[Misteri Ilahi] Heboh Susu Formula Berbakteri

Hari demi hari penantian akan penjelasan resmi pemerintah tentang merk susu formula yang mengandung bakteri, dan telah diumumkan sebagaimana berita dibawah ini, Menkes Kukuh Tak Buka Merek Susu Formula Tercemar

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Kesehatan Endang Rahayu Sedyaningsih berkeras tidak mau mengumumkan merek-merek susu formula yang diduga terkontaminasi bakteri Enterobacter sakazakii. Bakteri tersebut diduga bisa menyebabkan enteritis (peradangan saluran pencernaan), sepsis (infeksi peredaran darah) dan meningitis (infeksi pada lapisan urat saraf tulang belakang dan otak) bayi yang mengonsumsinya. Endang mengaku tidak memiliki data nama-nama merek susu formula tersebut.   “Biar kita dipencet dan diperas, nggak bisa karena kita tidak tahu. Peneliti itu punya otoritas sendiri. IPB itu punya otoritas sendiri. Kita dipancing dengan apa saja, kita tidak tahu,” kata Endang Rahayu Sedyaningsih dalam konferensi pers di Kantor Kementerian Komunikasi dan Informatika, Jakarta, Kamis (10/2). Endang menggelar konferensi pers didampingi Kepala Badan Pengawasan Obat dan Makanan (POM) Kustantinah dan difasilitasi oleh Menteri Komunikasi dan Informasi Tifatul Sembiring.

Desakan agar Kementerian Kesehatan mengumumkan merek-merek susu formula itu muncul setelah keluar putusan Mahkamah Agung (MA) yang menolak kasasi Menteri Kesehatan, Badan POM, dan Institut Pertanian Bogor (IPB) perihal susu formula, Januari lalu. MA memerintahkan ketiga lembaga itu mengumumkan kepada publik produk- produk susu formula yang dinyatakan terkontaminasi bakteri.   Putusan MA keluar atas gugatan praktisi hukum David Tobing terhadap IPB, Badan POM, dan Kementerian Kesehatan pada 2008 ke Pengadilan Negeri Jakarta Pusat. Ketiga lembaga dinilai meresahkan rakyat akibat publikasi hasil penelitian IPB tentang merek susu formula yang terkontaminasi bakteri Enterobacter sakazakii. David menggugat karena kedua anaknya mengonsumsi susu formula. Ia resah.

Menteri Kesehatan menjelaskan, sejak ada publikasi hasil penelitian IPB itu ia juga tidak melakukan langkah-langkah apapun kepad produsen. “Karena kita tidak tahu. Tapi kita sampling dengan mengambil 96 sampel. Ternyata tidak ada (bakteri Enterobacter sakazakii),” kata Endang. Penelitian IPB dilakukan untuk susu yang diproduksi tahun 2003-2006. Boleh jadi, kata Endang, susu tersebut sudah tak beredar di pasar.  Saat ditanya Menteri Kesehatan hanya melempar tanggung jawa dan membiarkan warga resak, kembali Endang menegaskan lembaganya tidak tahu merek-merek susu tersebut. “Untuk melindungi masyarakat, makanya jangan minum susu formula, terutama untuk anak di bawah enam bulan,” kata Endang. Susu formula hanya boleh diberikan jika terpaksa. Itu pun harus selalu dalam kondisi hangat atau dipanaskah terlebih dahulu. Jika dingin lebih dua jam, susu formula tak boleh diberikan.  Endang menjelaskan, nantinya yang akan mengumumkan adalah IPB. Menurut informasi yang ia terima, IPB sampai saat ini belum menerima salinan putusan itu. “Pemerintah tidak mendorong IPB untuk mengungkapkan. Yang menetapkan harus mengungkapkan itu pengadilan, bukan Kementerian Kesehatan,” kata Endang.  Kepala Badan POM Kustantinah menjelaskan, sebelum ditetapkan standard makanan bayi tak boleh mengandung Enterobacter Sakazakiii bukan berarti tak ada standar. Ia menyebutkan ada empat cemaran yang dibolehkan ada dalam susu atau makanan bayi dalam batas maksimun. Antara lain colliform, dan salmonella. Setelah itu, pada tahun 2008 ada Codex baru. Codex itu diikuti  Badan POM. “Ini tidak berlaku surut.”  Kustantinah mengimbau agar warga tidak resah dengan hasil penelitian IPB itu. Badan POM, sesuai amanah Undang-undang, Badan POM harus mengawal keamanan mutu dan gizi pangan. “Badan POM akan selalu mengawal, mengawasi, dan menyampling produk yang beredar,” kata Kustantinah. (DOR)

Dari pengumuman resmi pemerintah tsb, maka para penanti menjadi kecewa, Kamis, 10/02/2011 15:20 WIB Tak Diumumkannya Merek Susu Formula Berbakteri Munculkan Kecaman

Misteri Heboh Susu Formula Berbakteri


Dengan pertimbangan tertentu, maka pemangku kekuasaan tidak dapat mengumumkan susu formula tsb, aspek ekonomi tentu menjadi perhatian dominan, dimana ketika masyarakat enggan minum susu formula, tentu para peternak susu akan merugi yang pada akhirnya berimbas pada tekanan ekonomi nasional. Kejadian ini mirip dengan rokok, dimana telah jelas manfaat dan resikonya bagi manusia, namun ketika akan ditutup, maka tekanan ekonomi yang besar akan menganggu stabilitas.

Terlepas dari aspek diatas, sesungguhnya ada apa sebenarnya, hingga susu formula tsb mengemuka ditahun ini ? tiada lain berita yang muncul itu adalah sebuah ingatan di tahun 2008 lalu, tepatnya berita tentang susu formula terkontaminasi yang ramai diberitakan ditahun 2008, tepatnya adalah bulan yang sama dengan bulan ini,

Hindari Bakteri Sakazakii pada Susu Formula
Kamis, 28 Februari 2008 | 18:45 WIB JAKARTA, KAMIS – Kalangan masyarakat resah atas temuan hasil penelitian awal oleh Institut Pertanian Bogor (IPB) mengenai adanya dugaan sebagian susu formula tercemar oleh bakteri enterobacter sakazakii. Sebab, konsumsi susu formula bagi bayi dan anak di bawah usia lima tahun (balita) untuk mengoptimalkan tumbuh kembang relatif tinggi . “Masyarakat harus berhati-hati dalam membeli produk susu formula dan makanan bayi. Produk pangan yang tercemar enterobacter sakazakii membahayakan kesehatan bayi,” kata Direktur Standardisasi Produk Pangan Badan Pengawas Obat dan Makanan (Badan POM), Sri Irawati Susalit, Kamis (28/2), di Kantor Badan POM, Jalan Percetakan Negara, Jakarta. Enterobacter sakazakii adalah bakteri gram negatif yang tahan panas dan tidak membentuk spora. Secara klinis, cemaran enterobacter sakazakii menimbulkan diare yang bila tidak diobati dapat menimbulkan dehidrasi dan dapat berakibat fatal pada kesehatan bayi dan anak balita.

Pada tahun 2005, World Health Assembly (WHA) menginformasikan pada negara-negara anggota mengenai ada kemungkinan cemaran mikroba enterobact er sakazakii pada susu formula. WHA lalu mengeluarkan resolusi agar Badan Kesehatan Dunia (WHO) serta Badan Pangan dan Agrikultur (FAO) menyiapkan pedoman, pesan dan pelabelan produk tentang penyiapan penyimpanan dan penanganan susu formula. Belakangan ini ramai diberitakan hasil riset dari Fakultas Kedokteran Hewan Institut PertanianBogor (IPB) yang dimuat dalam situs IPB bahwa 22,73 persen susu formula (dari 22 sampel) 40 persen makanan bayi (dari 15 sampel) yang dipasarkan antara April – Juni 2006 telah terkontaminasi Enterobacter sakazakii. Sampel makanan dan susu formula yang di teliti berasal dari produk lokal. Sejumlah staf pengajar Fakultas Kedokteran Hewan IPB yang bergabung dalam penelitian ini antara lain Dr Sri Estuningsih, Drh.Hernomoadi Huminto MVS, Dr. I.Wayan T. Wibawan, Dr. Rochman Naim.

Penelitian ini menyimpulkan di Indonesia ada susu formula dan makanan bayi terkontaminasi E. Sakazakii yang menghasilkan enterotoksin tahan panas dan menyebabkan enteritis, sepsis dan meningitis pada bayi mencit. hasil pengamatan histopatologis yang diperoleh masih dibutuhkan penelitian senada yang lebih mendalam untuk mendukung hasil penelitian itu. Sangat penting dipahami susu formula bayi bukan produk steril, sehingga penggunaan serta penyimpanannya perlu perhatian khusus untuk menghindari kejadian infeksi karena mengkonsumsi produk itu .

Terkait hasil kajian ilmiah itu, Irawati menyatakan Badan POM melakukan pengawasan susu formula secara rutin setiap tahun di semua laboratorium Balai Besar POM di berbagai daerah. “Kami mengawasi susu formula melalui evaluasi premarket sebelum izin edar dan kontrol setelah produk beredar, ujarnya.” Pemeriksaan cemaran mikroba merupakan bagian dari pemeriksaan rutin lembaga itu terhadap produk pangan, termasuk susu formula.

Perhatikan berita diatas, sebuah kejadian tgl 28-2-2008, dengan judul Hindari Bakteri Sakazakii pada Susu Formula , lalu di tahun 2011 ini, tepatnya tgl 10-2-2011, Menkes: Hindari Bakteri, Berilah ASI

JAKARTA, KOMPAS.com – Bayi baru lahir atau yang berusia kurang dari 28 hari, bayi prematur serta bayi dengan daya tahan tubuh rendah adalah kelompok yang rentan terhadap Enterobacter sakazakii. Untuk itulah, para ibu disarankan untuk selalu memberikan ASI kepada bayi, bukan susu formula….

Bu Menkes… dipanggil sang Khalik 2-mei-2012 (447 hari setalah kasus ini ), mengutip wikipedia, dr. Endang Rahayu Sedyaningsih, MPH, DR.PH (lahir di Jakarta, 1 Februari 1955 – meninggal di Jakarta, 2 Mei 2012 pada umur 57 tahun) adalah Menteri Kesehatan pada Kabinet Indonesia Bersatu II yang menjabat sejak 22 Oktober 2009 hingga 30 April 2012

Ini Daftar Susu yang Dinyatakan Bebas Bakteri

VIVAnews — Kementerian Kesehatan bersama dengan Badan Pengawasan Obat dan Makanan dan Institut Pertanian Bogor (IPB) mengumumkan hasil penelitian ulang terhadap susu formula — untuk bayi 0-6 bulan — yang beredar di Indonesia pada tahun 2011. Hasilnya: tak ada susu yang tercemar bakteri E.sakazakii.

Kepala Penelitian dan Pengembangan Kementerian Kesehatan (Litbangkes), Trihono mengatakan, ada 47 sample susu formula dar1 18 merk yang diteliti. Semua dinyatakan negatif dari bakteri.

Berikut susu yang dinyatakan aman dari bakteri:

1. ALL 110
2. Anmum Infacare
3. Bebelac 1
4. Enfamil
5. Enfamil A+
6. Enfamil A+HA
7. Enfamil A+ O-Lac
8. Enfamil A+ PF
9. Frisian Flag Tahap 1
10. Isomil Advance
11. Lactogen 1 Klasik
12. Lactogen Gold 1
13. LACTONA 1
14. Morinaga BMT
15. Morinaga BMT Platinum 1
16. Morinaga NL-33
17. NAN
18. NAN 1
19. NAN-1
20. NEOCATE
21. Neosure
22. Nutricia Bebelac
23. Nutricia Nutrilon
24. Nutrilon
25. Nutrilon Hypo Allergic
26. Nutrion Less Lactose
27. NUtrilon Pepti Junior,
28. Nutrilon Premature
29. Nutrilon Royal
30. Nutrilon Royal 1
31. Nutrilon Soya
32. pre NAN,
33. Progestimil
34. Prosobee
35. S-26
36. S-26 Gold
37. S-26 PDF Gold
38. SGM 1- PRESINUTRI
30. SGM BBLR
40. SGM BBLR 0-6 bulan
41. SGM LLM
42. Similac Advance
43. Susu Bimbi 1
44. Vitalac BL
45. Vitalac Step 1
46. ENFAMIL
47. EnfamilA+

Inilah Merek Susu Formula yang Sudah Diteliti BPOM

JAKARTA, KOMPAS.com — Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) secara rutin menguji dan meneliti sampel beberapa produk susu formula yang beredar di pasaran. Pada 2009, misalnya, BPOM mengambil sebanyak 11 sampel susu formula dan pada 2010 mengambil sebanyak 99 sampel. Tahun 2011, hingga Februari ini, BPOM mengambil sebanyak 18 sampel.

Menurut Kepala BPOM Kustantinah, hasil pengujian terhadap sampel sejumlah produk tersebut menunjukkan tidak ditemukan adanya cemaran Enterobacter sakazakii. Pengumuman BPOM ini juga sekaligus membantah kabar yang sempat beredar bahwa beberapa merek susu mengandung Enterobacter sakazakii. Berikut merek susu formula yang telah diuji terhadap parameter E.Sakazakii oleh BPOM. Mayoritas yang diteliti adalah susu untuk bayi 0-1 tahun. Tetapi bukan berarti susu yang tidak tercantum dalam daftar ini tidak aman untuk dikonsumsi. Mereka yang beresiko terhadap infeksi bakteri E.Sakazakii di antaranya adalah bayi dengan sistem imun rendah seperti bayi neonatal (usia 7-28 hari) dan bayi yang lahir prematur.

 

TAHUN 2009  :

(NOMOR, NAMA SAMPEL, PRODUSEN KEMASAN NO BATCH/Exp Date, HASIL)

 

1 FRISIAN FLAG TAHAP I MD. 810409118005 PT. FRISIAN FLAG INDONESIA karton IPR SW 14 EXP.OKTOBER 2010 Negatif

2 SUSU LACTONA 1 MD. 810412070003 PT. MIROTA KSM INC karton 3KXA1 EXP.MEI 2010 Negatif

3 LACTOGEN – 1 ML. 810411051018 PT. NESTLE INDONESIA karton 828901894A EXP.JANUARI 2010 Negatif

4 LACTOGEN – 1 MD. 810413370001 PT. NESTLE INDONESIA karton 9071022711 EXP.JUNI 2010 Negatif

5 SUSU LACTOGEN 1 MD. 810413370001 PT. NESTLE INDONESIA karton 9038022731 EXP.MEI 2010 Negatif

6 SGM TAHAP I MD.810412270001 PT. SARI HUSADA karton 260109S1C EXP.JANUARI 2011 Negatif

7 VITALAC BL MD. 809010195008 PT. SARI HUSADA karton 011208VL2 EXP.DESEMBER 2010 Negatif

8 SUSU SGM 1 MD. 810412270001 PT. SARI HUSADA karton 301108S1C EXP.NOVEMBER 2010 Negatif

9 SGM – 1 MD. 810412270001 PT. SARI HUSADA karton 140608S1E EXP.JUNI 2010 Negatif

10 VITALAC – 1 MD. 810412259001 PT. SARI HUSADA karton 171208V1C EXP.DESEMBER 2010 Negatif

11 SGM TAHAP 1 MD. 810412270001 PT. SARI HUSADA karton 090209S1C EXP.PEBRUARI 2011 Negatif

TAHUN 2010 :

(NOMOR, NAMA SAMPEL, PRODUSEN KEMASAN NO BATCH/Exp Date, HASIL)

1 Anmum Infacare ML.510406002076 PT. Fontera Brand Indonesia Kaleng 12122009 EXP.11122011 Negatif

2 Frissian Flag 1 MD.810409118005 PT. Frisian Flag Indonesia karton UBI SW 16:01 EXP. Juli 2011 Negatif

3 Frissian Flag Tahap 2 MD.810309117005 PT. Frisian Flag Indonesia karton FKB TM 08.44 EXP. Des 2011 Negatif

4 Frissian Flag 123 Madu MD.807009128005 PT. Frisian Flag Indonesia karton EW4 EXP. Agustus 2011 Negatif

5 Frissian Flag Tahap 1 MD.810409118005 PT. Frisian Flag Indonesia karton RRT SW EXP.Feb 2012 Negatif

6 Frissian Flag Tahap 2 MD.810309117005 PT. Frisian Flag Indonesia karton EEO EXP. MARET 2012 Negatif

7 Frissian Flag Tahap 1 MD.810409118005 PT. Frisian Flag Indonesia karton HEHMZ EXP. Mei 2012 Negatif

8 Frissian Flag MD.810409118005 PT. Frisian Flag Indonesia karton UGJSW 11:10 EXP. Jul-12 Negatif

9 Frissian Flag 2 MD.810309117005 PT. Frisian Flag Indonesia karton YFKSW EXP.Dec 2011 Negatif

10 Frisian Flag Tahap I MD.810409118005 PT. Frisian Flag Indonesia karton QDO SW EXP.JUNI 2011 Negatif

11 Frisian Flag Tahap I MD.810409118005 PT. Frisian Flag Indonesia karton IBD EXP.OKTOBER 2010 Negatif

12 Fresian Flag Coklat MD.805309148005 PT. Frisian Flag Indonesia karton RLM Negatif

13 Frisian Glag Madu MD.805309152005 PT. Frisian Flag Indonesia karton LDD Negatif

14 Sun baby Tomat Wortel MD 810110042188 PT. Gizindo Prima Nusantara karton P806:53/ 11 Des 2011 Negatif

15 Bubur Bayi Sun Sari Buah 6 Bulan MD 810110042188 PT. Gizindo Prima Nusantara karton P209,07/ 12 Maret 12 Negatif

16 SUN Beras Merah MD 810110030188 PT. Indofood CBP Sukses Makmur karton – / 10 Mei 2012 S2 Negatif

17 Indomilk Coklat Instant MD.805309086015 PT. Indolakto karton 09P2410J EXP. Mei 2012 Negatif

18 Indomilk Full Cream MD.805309085015 PT. Indolakto karton 08P1710J EXP. Mei 2012 Negatif

19 Indomilk Susu Bubuk Full Cream MD.805309087015 PT. Indolakto karton 4,150609003 Negatif

20 Morinaga BMT Platinum 0-6 Bulan MD 510410016989 PT. Kalbe Morinaga Indonesia Kaleng 09Z1305KB21 EXP. 28 Dec 11 Negatif

21 Chilmil MD.810310020989 PT. Kalbe Morinaga Indonesia karton 09V2502KA31 EXP. 04 Mar 11 Negatif

22 BMT Motinaga MD.810410019989 PT. Kalbe Morinaga Indonesia karton 09X2804KA11 EXP. 2 Mei 2011 Negatif

23 Morinaga BMT Platinum MD.510410016989 PT. Kalbe Morinaga Indonesia Kaleng 09Y0903KB31 EXP.11-12-2011 Negatif

24 Enfamil ML.810411076019 PT. Mead Johnson karton 19SEP092011JJS0929 EXP.19-Mar-11 Negatif

25 Enfamil ML.810411076019 PT. Mead Johnson karton 0033JJS0930 EXP.19 Maret 2011 Negatif

26 Lactona MD.810412070003 PT. Mirota KSN karton OKLN2 EXP.11-2011 Negatif

27 Lactogen 2 MD.810313376001 PT. Nestle Indonesia karton 9365022731 EXP. Maret 2011 Negatif

28 Lactogen 2 MD.810313376001 PT. Nestle Indonesia karton 9343022731 EXP. Maret 2011 Negatif

29 Dancow 1+ Rasa Madu MD.807013337001 PT. Nestle Indonesia karton 41022771 EXP. Mei 2011 Negatif

30 Dancow Nutrigold 1+ MD.807013372001 PT. Nestle Indonesia karton 00980227G1 EXP. Juli 2011 Negatif

31 Lactogen Gold 1 MD.810413370001 PT. Nestle Indonesia karton 105022711 EXP. Juli 2011 Negatif

32 Dancow Full Cream Milk Powder MD.805313199001 PT. Nestle Indonesia karton 01360227E1 EXP. Nov 2011 Negatif

33 Lactogen Gold 2 MD.810313369001 PT. Nestle Indonesia karton 0117022711 EXP.Juli 2011 Negatif

34 Lactogen Susu Formula Lanjutan MD.810313369001 PT. Nestle Indonesia karton Jan-38 EXP. Apr 2011 Negatif

35 NAN Nestle HA 1 ML.510412013040 PT. Nestle Indonesia Kaleng 00640017KMAN 05.03.2010 EXP.05.03.2010 Negatif

36 AL 110 Nestle ML.50702004079 PT. Nestle Indonesia Kaleng 00610346AAMAN0203 2010 EXP.02032012 Negatif

37 Lactogen 2 MD.810313369001 PT. Nestle Indonesia karton 0012022721 EXP. Apr-2011 Negatif

38 Lactogen 2 MD 810313369001 PT. Nestle Indonesia karton 9311022711/ Feb 2011 Negatif 39 Nestle Beras Merah MD 610113237001 PT. Nestle Indonesia Sachet 93520227k12/ Nov 2010 Negatif

40 Lactogen 1 MD 810413370001 PT. Nestle Indonesia karton 26022711/April 2011 Negatif

41 Lactogen Gold 2 MD 810313369001 PT. Nestle Indonesia karton 004702271/ Mei 2011 Negatif

42 Lactogen 2 MD 810313369001 PT. Nestle Indonesia karton 0072022711/ juni 2011 Negatif

43 Lactogen Susu Formula 2 Lanjutan MD 810313369001 PT. Nestle Indonesia karton 0012022722/JUNI2012 Negatif

44 Lactogen Gold 1 MD.810413370001 PT. Nestle Indonesia karton 00 55022721 EXP. Mei 2011 Negatif

45 Nestle Lactogen 1 MD.810413370001 PT. Nestle Indonesia karton 0026022721 EXP.4-1-2011 Negatif

46 Nestle Lactogen 1 MD.810413370001 PT. Nestle Indonesia karton 936302271101:12 Negatif

47 Cerelac Nestle ML 810101001341 PT. Nestle Manufacturing Malaysia karton 93391135LE/032011 Negatif

48 Cerelac Beras Merah ML 8101011017145 PT. Nestle Manufacturing Malaysia karton 00311135LA/ 05/2011 Negatif

49 Bimbi Susu Formula Bayi MD.810413009417 PT. Netania kasih Karunia Pier karton B1L064008 EXP. 01 Maret 2012 Negatif

50 Bimbi Susu Formula Bayi MD.810413009417 PT. Netania kasih Karunia Pier karton B1L17150B EXP.Juni 11 Negatif

51 Nutrilon Hypo-allergenic ML.510402009035 PT. Nutricia Cuijk, Holland Kaleng 15-05-201041 EXP.15/11/2011 Negatif

52 Anlene Actifit Vanilla MD.808509391040 PT. Nutricia Indonesia karton F10NOV093149 Negatif

53 Bebelac susu formula MD.810409335040 PT. Nutricia Indonesia Sejahtera karton 9974002 EXP.’APRIL 2011 Negatif

54 Nutrilon I MD.810409288040 PT. Nutricia Indonesia Sejahtera karton 9905002 EXP.APRIL 2011 Negatif

55 SGM 1 MD.810412270001 PT. Sari Husada karton 040110S1C EXP. 1-Jan-2012 Negatif

56 Vitalac 1 MD.810412259001 PT. Sari Husada karton 80709V1C EXP.JUNI 2011 Negatif

57 Vitalac 1 MD.810412259001 PT. Sari Husada karton 070709V1C Negatif

58 SGM 1 MD 810412270001 PT. Sari Husada karton 201009SIE/ Okt 11 Negatif

59 SGM Prenutrisi MD 810412270001 PT. Sari Husada karton 211209SIE/ Des 2011 Negatif

60 SGM Prenutrisi 0-6 Bulan MD 810412270001 PT. Sari Husada karton 080410SIE/ Apr 12 Negatif

61 SGM MD 810412270001 PT. Sari Husada karton 150510SIE/ Mei 2012 Negatif

62 SGM Prenutrisi 2 Lanjutan MD.810312271001 PT. Sari Husada karton 30010052G Negatif

63 Vitalac Susu Formula Bayi MD.810412259001 PT. Sari Husada karton 220310V2E/MAR2012 Negatif

64 SGM BBLR MD.81021094008 PT. Sari Husada karton 120210BRA/022012 Negatif

65 Vitalac MD.810412259001 PT. Sari Husada karton 230410V3D Negatif

66 SGM MD.809012327001 PT. Sari Husada karton 150310BPC/MAR2012 Negatif

67 SGM Prenutrisi 1 MD.810412270001 PT. Sari Husada karton 291109SIC032171 Negatif

68 SGM 1 MD.810412270001 PT. Sari Husada karton 291209S11 EXP. Des 2011 Negatif

69 SGM Presinutri MD.810412270001 PT. Sari Husada karton 251009S1C EXP.Okt 2011 Negatif

70 SGM 2 MD.810312271001 PT. Sari Husada karton 211109S26 EXP.1 Nov 2012 Negatif

71 SGM 1 MD.810412270001 PT. Sari Husada karton 030110S1C EXP.JANUARI 2012 Negatif

72 SGM Presinutri 3 MD.810312271001 PT. Sari Husada karton 250410S2G EXP. April 2012 Negatif

73 SGM 4 Rasa Madu MD.807012263001 PT. Sari Husada karton 270404ML EXP. April 2012 Negatif

74 SGM 3 Eksplor Rasa Vanilla MD.807012266001 PT. Sari Husada karton 110510SVI EXP. Mei 2012 Negatif

75 SGM Prenutrisi 1 MD.810412270001 PT. Sari Husada karton 130610S1C EXP.Juni 2012 Negatif

76 SGM LLM MD.809012327001 PT. Sari Husada karton 250510LMC EXP. Mei 2012 Negatif

77 SGM BBLR MD.810412328001 PT. Sari Husada karton 280310BRI EXP. Mar-12 Negatif

78 SGM 2 MD.810312271001 PT. Sari Husada karton 121209526 EXP.Des 2011 Negatif

79 Vitalac 2 MD.810312260001 PT. Sari Husada karton 260109V2A EXP. 2011 Negatif

80 SGM Presinutri 1 MD.810412270001 PT. Sari Husada karton 240110SIE EXP.1-1-2011 Negatif

81 SGM Presinutri MD.810412270001 PT. Sari Husada karton 090210S1C EXP.02 – 2011 Negatif

82 SGM Presinutri MD.810412270001 PT. Sari Husada karton 230310S1C EXP.01 Maret 2011 Negatif

83 Vitalac 1 MD.810412259001 PT. Sari Husada karton 230809V1C EXP.Agustus 11 Negatif

84 SGM Presinutri 1 MD.810412270001 PT. Sari Husada karton 241209S1C EXP.1211 Negatif

85 SGM LLM MD.809012327001 PT. Sari Husada karton 13021DLMC EXP.2-1-2012

86 Nutricia Bebelac 1 MD.255610214112 PT. Serena Indo Pangan Industