masuk Islam setelah berinteraksi dengan etnis China di Palembang, keturunan pengikut Laksamana Cheng Ho yang sudah tinggal lebih dahulu di Palembang. Oleh karena itulah, Palembang waktu itu adalah sebuah Kadipaten dibawah kekuasaan Majapahit yang bercorak Islam.Arya Damar menunggu kelahiran putra yang dikandung Tan Eng Kian sebelum ia menikahinya. Begitu putri China ini selesai melahirkan, dinikahilah dia oleh Arya Damar.

Anak yang lahir dari rahim Tan Eng Kian, hasil dari pernikahannya dengan  Brawijaya, adalah seorang anak lelaki. Diberi nama Tan Eng Hwat. Karena ayah tirinya muslim, dia juga diberi nama Hassan. Kelak di Jawa, dia terkenal dengan nama Raden Patah. Raden Patah membentuk kerajaan Demak yang akhirnya melawan majapahit, hingga kerajaan demak menang. Kerajaan Islam Demak didirikan oleh Raden Patah pada tahun 1475-1518 M. Di Bintoro Demak. Pada saat itu kerajaan Majapahit sedang mengalami kemunduran, sehingga mudah bagi Raden Patah untuk mendirikan kerajaan sendiri lepas dari kerajaan Majapahit.

Periode Raja Demak

  1. Raden Patah ( 1500 – 1518 )

Nama kecilnya terkenal dengan sebutan Pangeran Jimbun, dan setelah menjadi raja bergelar Sultan Alam Akbar al Fatah. Pada masa pemerintahan Raden Patah, kerajaan Demak menjadi kerajaan besar dan menjadi pusat penyebaran agama Islam yang penting. Untuk itu, dibangunlah Masjid Agung Demak.
Jatuhnya Malaka ke tangan Portugis, di satu sisi membuat kedudukan Demak semakin penting arti dan peranannya sebagai pusat penyebaran agama Islam. Namun, di sisi lain hal itu juga merupakan ancaman bagi kekuasaan Demak. Oleh karena itu, pada tahun 1513, Demak mengirim armadanya untuk menyerang Portugis di Malaka dibawah pimpinan Pati Unus, putra Raden Patah. Serangan yang dibantu oleh Aceh dan Palembang itu gagal karena kualitas persenjataan yang kurang memadai.

2. Pemerintahan Pati Unus ( 1518 – 1521 )
Pada tahun 1518 Raden Patah wafat kemudian digantikan putranya yaitu Pati Unus. Pati Unus terkenal sebagai panglima perang yang gagah berani dan pernah memimpin perlawanan terhadap Portugis di Malaka. Karena keberaniannya itulah ia mendapatkan julukan Pangeran Sabrang lor. Ia juga mengirim Katir untuk mengadakan blokade terhadap Portugis di Malaka, sehingga mengakibatkan Portugis kekurangan bahan makan.

3. Pemerintahan Sultan Trenggono ( 1521 – 1546 )
Pati Unus tidak memiliki putra. Ketika wafat , tahta kerajaan diganti oleh adiknya yang bernama Raden Trenggono. Di bawah pemerintahan Sultan Trenggono, Demak mencapai masa kejayaan. Ia dikenal sebagai raja yang bijaksana dan gagah berani. Wilayah kekuasaannya sangat luas yaitu meliputi Jawa Timur dan Jawa Barat.
Musuh utama Demak adalah Portugis yang mulai memperluas pengaruhnya ke Jawa Barat dan merencanakan mendirikan benteng Sunda Kelapa. Pada tahun 1522 Sultan Trenggono mengirim tentaranya ke Sunda kelapa dibawah pimpinan Fatahillah. Pengiriman pasukan Demak ke Jawa Barat bertujuan untuk mengusir bangsa Portugis. Tahun 1527 Fatahillah beserta para pengikutnya berhasil mengusir Portugis dari Sunda Kelapa. Sejak itulah, Sunda Kelapa diganti namanya menjadi Jayakarta yang artinya kemenangan yang sempurna ( kini dikenal dengan Jakarta )
Sultan Trenggono bercita-cita menyatukan pulau Jawa di bawah kekuasaan Demak. Untuk mewujudkan cita-cita tersebut Sultan Trenggono mengambil langkah sebagai berikut :

  • menyerang Jawa Barat ( Banten, Sunda Kelapa, dan Cirebon ) dipimpin Fatahillah
  • menyerang daerah Pasuruan di Jawa Timur ( kerajaan Hindu Supit Urang ) dipimpin Sultan Trenggono sendiri, serangan ke Pasuruan tidak membawa hasil karena Sultan Trenggono meninggal
  • mengadakan perkawinan politik. Misalnya : Fatahillah dijodohkan dengan adiknya, Pangeran Hadiri dijodohkan dengan puterinya ( adipati Jepara ), Joko Tingkir dijodohkan dengan puterinya ( adipati Pajang ), Pangeran Pasarehan dijodohkan dengan puterinya ( menjadi Raja Cirebon ).

Antara Antara Lumpur Lapindo dan Gunung Kelud


Setelah tanah jawa bergolak di masa 700-1900 M, akhirnya sampai saat ini islam menjadi agama mayoritas di tanah jawa, namun dimulai tahun 2006, maka bumi tanah jawa satu demi satu bencana datang. Sudah dua daerah yang terkena yaitu Desa Jatirejo dan siring timur , kecamatan porong terkena lumpur lapindo dan desa kinahrejo Kecamatan Cangkiringan, Sleman terkena semburan awan panas gunung merapi.

Lumpur Lapindo mengingatkan kita pada kerajaan jenggala / Kahuripan di Sidoarjo, anak kelud menunjukkan pada kerajaan di kediri dan merapi menunjukkan pada mataram baik kuno maupun yang islam. Kesemua ini, kerajaan kerajaan yang dulu ada,  telah hilang musnah, disebabkan peperangan, baik secara idiologis, daerah maupun keyakinan.

Sebuah peristiwa alam yang menandakan isi perut bumi yang bergejolak, hingga sebuah totonan yang nyata dari anak gunung kelud, perlahan tetapi pasti muncul air danau yang ada di kawah gunung kelud menjadi hilang karena munculnya anak gunung kelud. Itulah anak gunung kelud sebagai iktibar akan  air berupa kehidupan akan hilang di masa yang akan datang, dikarenakan ulah manusia sebagaimana musnahnya kerajaan jaman dahulu disebabkan perebutan materi antar manusia. Episode kehancuran tanah jawa akan berulang lagi, sampai pada suatu masa muncul kembali ajaran suci sebagai kembalinya tanah demak sebagai tanah kedua, setelah yang pertama hancur.

Lir ilir, lir ilir tandure wis sumilir   (Lir ilir, lir ilir tanamannya sudah mulai bersemi)
Tak ijo royo – royo (Hijau Royo royo)
Tak sengguh temanten anyar (demikian menghijau bagaikan pengantin baru)
Cah angon – cah angon penekno blimbing kuwi (Anak-anak penggembala, panjatkan pohon blimbing itu )
Lunyu – lunyu peneen kanggo mbasuh dododiro (Biar licin tetap panjatkan untuk mencuci pakaian-mu)
Dododiro – dododiro kumitir bedah ing pinggir (Pakainmu itu tertiup2 angin dan sobek di pinggir pinggirnya)
Dondomono jlumatono kanggo sebo mengko sore (Jahitlah, benahilah untuk menghadap nanti sore )
Mumpung pandang rembulane (Selagi terang (sinar) bulan-nya)
Mumpung jembar kalangane (Mumpung luas kesempatannya)
Sun surako surak hiyo (Mari bersorak-sorak ayo…)

Perhatikan Lumpur Lapindo yang meledak tgl 22-11-2006, membentuk simbol aneh 99 seperti dibawah ini

ledakan_lumpur_lapindo_22_11_2006_membentuk_99kemudian G. Kelud Meletus tgl 13-feb-2014, sebuah rentang yang unik tentang 99 seperti dibawah ini

misteri_gunung_kelud_meletus_dan_66Rentang waktu antara Lumpur Lapindo meledak 22-11-2006 dengan G. Kelud Meletus adalah 2640 yang tiada lain perkalian dari 99*26+66, seperti dibawah ini

ledakan_lumpur_lapindo_22_11_2006_dan_G_Kelud_Meletus_13_2_2014Sebuah rentang waktu kembar yang terjadi diantara keduanya, perhatikan rentang waktu kembar yangmudah di-ingat lainnya dengan peristiwa besar di dunia, sebelum Kelud Meletus

gunung_kelud_meletus_13_2_2014_dan_meteor_jatuh_rusia_15_2_2014Perhatikan ketika sudah meletus dalam rentang waktu yang kembar dan mudah di-ingat berikut ini

meteor_jatuh_gempa_piliphina_kelud_meletus_MH370_MH17_rentetan_pesawat_jatuhDan sebuah perulangan demi perulangan akan G. yang meletus detil sampai waktu terjadinya yakni

gunung_merapi_dan_gunung_kelud_meletus_22_kebetulankah_Tulisan ini dibuat tahun 2011, sebagai sebuah hal yang terjadi secara dahsyat tahun kembar 2011 ini,

[Update Kejadian Besar Tahun 2015 yang berjejak Sama]

[Update Tiga Kejadian Tahun 2014 yang berjejak Sama]


  1. Gunung Kelud Meletus dahsyat 13-feb-2014 yang membawa ‘pesan’ khusus berjejak sama
  2. Longsor Banjar Negara 12-12-2014, di tanggal kembar membawa pesan khusus berjejak sama
  3. Air Asia Jatuh 28-12-2014, memuat yang kembar membawa pesan khusus berjejak sama ini
  4. MH 370 menjadi misteri paling aneh di dunia membawa pesan khusus berjejak sama
  5. Di dunia semakin ditandai dengan Pesawat demi pesawat Jatuh membawa pesan khusus berjejak sama

 

[Semua berjejak dari Tahun 2013]

fakta_kecelakaan_tucuxi_5_1_2013Tucuxi mobil listrik kecelakaan, yang memuat WASPADA YANG KEMBAR seperti gambar dibawah ini, akhrinya benar terjadi, yaitu T=20,U=21,C=3,U=21,X=24,I=9, semua berjumlah 98 dan Tucuxi kecelakaan tgl 5-1-2013, maka 98 hari jatuh pada tgl 13-4-2013, terjadi kecelakaan Pesawat Lion Air

tucuxi_celaka_5_1_2013_dan_lion_air_jatuh_13_4_2013

Fakta demi Fakta Kecelakaan Publik Figure tahun 2013 memuat simbol kembar Sebagai Warning penarik perhatian


Tahun 2013 dikenal sebagai tahun yang banyak kecelakaan untuk publik Figure spt berikut, Daftar kecelakan yang melibatkan para pubik figure sebagai iktibar yang kuat

  1. Anak Mentri Hatta Rajasa 1-1-2013 (baca Fenomena Kecelakaan maut BMW anak Hatta Rajasa)
  2. Mentri Kecelakaan 5-1-2013 (baca Misteri Kecelakaan Mobil Listrik Dahlan Iskan)
  3. Ustad UJE yang masih muda kecelakaan 26-4-2013 (baca Kejadian Aneh-Aneh Sebelum Ustad Jefri Al Buchori Wafat)
  4. Dul anak musisi Top kecelakaan 8-9-2013 (baca Kejadian Aneh-Aneh Sebelum Anak Ahmad Dani Kecelakaan)
  5. Paul Walker Kecelakaan 30-11-2013 (baca Kejadian Aneh Aneh Sebelum Paul Walker Meninggal Kecelakaan)
  6. Michael Scumi kecelakaan 29-12-2013 (baca Kejadian Aneh Sebelum Michael Schumacher Kecelakaan)

Kita ambil kasus di Indonesia yaitu celaka dari anak mentri dan selebritis, Fakta – Fakta Kecelakaan antara lain :fakta_kecelakaan_publik_figure_2013

  1. Plat nomor B 272 HR dan B 80 SAL, BHR=28 dan BSAL=34, & 34+28=62 (Jakarta) = UJE
  2. Plat 80 dan 272, sebuah 8+0+2+7+2=19. (mobil pak Mentri) ,
  3. Dul D=4, U=21 dan L=12 adalah 4+21+12=37, => 62+37=99 sebagai simbol kembar
  4. Dul kecelakaan 8-9-2013, maka 44 hari tgl 22-oktober-2013 Terjadi Gempa Besar di Aceh
  5. Dul kecelakaan 8-9-2013, maka 62 hari jatuh tgl 9-11-2013, kecelakaan Heli Milik AD Terbakar, 13 Tewas, 6 Terluka
  6. Doa penutup UJE dipanjatkan 13-maret-2013 dan 44 hari berikutnya beliau kecelakaan tgl 26-april-2013,ustad_uje_wafat_26_april_2013_44_hari_sebelum_tweet_terakhir_13_maret_2013 ada apa dengan 44 ini ? perhatikan gambar diatas dimana plat nomor UJE adalah 44, Sebuah simbol kembar 44 yang ada di kecelakaan mobil itu, hingga itulah nomor plat dari sepeda UJE yang membentuk simbol kembar 44, perhatikan Plat nomor Sepeda UJE yang kecelakaan B 3590 SGQ yang terkandung bahwa huruf B=2, S=19, G=7 dan Q=17, sehingga membentuk 2+1+9+7+1+7=27, sedangkan 3590 adalah 3+5+9+0=17 hingga 27+17=44

Kemiripan yang paling fenomenal terjadi selain yang disebutkan diatas adalah pada simbol 22 yang dimunculkan pada peristiwa ini, pada peristiwa anak Hatta Rajasa, simbol ini jelas terlihat muncul pada nopol, maka pada ahmad dhani adalah rangkaian 22 yang lain yaitu tanggal terjadi 8-9-2013, maka 22 hari sebelumnya adalah tgl 17-8-2013.

Dua puluh dua (22) hari sebelum anak ahmad dhani celaka, maka itulah tgl 17-8-2013 yang biasa disebutkan sebagai hari kemerdekaan RI. Hari kemerdekaan yang ke 68 itulah sebuah simbol 22 muncul lagi yaitu pada semua angka yang muncul pada hari kemerdekaan RI tsb dijumlahkan 1+7+8+2+0+1+3=22 juga. Gempa Aceh terjadi 44 hari setelah Dul kecelakaan 8-9-2013, seperti gambar dibawah inikecelakaan_anak_ahmad_dhani_dan_gempa_aceh

Adalah kebetulan demi kebetulan dari kecelakaan anak dari orang terkenal di negeri ini selalu memunculkan simbol 22 merupakan sebuah warning dari sang pencipta, dimana secara mudah 22 ini adalah ajakan kembali kepada al-quran yang sudah lama di dengun dengun-kan pada tulisan demi tulisan di blog maupun situs ini. Inilah 22 yang mudah di-ingat sebagai [Misteri Kematian Soeharto] Mengapa Tepat pkl 01.10 PM ?

Kita dipertontonkan anak anak orang terkenal di negeri ini,mengapa ketika kecelakaan terjadi, maka plat nomor mereka selalu nomor cantik2x ? anak Pak Hatta B 272 HR, anak Ahmad Dani B 80 SAL seolah merupakan penciri khusus yang akan dikuatirkan sebagai jawaban dari “generasi yang maka maunya banyak dan pada akhirnya kehancurannya yang terjadi,

Apa buktinya jika dua kecelakaan dari anak2x tokoh publik adalah sebuah warning ? perhatikan DUL yang cukup populer karena artis dibandingkan anak Hatta Rajasa, perhatikanlah D=4, U=21 dan L=12 sehingga 4+21+12=37. Perhatikanlah lagi BHR dan BSAL dari plat nomor tsb BHR=28 dan BSAL=34 sehingga 34+28=62 yang merupakan susunanan huruf kota JAKARTA.

Sebuah 99 muncul dari dua kecelakaan ini yakni 37+62=99 yang merupakan peringatanNya akan masalah ini.

Mengapa 80 dan 272 dari plat nomor tesb tidak dijumlahkan ? perhatikan sekali lagi 80 dan 272, sebuah 8+0+2+7+2=19. Inilah sebuah 19 yang pernah muncul dan celaka pula (baca Misteri Kecelakaan Mobil Listrik Dahlan Iskan )

fakta_kecelakaan_tucuxi_5_1_2013tucuxi_celaka_5_1_2013_dan_lion_air_jatuh_13_4_2013Lalu apa arti 62 dari BHR dan BSAL ? selain kota jakarta, maka kejadian kecelakaan si DUL tgl 8-9-2013, maka 62 hari berikutnya jatuh pada tgl 11-9-2013 (9 november 2013) yang terjadi sebuah kecelakaan helikopter, baca Helikopter TNI MI 17 Jatuh, 9-11-2013

Heli Milik AD Terbakar, 13 Tewas, 6 Terluka

JAKARTA dua_kecelakaan_publik_figure_heli_jatuhKecelakaan Helikopter MI-17 milik TNI Angkatan Darat di Kabupaten Malinau, Kalimantan Utara, Sabtu (9/11) menelan korban jiwa. Dari 19 orang yang ada di dalam helikopter naas itu, 13 di antaranya meninggal dunia. Enam korban lainnya mengalami luka bakar yang cukup serius sehingga harus dilarikan rumah sakit di Tarakan.

“13 meninggal dunia dan enam luka bakar,” kata Kepala Pusat Penerangan TNI Laksamana Muda Iskandar Sitompul kepada JPNN, Sabtu (9/11) malam. Informasi yang dihimpun 13 korban tewas terdiri dari lima Anggota TNI AD dan delapan warga sipil. Penumpang selamat adalah dua Anggota TNI dan empat warga sipil. Korban yang selamat dibawa ke Rumah Sakit di Tarakan. Evakuasi diinformasikan akan dilanjutkan besok. Helikopter itu berangkat dari Bandara Juwata, Tarakan, menuju ke Pos Perbatasan Indonesia-Malaysia di Malinau. Selain mengangkut 19 orang, Heli membawa material bangunan untuk pembangunan Pos Pengamanan Perbatasan Indonesia-Malaysia. Capung mesin yang dibawa oleh Pilot Lettu CPN Agung Budiharjo berangkat pada pukul 9.09 Wita dari Bandara Juwata Tarakan menuju Desa Long Bulan melintasi Long Apung. Harusnya diperkirakan Helikopter mendarat pada pukul 10.06. Namun, hingga pukul 10.10 belum juga landing dan dikabarkan telah terbakar. (boy/jpnn)

Warning 911 Atas Jatuhnya Helikopter dari 62 Hari sejak AQJ Kecelakaan


SBY Sampaikan Belasungkawa pada Korban Heli Jatuh Jakarta – Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menyampaikan belangsukawa bagi korban tewas dalam kecelakaan helikopter MI-17 di Kalimantan Utara. SBY mendoakan keluarga korban tegar. “Saya sampaikan duka yg mendalam atas gugurnya para prajurit TNI & warga sipil dlm kecelakaan Heli MI-17 TNI AD,” kata SBY melalui akun twitternya, Sabtu (9/11/2013) malam.

Warning 911 atas jatuhnya Heli TNI AD ini merupakan sebuah simbol dariMI-17 dimana M=13 dan I=9, sehingga 1+3+9+1+7=30, hingga 30 hari setelah heli jatuh, terjadi kecelakaan yang menarik perhatian Jakarta (62 seperti yang dijelaskan diawal, Tabrakan Maut Kereta Api (KRL) vs Truk BBM, Mengapa Terjadi Tepat Tgl 09-12-2013?)

truk_bbm_krl_simbol_22Bagaimana dengan kelanjutan truk BBM vs KRL ? sebagaimana 911 yang telah digaungkan maka tahu 2014 itulah bencana menjadi-jadi, di Indonesia

  1. Gunung Kelud Meletus dahsyat 13-feb-2014 yang membawa pesan 22 seperti KRL vs Truk BBM
  2. Longsor Banjar Negara 12-12-2014, di tanggal kembar
  3. Air Asia Jatuh 28-12-2014, memuat yang kembar seperti dibawah ini
  4. Di dunia semakin ditandai dengan Pesawat demi pesawat Jatuh membentuk 22

Waspada yang Kembar Terbukti di Tahun Kembar 2011


Update Data :

  1. 22-2-11 Gempa Besar Landa Selandia Baru
  2. 11-3-11 Gempa & Tsunami Jepang
  3. 11-5-11 Gempa Spanyol
  4. 22-5-11 Tornado Amerika….

waspada_terhadap_kembar_terbukti_2011Tsunami Japan 11-3-11

gempa_tsunami_jepang_11_maret_2011_pkl_12_46_mengapa_22Tsunami jepang yang terjadi hari jumat tgl 11 maret 2011 yang didahului oleh gempa besar terjadi pkl 14:46:23, 11 Maret 2011 atau di indonesia menjadi 12.46, sebuah ilustrasi dari Tsunami ini tgl-bln-thn-jam-menit menjadi 11-maret 2011 pkl 12.46 WIB yang membuat sebuah arti 1+1+3+2+0+1+1+1+2+4+6=22. Pasti ada yang bertanya, kenapa menghitungnya memakai waktu WIB kenapa tidak waktu jepang saja ? perhatikan bahwa sebuah doa untuk memberikan tanda alam digaungkan selepas jumat di indonesia dan tidak seberapa lama tanda alam itu terjadi sesuai dengan doa 22 yang telah dipanjatkan tgl 9-des-2006 di sidoarjo atau lebih spesifik lagi sebagai WASPADA YANG KEMBAR pada tgl 23-nov-2006, terbukti beberapa tahun kemudian.

Perhatikan jika memakai waktu jepang yaitu 11-3-11 pkl 14.46 terjadi gempa, tidak-kah 1+1+3+1+1+1+4+4+6=22 juga, sebuah 22 yang terang, lebih detil di film berikut ini

Perhatikan dengan seksama 11-3-11 yang membentuk Tsunami Jepang, didauhului dengan Gempa Dahsyat di Selandia Baru 22-2-11

gempa_selandia_baru_22_2_2011_luluh_lantakDua bencana besar di dunia di tanggal kembar yaitu 22-2-11 dan 11-3-11 merupakan sebuah pertanyaan yang wajar yaitu

gempa_jepang_11_maret_2011_selandia_baru_22_feb_2011Hingga siklus bencana datang bertubi-tubi menuju pada sebuah titik yang kembar lain yaitu

Tornado dahsyat 22 mei 2011


Banyak bencana, namun kita ambil yang bencana paling super kelam, dan anehnya terjadi di tanggal kembar, Bencana Tornado Missouri, tanggal 22 mei 2011, angin dengan kecepatan 200 Km/jam menyapu seluruh kota. Semua bangunan disetiap sisi kota hampir semuanya rata dengan tanah. Tercatat sedikitnya 158 korban tewas, dan ribuan lainnya luka-luka. Kerugian materil diperkirakan mencapai milyaran dollar amerika. Bencana ini merupakan bencana terparah sejak tahun 1950 yang pernah menghantam kota di Amerika Serikat, Sebelum dan sesudah tornado di Missouri, 22 Mei 2011, Dalam skala Fujita, level EF lima, menempatkan tornado Oklahoma sama dengan yang melanda Joplin, Missouri pada 2011, menewaskan 158 orang dan melukai ratusan lainnya.

tornado_amerika_22_mei_2011Badai tornado menerpa kota Joplin, negara bagian Missouri, Amerika Serikat, membuat sepertiga kota tersebut hancur lebur. Belum dikeluarkan jumlah korban tewas, namun diduga korban mencapai puluhan orang. Kerusakan akibat badai di kota Joplin, AS.Dilansir dari laman Associated Press, Senin, 23 Mei 2011, badai terjadi pada Minggu malam waktu setempat. Angin kencang membuat semua yang dilaluinya hancur, beberapa puing bahkan terbawa angin hingga 112 kilometer jauhnya. Rumah-rumah yang kebanyakan terbuat dari kayu runtuh, mobil-mobil terbalik terbawa angin, dan pohon-pohon tercabut dari akarnya. Jalanan masih sulit diakses karena banyaknya reruntuhan yang menutupi hampir seluruh ruas jalan. Jalur komunikasi juga putus, menyulitkan proses penyelamatan. “Bisa saya katakan sekitar 75 persen kota sudah musnah,” ujar Kathy Dennis dari Palang Merah AS.

Belum ada laporan resmi korban tewas dari pemerintahan lokal kota Joplin. Namun, AP mendapatkan kabar sebanyak 24 orang dipastikan tewas. Dikonfirmasi, juru bicara kota Joplin, Lynn Onstot, mengatakan korban diperkirakan lebih dari itu.”Kami khawatir jumlahnya lebih dari itu, 24 orang hanyalah perkiraan jumlah minimal,” ujar Onstot.

Onstot mengatakan bahwa badai yang terjadi kemarin lebih parah dibandingkan badai serupa bulan lalu di wilayah selatan AS yang menewaskan 300 orang. Dia mengatakan bahwa badai tornado menghantam sebuah rumah sakit yang dipenuhi pasien, sebuah toko konstruksi, beberapa pusat bisnis dan restoran. Keith Stammer, kepala tim penyelamat mengatakan bahwa sedikitnya 2.000 gedung rusak di kota berpenduduk 50.000 orang tersebut. Terparah terkena badai adalah rumah sakit St. John Regional Medical Center.
“Jika kau melihat gambar akibat Perang Dunia II, kerusakan akibat badai persis seperti di gambar itu,” ujar kepala sekolah Joplin yang runtuh, Kerry Sachetta., Korban Tewas Tornado Joplin Menjadi 125 Orang

Badai washi filipina terdeteksi awal 12-12-2011


Mengutip wikipedia, badai washi, “Badai Tropis Washi (sebutan internasional: 1121, sebutan JTWC: 27W, nama PAGASA: Sendong) adalah siklon tropis pada akhir musim yang menyebabkan kerusakan dahsyat di Filipina pada akhir 2011. Washi, yang berarti Aquila dalam bahasa Jepang, mendarat di Mindanao, pulau utama di Filipina, pada 16 Desember. Washi sedikit melemah setelah melewati Mindanao, namun kembali menguat di Laut Sulu, dan membuat pendaratan lagi di Palawan pada 17 Desember., (55 hari setelah gempa turki 23 oktober 2011) Korban Parah Badai Tropis Washi di Filipina Total 1,257, hilang 85, Korban Topan Washi Dimakamkan Secara Massal

topan_washi_hantam_filiphina_12_12_2011Pada tanggal 12 Desember, JTWC mencatat bahwa berkembangnya area bertekanan rendah telah bertahan sekitar 945 km (585 mil) selatan-tenggara dari Guam. Terletak di sepanjang tepi selatan subtropis, badai terlacak terus ke barat menuju Filipina. Terletak dalam wilayah diffluence baik dan pergeseran angin moderasi, konveksi dalam mampu mempertahankan dirinya selama sirkulasi. Pengembangan rainband dan peningkatan arus menunjukkan kemungkinan besar memperkuat . Pengembangan lebih lanjut atas hari berikutnya diminta JTWC untuk mengeluarkan Peringatan Formasi Siklon Tropis pada awal 13 Desember. Kurang dari enam jam kemudian, baik JTWC dan Badan Meteorologi Jepang (JMA) mengklasifikasikan badai sebagai depresi tropis, dengan sebelumnya menempatkan 27W identifier.Mempertahankan jalur ke arah barat, depresi ini diperkirakan mengintensifkan perlahan selama tiga hari berikutnya.Pada tanggal 13 Desember, sedikit peningkatan aktivitas pergeseran badai dari pusat depresi, intensifikasi menunda. Pada tanggal 14 Desember konveksi diatas dibangun kembali dengan rendah dan JTWC kemudian menilai badai telah mencapai status badai tropis.

Awal pada tanggal 15 Desember, badai melintasi barat di 135° BT dan memasuki Philippine Atmospheric, Geophysical and Astronomical Services Administration (PAGASA). Setelah diamati, PAGASA mulai mengeluarkan nasihat dan menetetapkan badai dengan nama lokal Sendong.Tak lama kemudian, badai berlalu dan mendekati atau di atas Palau.Pada 06.00 UTC, JMA meningkatkan badai ke status badai tropis, pada saat itu mereka menetapkannya dengan nama Washi. Mempertahankan jalur ke arah barat yang cepat, Washi perlahan-lahan menjadi lebih terorganisir, dengan tingkat arus masuk rendah meningkatkan selama bagian akhir dari tanggal 15 Desember. Pada tanggal 16 Desember, Washi mencapai kekuatan puncak sebagai badai tropis yang parah dan membuat pendaratan pertama di sepanjang pantai timur Mindanao.

Setelah melewati Mindanao, Washi melemah karena interaksi tanah, tetapi badai cepat kembali kekuatannya, di Laut Sulu. Akhir pada 17 Desember, Washi menyeberangi Palawan dan tiba di Laut Cina Selatan, dan badai keluar dari area PAR pada 18 Desember. Washi melemah menjadi depresi tropis dan hilang pada 19 Desember, karena udara dingin dan kering, berkaitan dengan Muson Timur Laut.

Bagaimana dengan di Indonesia ?


gempa_bumi_bali_13_oktober_2011Gempa Bumi Bali 13-oktober-2011 terjadi 44 hari setelah lebaran (1 syawal : 30 Agustus 2011), baca Keanehan pada Gempa Bali 13-Oktober-2011

Keanehan ditahun 2011 ini, berikut datanya:

Perhatikan data pesawat bermasalah semua bertanggal kembar, 9-9-2011, 22-9-2011 dan 22-11-2011. Justru pesawat jatuh dengan korban yang paling besar terjadi tgl 7-mei-2011 (tidak berada di tanggal kembar), benarkah ?. Sebelumnya perhatikan bahwa tidak hanya di RI saja pesawat jatuh di tanggal kembar, Pesawat Amerika Serikat jatuh di Libia

Pemerintah Amerika Serikat membenarkan bahwa sebuah pesawat tempurnya jatuh di Libia, Selasa (22/3). Juru bicara militer Amerika Kenneth Fiddler mengatakan kepada BBC bahwa seorang awak sudah berhasl diselamatkan, sedangkan satu lagi masih dalam proses pencarian.

Sekali lagi tgl 7-mei-2011, pesawat MA 60 jatuh, Merpati Jatuh ke Laut, 27 Orang Tewas sebuah bahasan yang memuat simbol kembar, Merpati Jatuh Di Papua, Mengapa Tepat 7-Mei-2011 ?

Operasi 11 dan 22 sebagai Operasi yang Mudah dan Mengingatkan

Lalu mengapa terjadinya tgl 7-mei-2011 atau terjadi selang 6 hari setelah SOS atau 911 (panggilan darurat itu dituliskan) ? Sebuah kejadian yang sambung menyambung dengan kejadian sebelumnya yaitu tepat tgl 7-mei-2011, Pesawat Merpati MA 60 Kondisinya Hancur

Merpati Jatuh ke Laut, 27 Orang Tewas
Pesawat Merpati Nusantara MA-60 jatuh ke laut di dekat Bandara Utarung, Kaimana, Papua Barat, Sabtu 7/5/2011 , Pesawat Merpati Jatuh di Papua, 27 Tewas , adalah mundur kebelakang sebagai bagian dari rentetan akan datangnya bencana yang maha dahsyat, yaitu 11 hari sebelum pesawat merpati jatuh, maka terjadilah sebuah Gempa Cilacap 6,3 SR, Mengapa Terjadi Tgl 26-April-2011 ?

Mengapa tgl 26-April-2011 ini adalah titik perhatian dari rentetan akan datangnya bencana super dahsyat ? Tiada lain itulah tgl 26 adalah 22 hari sebelumnya terjadi gempa besar sebagai bagian rentetan dari itu semua yaitu, Gempa Aneh di Cilacap 7.1 SR Terjadi 4-4-2011

Setelahnya sebuah operasi yang kembar juga mengejutkan, Aneh, Dua Pesawat Jatuh, Sebelas Hari Setelah Merpati Jatuh

Tepat sebelas hari dari jatuhnya merpati (Merpati Jatuh Di Papua, Mengapa Tepat 7-Mei-2011 ?), maka ditemukanlah tanggal 18-mei-2011, pesawat demi pesawat rontok. Pesawat jatuh itu antara lain:

  1. Pesawat Komersil Argentina Jatuh, 22 Orang Tewas
  2. Pesawat Militer Boeing 707 Jatuh di California yakni Pesawat Jatuh Tewaskan 22 Orang

[Update] Sebelas , 22 atau simbol kembar lain merpakan kenyataan tentang sebelas dan tanggal kembar ini lihat tahun 2012 seperti berikut ini

gempa_terbesar-2012_11_april_2012Pada hakekatnya 11 inilah yang mengingatkan akan sebuah kekelaman (baca )

Banjir besar cina 22 juli 2012


Sebenarnya banjir terjadi dimana mana, cina, baca 6 Banjir Terbesar di Dunia Tahun 2012 khusus banjir terbesar adalah banjir di cina yahun 2012, Sebuah banjir besar melanda cina tepat tgl 22 juli 2012, Hujan terlebat di Beijing dalam 60 tahun, Beijing diguyur hujan terlebat, 10 tewas

banjir_cina_22_juli_2012Beijing dilanda banjir pada 22 Juli 2012 lalu karena curah hujan yang sangat tinggi, 460 mm dalam satu hari. Hujan ini dinilai terbesar selama 6 dekade. Di Bandara Internasional Beijing, 80 ribu orang tertahan setelah Beijing dilanda banjir. 500 Penerbangan dibatalkan. Pemerintah Beijing mengingatkan warganya agar bersiap untuk cuaca dan kondisi yang lebih buruk. Demikian dilansir Reuters, 23 Juli 2012. Banjir ini telah membuat 8.200 rumah rusak, 57 ribu warga mengungsi dan berdampak pada 1,6 juta orang lainnya, 79 orang tewas terhanyut dan kerugian US$ 1,6 miliar.

Topan sandy terbentuk 22 oktober 2012


Mengutip laman wikipedia, Hurricane Sandy

badai_super_sandy_22_oktober_2012Hurricane Sandy as a category 3 hurricane on October 25, 2012, Formed October 22, 2012, Dissipated October 31, 2012, (extratropical after October 29). Sandy developed from a tropical wave in the western Caribbean Sea on October 22, quickly strengthened, and was upgraded to Tropical Storm Sandy six hours later. Sandy moved slowly northward toward the Greater Antilles and gradually intensified. On October 24, Sandy became a hurricane, made landfall near Kingston, Jamaica, re-emerged a few hours later into the Caribbean Sea and strengthened into a Category 2 hurricane. On October 25, Sandy hit Cuba as a Category 3 hurricane, then weakened to a Category 1 hurricane. Early on October 26, Sandy moved through the Bahamas.[6] On October 27, Sandy briefly weakened to a tropical storm and then restrengthened to a Category 1 hurricane. Early on October 29, Sandy curved north-northwest and then moved ashore near Brigantine, New Jersey, just to the northeast of Atlantic City, as a post-tropical cyclone with hurricane-force winds.

Obama Nyatakan ‘Bencana Besar’ di New York, New Jersey, Sedikitnya 16 Tewas, Presiden Obama menyatakan ini setelah badai Sandy menerjang wilayah tersebut, membanjiri jalan-jalan di dataran rendah dan memadamkan listrik di sebagian besar wilayah itu. Washington, – Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama menyatakan bencana topan Sandy sebagai ‘bencana besar’ untuk negara bagian New York dan New Jersey. Keluarnya pernyataan ini juga menjadi tanda pencairan dana bantuan federal bagi para korban topan mematikan ini. Deklarasi ini dikeluarkan Obama beberapa saat setelah topan Sandy menerjang wilayah Pantai Timur AS, hingga membanjiri kawasan ramai penduduk Manhattan dan wilayah pantai New Jersey. Bahkan sekitar 6,2 juta warga terpaksa hidup tanpa aliran listrik hingga beberapa hari ke depan akibat topan ini. 6,2 Juta Warga AS Dilanda Gelap Gulita Akibat Topan Sandy new_york_kota_mati_akibat_sandyNew York, – Topan Sandy yang dijuluki ‘Frankenstorm’ menyisakan kondisi mencekam di wilayah New York, Amerika Serikat (AS). Topan memutuskan aliran listrik sehingga membuat kawasan Wall Street dan wilayah komersial Manhattan gelap gulita, tanpa diketahui kapan listrik kembali pulih.

Jalanan kota New York atau yang juga dijuluki kota yang tidak pernah tidur ini, dipenuhi genangan air dan diwarnai suara air hujan. Sesekali terdengar suara sirene dan terlihat lampu biru-merah dari mobil polisi yang lalu-lalang di tengah kegelapan. Satu-satunya sumber cahaya berasal dari lilin seperti yang nampak di sejumlah kaca jendela beberapa apartemen. “Sangat menakutkan. Sama sekali tidak ada lampu di jalanan, tidak ada orang di jalanan,” ujar salah seorang penduduk New York, Ilona (22), yang merupakan mahasiswa asal Rusia, seperti dilansir AFP, Selasa (30/11/2012).

Lampu lalu lintas juga ikut padam. Truk khusus generator telah diterjunkan di sejumlah lokasi. Otoritas setempat berencana membuka kembali jembatan George Washington untuk memulihkan secara perlahan lalu lintas dari dan ke New Jersey. Namun sayangnya, 7 jalur kereta bawah tanah dan 6 stasiun bus masih terendam air laut. Topan ini membuat East River meluap dan airnya menggenangi sejumlah terowongan dan stasiun kereta bawah tanah. Topan ini telah memicu bencana transportasi terburuk sepanjang sejarah di AS. Diperkirakan kondisi seperti ini akan bertahan dalam beberapa hari ke depan. “Kami telah mengirimkan bantuan tenaga untuk sejumlah gedung dan memenuhi panggilan darurat 911,” tutur salah satu pengemudi truk generator.

Topan Sandy menyebabkan sedikitnya 6,2 juta warga di sepanjang Pantai Timur AS tanpa aliran listrik. Sebagian besar wilayah Manhattan pun dikepung kegelapan. Sekitar 670 ribu warga di New York City dan pinggiran Westchester County, termasuk 250 ribu warga di wilayah Manhattan, hidup tanpa listrik sejak Senin (29/10) malam waktu setempat. “Ini akan tercatat dalam buku rekor. Ini menjadi terputusnya aliran listrik akibat badai terbesar dalam sejarah,” tutur John Miksad selaku juru bicara perusahaan listrik New York, ConEdison, seperti dilansir Daily Mail. Parahnya, kondisi tanpa listrik belum diketahui kapan akan bisa dipulihkan. Menurut Miksad, bisa jadi selama beberapa hari hingga seminggu ke depan, pasokan listrik di kota New York baru kembali pulih. Topan ini juga memaksa operasional bursa saham di Wall Street terhenti sejak hari ini dan diperkirakan masih akan tutup keesokan hari. Sehingga tercatat untuk pertama kalinya Bursa Saham New York ditutup selama 2 hari berturut-turut akibat kondisi cuaca sejak tahun 1888 silam, ketika badai salju melanda. Sejumlah sidang di markas besar PBB juga ikut dibatalkan akibat topan.

Sejauh ini, jumlah korban tewas akibat Topan Sandy dahsyat di AS ini telah mencapai 13 orang, termasuk satu orang yang tewas di Toronto, Kanada. Sebelumnya Topan Sandy telah menewaskan 66 orang di Karibia, yang sebagian besar korban berada di Kuba dan Haiti. Banyak korban ditemukan tewas dalam reruntuhan bangunan yang ambruk diterjang badai. Badai juga merusak ratusan rumah dan menyebabkan lahan-lahan pertanian terendam banjir.Kerugian Bencana Badai Sandy Ditaksir Mencapai 20 Juta Miliar Dolar AS sebuah Ekonomi AS Kiamat Akibat Badai Sandy

New York Bagai Kota Mati Akibat Badai Sandy

Badai Sandy menewaskan 10 orang di New York City dan membuat kota terbesar di AS itu bagai kota mati Selasa (30/10), tanpa layanan kereta api, kawasan bisnis yang tak berfungsi dan kawasan pemukiman yang terendam air .Badai Sandy adalah badai dahsyat yang mungkin merupakan badai terburuk yang pernah kita alami, ujar Walikota New York Michael Bloomberg, yang tidak memberi batas waktu yang pasti kapan layanan dasar kota itu akan kembali pulih.

Kesemua nya menuju pada satu titik yang terfilmkan ustad_uje_wafat_26_april_2013_44_hari_sebelum_tweet_terakhir_13_maret_2013

Mencegah Bencana Dengan Siklus Sebelas


Perhatikan Gunung Kelud meletus dari perubahan status waspada 2-2-2014 dan 11 hari setelahnya Gunung Kelud meletus, perhatikan juga gempa dan tsunami dahsyat terjadi 11-3-2011. Jauh sebelum kedua peristiwa itu terjadi, sebuah tulisan yang senantiasa digaungkan untuk mencegah bencana dalam siklus SEBELAS. sebuah artikel salah satunya, Di Balik Jatuhnya Adam Air

Dalam beberapa artikel telah dituliskan mengenai pentingnya siklus 11 sebagai pengingat lewat artikel Yusuf dan Siklus Sebelas yang memuat antara lain

Yusuf dan Siklus Sebelas

[Mencegah Bencana Dengan Siklus Sebelas]

Kisah yusuf sangat tekenal dan dalam al-qur’an tercatat pada surat yusuf. Surat Yusuf ini seluruhnya berisi cerita Yusuf dan sebelas saudaranya. Cara penturan kisah yusuf ini berbeda dengan kisah nabi lainnya karena yusuf hanya di kisahkan pada surat ini saja, sedangkan nabi lain di kisahkan pada banyak surat

Dalam kisah nabi lain, Allah menitik beratkan kepada tantantang yang berbagai macam dari kaumnya dan berakibat musnahnya kaum yang menantang, sedangkan pada kisah n. Yusuf ini Allah menonjolkan akibat baik dari kesabaran dan bahwasanya kesenangan itu datangnya sesudah penderitaan

Allah menguji n. Ya’qub dengan kehilangan putra (yusuf) sehingga hilang penglihatannya, sedangkan n. yusuf diuji ketabahan dan kesabaran dengan di pisahkan dai ibu dan bapaknya, dibuang kedalam sumur diperdagangkan sebagai budak

Kemudian Allah menguji imannya dengan godaan wanita cantik lagi bangsawan dan akhirnya menjebloskan diri yusuf ke penjara, sampai akhirnya datang pertolongan Allah dan menjadikan yusuf sebagai bangsawan dan kembali berkumpul dengan keluarganya

Inspirasi Kisah N Yusuf

Kisah N. Yusuf sangat inspiratif bagi kita semua, sekiranya tidak dipahami hanya kulit luarnya saja, hingga pada kesimpulan yang singkat, yakni beberapa pihak ketika ingin punya anak berdoa agar putranya seganteng yusuf. Perhatikan benar kisah itu dengan pelan [diambil dari tafsir ibnu katsier] sebagai tafsir surat yusuf ayat 36. Dikatakan bahwa kedua orang pelayan raja yang masuk penjara bersama dengan yusuf akhirnya jatuh cinta “Kami berdua sangat mencintaimu dan menyukaimu”

Yusuf menjawab, “Semoga Allah memberkahi kamu, sesungguhnya tiada seseorang mencintaiku, melainkan aku mendatangkan mudharat dari kecintaannya. Bibiku mencintaiku dan aku mendapat mudharat karenanya, ayahku mencintaiku dan diganggulah aku oleh saudara-saudaraku kerananya dan istri majikanku al-aziz mencintaiku, maka penderitaanlah yang kualami karenanya, hingga aku dipenjarakan ini” Dari kisah itu sebenarnya bagus rupa, ketampanan adalah bentuk kemudharatan atau ujian bagi si pemiliknya dan hal ini tidak disadari oleh banyak orang, sehingga ketika mengandung ingin anaknya bagus rupa seperti yusuf.

Penilaian tampak luar yang berbau kesenangan belaka sangat berbahaya (hedonis) dan justru akan menjerembab ke dalam jurang. Untunglah yusuf memiliki visi yang jelas sehingga tidak larut dalam jurang hedonisme

Visi Yusuf dan siklus sebelas

Masyarakat saat ini boleh jadi lupa dengan silau dunia, ketika orang berpangkat, bergelar atau para tokoh berbicara, maka seakan itulah kebenaran. Mengejar dunia sehingga mendapatkan gaya hidup dan status tinggi di masyarakat pada akhirnya akan melahirkan budaya materialistik. Semua harus diukur dengan benda atau materialis, empiris dan logik sehingga akhirnya terjebak dalam alam tidak sadar yang berbahaya yakni “meniadakan peranan tuhan” dalam segala aspek kehidupan. Mulai tahun 2004 telah banyak bencana yang terjadi dan telah banyak pula doa-doa dipanjatkan agar terhindar dari bencana :

  • Tsunami Aceh Des 2004, Gempa yogya 27-mei-2006, Tsunami Pangandaran 17-juli-2006, Lumpur lapindo 29-mei-2006, Jakarta banjir besar 2-2-2007

Sudah banyak doa yang tertangguhkan menjadikan doa bukanlah satu-satunya cara agar terhindar dari bencana.

Menengok inspirasi kisah yusuf merupakan gambaran simbol kemapanan di masyarakat, dimana saudara yusuf yang berjumlah sebelas merupakan golongan yang kuat, sedangkan yusuf adalah yunior. Ayah mereka (ya’qub) lebih mengutamakan yusuf daripada sebelas saudaranya dan inilah yang membuat sebelas saudaranya iri. Ketika mereka berkata: “Sesungguhnya Yusuf dan saudara kandungnya lebih dicintai oleh ayah kita dari pada kita sendiri, padahal kita adalah satu golongan . Sesungguhnya ayah kita adalah dalam kekeliruan yang nyata. (yusuf:8) Tentu tidak ada alasan yang tepat ya’qub harus berpilih kasih, kecuali ya’qub melihat yusuf memiliki visi yang kuat, sedangkan sebelas saudaranya memang kuat namun tidak memiliki visi

Visi yusuf digambarkan dalam al-qur;an :

, ketika Yusuf berkata kepada ayahnya: “Wahai ayahku , sesungguhnya aku bermimpi melihat sebelas bintang, matahari dan bulan; kulihat semuanya sujud kepadaku.” (yusuf:4). Visi ini sangat berbahaya karena akan mengubah kemapanan masyarakat yang digambarkan hubungan senior dan yunior, bagaimana seorang yunior harus tampil menjadi pemimpin di depan seniornya ?

Sesuai tatanan masyarakat saat ini adalah seorang yang senior dan lebih kuat menjadi tumpuan harapan atau menjadi ketua kelompoknya. Sudah sesuai tatanan, orang yang dipilih lewat pemilu baik anggota DPR maupun pemerintahan merupakan tumpuan harapan. Sudah sesuai tatanan, tokoh publik, artis papan atas, tokoh papan atas merupakan kelas masyarakat yang elit

Dalam kisah visi yusuf ini, kemapanan tatanan masyarakat diatas harus berubah, orang yang memiliki visilah yang harus tampil. Pemilihan tidak hanya didasarkan tokoh, kekuatan finansial dan segala macam atribut dunia. Visi yusuf menceritakan kepada kita bahwa semua atribut (saudara yang sebelas) akan tunduk kepada orang yang memiliki visi dimana tidak didasarkan hanya pada kekuatan, senioritas dsb. Visi yusuf yang sangat berbahaya ini, akan menyebabkan keguncangan makar jika diceritakan.

Ayahnya berkata: “Hai anakku, janganlah kamu ceritakan mimpimu itu kepada saudara-saudaramu, maka mereka membuat makar mu. Sesungguhnya syaitan itu adalah musuh yang nyata bagi manusia.” (yusuf:5)

Sampai saat inipun sulit membayangkan atau mengimajinasi bagaimana bentuk rupa mimpi yusuf, bagaimana bintang, bulan dan matahari sujud di depan manusia, atau merupakan simbol bulatan kecil yang bercahaya

Visi Yusuf di Uji

Mengubah tatanan atau pandangan masyarakat tentu tidak mudah, dan atas bantuan Allah saja, visi itu dapat terwujud. Dimulai dari pembuangan hingga sebagai budak. Dengan predikat budak itulah yusuf tinggal pada lingkungan kekuasaan yang akhirnya membuat yusuf dikenal oleh istri majikannya (raja mesir). Terjadilah kisah yang paling tekenal di dunia yakni seorang hamba (budak) di goda oleh istri majikannya. Dan hal yang sulit diterima akal sehat tentang ketampanan yusuf digambarkan

Maka tatkala wanita itu mendengar cercaan mereka, diundangnyalah wanita-wanita itu dan disediakannya bagi mereka tempat duduk, dan diberikannya kepada masing-masing mereka sebuah pisau , kemudian dia berkata : “Keluarlah kepada mereka”. Maka tatkala wanita-wanita itu melihatnya, mereka kagum kepada nya, dan mereka melukai tangannya dan berkata: “Maha sempurna Allah, ini bukanlah manusia. Sesungguhnya ini tidak lain hanyalah malaikat yang mulia.” (Yusuf:31)

Mengapa sulit diterima akal ? saat yusuf mulai terkenal dan bahkan menjadi bangsawan sehingga harus banyak bertatapan dengan masyarakat, tidak ada sepenggal cerita yang berulang dari kisah yusuf dan tangan wanita diatas. Kecuali memang hal tersebut merupakan simbol karisma seseorang yang mempesona. Hal yang menarik diatas pula ternyata pada masa mesir itu sudah mengenal Allah dan malaikat, sehingga wanita yang terpesona dengan yusuf berkata

Maka tatkala wanita-wanita itu melihatnya, mereka kagum kepada nya, dan mereka melukai tangannya dan berkata: “Maha sempurna Allah, ini bukanlah manusia. Sesungguhnya ini tidak lain hanyalah malaikat yang mulia.” (Yusuf:31) Dari kisah diatas sewajanya kita mendudukan budi pekerti yusuf yang sangat mulia dan beliau menjadi buah bibir masyarakat karena kemampuan beliau menolak rayuan zulaika.

Bagai artis yang menjadi buah bibir dan menjadi idola, maka saat beliau tampil langsung mempesona karena memang di tunggu-tunggu. Sikap histeria berlebihan kadang di tonjolkan seorang fans kepada idolanya, bahkan sikap itu kadang tidak masuk akal, seperti wanita diatas yang akhirnya melukai tangannya

Mengapa wanita jaman mesir itu sudah mengenal Allah dan malaikat ? hal ini yang agak sulit menjawab, namun jika melihat visi yusuf yang sangat kuat, maka boleh jadi n. yusuf sudah berdakwah. Sedikit sejarah yusuf adalah anak dari ya’qub, sedangkan ya’qub keturunan dari ishaq. Sedangkan ishaq adalah putera dari n. Ibrahim

“Firaun Sesostris III juga memperluas daerah sampai ke Nubia, palestina dan Sichem, tetapi pada tahun 1800 SM Firaun Amenemhet III kalah setelah diserang bangsa dari Asia yang dikenal sebagai bangsa Hyksos

Bangsa Hyksos dengan gelar paraoh (1700-1600 SM) memindahkan ibokota mesir ke Awaris (delta timur) untuk melancarkan serangan ke bangsa paletina dan Siria. Pada masa inillah nabi yusuf menjadi salah satu menteri di mesir dan bangsa Israel mendapat kedudukan yang terhormat karena berhasil melalukan penyelamatan atas kekeringan yang menimpa kerajaan Hyksos. Bangsa Hyksos mengalami kemunduran setelah mereka mengalami kegagalan dalam penyerangan ke palestina dan Siria, sehingga dinasti Thebe kembali menduduki mesir, dibawah pimpinan raja Ahmosis I. Mereka mengusir bangsa Hyksos di palestina, bahkan mereka pun meluaskan daerah ke Asia Barat. Dibawah kekuasaan Firaun, bani Israel mendapat perlakuan yang buruk sebagai balas dendam karena membantu pemerintahan bangsa Hyksos, bahkan mereka di curigai sebagai pemberontak pada kekuasaan Firaun sampai muncul nabi Musa.

Tahun 1880 SM Firaun sesostris III mempersatukan mesir yang sebelumnya mesir terkelompok menjadi beberapa kerajaan kecil-kecil. Tahun 1897-1717 SM tepatnya 1800 SM Nabi Ishaq Ibrahim Azar bin Nahur dari keturunan Sam bin Nuh diangkat nabi, berdakwah di Kan’anniyun di wilayah Al-Khalil (hebron) Palestina. Tahun 1850 SM Keturunan nabi ibrahim dari ishaq yakni nabi ya’qub atau bangsa Ibrani mengubah menjadi Israel (“semoga tuhan menunjukkan kekuasaanya) menetap di sikhem (nablus)

Tahun 1837-1690 SM tepatnya 1750 SM Nabi Ya’qub bin Ishaq bin Ibrahim diangkat nabi berdakwah untuk Bani Israil di Syam (Libanon, Syria dan Jordania) dan palestina. Pada masa itu sejarah mencatat tahun 1800 SM bangsa amorit masih mampu bertahan dari serangan bangsa lain yang ingin merebut kekuasaannya. Pada masa itupula telah ditemukan kata il di hampir seluruh pemujaan bangsa amorit (babilonia kuno) sebagai dewa tertinggi. Pada tahun yang sama Firuan Amenemhet III berkuasa di mesir. Periode itu 1800-1400 SM di daerah lain di mulai pembangunan tugu yang sangat terkenal sampai saat ini yaitu pembangunan Stonehenge di gunung preseli Wales, Eropa

Tahun 1779 SM di ketahui sebagai meninggalnya nabi Ismail di mekkah dan tahun 1763 SM bangsa babilonia di pimpin raja yang sangat terkenal yakni raja Hammurabi dan menaklukan kota Larsa (babilonia, 1792-1750 SM). Pada peradaban lain yaitu daerah Cina, dinasti Sang berakhir (1766 SM).

Tahun 1745-1635 SM tepatnya tahun 1715 SM Nabi Yusuf bin Ya’qub bin Ishaq bin Ibrahim diangkat nabi berdakwah kepada bani Israil dan bangsa Heksos yang berkuasa di Mesir. Sebagian besar bangsa bani Israel pindah ke mesir mengikuti nabi yusuf karena karena musim paceklik di daerah Syam.

Tahun 1700 SM di tandai dengan peristiwa yang tercatat dalam sejarah, di Cina muncul Dinasti Yin menggantikan dinasti Shang, Babilonia dengan penguasa Raja Hammurabi terkena banjir lagi (ingat Nabi Nuh) dan mengakibatkan kehancuran kota Eshnunna oleh air bah.

Di mesir bangsa Hykoss (Asia) berhasil menaklukan mesir, mereka dikenal sebagai sebutan Paraoh (berbeda dengan Firaun) dan memindahkan ibukota ke Delta Sungai Nil, dan barulah 100 tahun kemudian Firaun Ahmosis I mengusir bangsa Hykoss (1600 SM). Dari sinilah kebencian terhadap bangsa Israel di mulai, karena pada saat paraoh berkuasa bangsa Israel mendapat keistimewaan dengan adanya nabi Yusuf yang menjadi menteri, sehingga saat Firaun berkuasa lagi, bangsa Israel di anggap sebagai warga kelas bawah dan dimulailah episode kelam bangsa Israel, sehingga berkeinginan membuat kerajaan sendiri

[Di ambil dari buku “mengapa nama tuhan kita “Allah”]

Dari deretan sejarah diatas akhirnya dapat ditemukan bahwa visi yang kuat dari n. yusuf itulah wanita mesir mengenal Allah dan malaikat sesuai dengan firman Allah. Maka tatkala wanita-wanita itu melihatnya, mereka kagum kepada nya, dan mereka melukai tangannya dan berkata: “Maha sempurna Allah, ini bukanlah manusia. Sesungguhnya ini tidak lain hanyalah malaikat yang mulia.” (Yusuf:31)

Mencegah bencana dengan siklus sebelas

Inspirasi kisah yusuf merupakan kisah sukses seorang hamba yang dipandang sebelah mata oleh sebelas saudaranya, namun justru dihargai oleh bangsa lain, sehingga mampu mengapresiasikan kepada bangsanya sendiri agar bangkit dari keterpurukan. Kisah yusuf yang sukses bernegara inilah menjadikan tonggak dalam kehidupan bangsa Israel untuk membentuk negara/kerajaan sendiri. Kisah inilah yang harus menjadi inspirasi bagi masyarakat indonesia yang terkena krisis multidimensi dan multibencana

  • Memiliki visi yang kuat, Sabar dan tabah dalam menjalani visi itu dengan tidak segan menjadi budak bahkan ‘pesakitan’ penjara, Tahan godaan tatkala dekat dengan sumber kekuasaan dan wanita cantik, Tidak lupa kepada bangsanya sendiri tatkala sukses di negeri orang

Darimana mulai melangkah ?

Sulitnya mencari orang yang memiliki visi dikarenakan banyak yang ternina bobokan oleh dogma kebahagiaan diri sendiri dan keluarga, sehingga lebih berpikir “yang penting aku dan keluarga hidup bahagia” Siklus hidup yang normal yakni “bayi – sekolah – kuliah – bekerja – menikah – punya anak – tua – mati” dimana saat tua menikmati hasil hidup, harus di ubah menjadi hidup ini adalah berjuang untuk mengubah keadaan. Doa-doa sudah tertangguhkan, sewajarnya tidak hanya menggantungkan pada doa semata, namun mencari visi dan konsisten dengan visi itu. Sesuai inspirasi kisah yusuf, maka terakhir kisah tsb ditutup dengan larangan sirik dan ancaman azabnya

Dan banyak sekali tanda-tanda di langit dan di bumi yang mereka melaluinya, sedang mereka berpaling dari padanya. Dan sebahagian besar dari mereka tidak beriman kepada Allah, melainkan dalam keadaan mempersekutukan Allah . Apakah mereka merasa aman dari kedatangan siksa Allah yang meliputi mereka, atau kedatangan kiamat kepada mereka secara mendadak, sedang mereka tidak menyadarinya? (yusuf:105-107)

Tafsir ibnu katsir dari ayat diatas adalah “

Kebanyakan manusia (seperti saat ini :red) lalai dan enggan merenungkan tanda-tanda kekuasaan Allah. Berkata ibnu abbas :”Mereka tidak beriman melainkan dalam keadaan bersyirik, bahwa jika ditanya mereka, siapakah yang mencipta langit, bumi, gunung ? mereka menjawab Allah, tetapi mereka berada dalam keadaan syirik”

Syirik yang tidak sadar adalah Riya’ atau orang munafik yang beramal ingin dilihat orang

Riwayat Imam Ahmad dai Mahmud bin Labid bahwa rasulullah bersabda “Sesungguhnya sesuatu yang paling aku kuatirkan bagimu adalah syirik yang terkecil. Bertanya para sahabat “Apakah syirik yang terkecil itu, ya rasulullah ? “Ialah riya’”, Rasulullah menjawab, pada hari kiamat kelak, pada saat Allah swt membalas amal-amal hambanya, akan berfirmanlah Dia kepada orang yang berbuat riya di dunia. Pergilah kamu kepada yang kamu riya’I, adakah kamu mendapat balasan dari mereka ?”

  • Jimat atau mantra-mantra Diriwayatkan oleh Ahmad dan Abu dawud dari ibnu Mas’ud bahwa rasulullah bersabda, “Sesungguhnya jimat-jimat dan mantra-mantra adalah perbuatan syrik bagi yang mengenkannya “

Lengkap sudah di negeri ini, ada yang riya’ ada yang mantra saat cari adam air, ada yang merasa benar walau tidak punya visi, ada yang tidak kuat godaan wanita. Ada yang ingin berdoa, menangis namun ketika hanya dilihat orang, saat sendiri lihat goyang paha

Mari kita inspirasikan kisah yusuf ini pada diri kita, sehingga tidak hanya memandang gelar, pangkat, tokoh, gemerlap dunia saja dalam menyikapi keadaan, luangkan waktu untuk merenung agar tidak lalai dan siapkan ruangan wacana kita dalam menerima visi yang kadang tidak masuk akal

%d blogger menyukai ini: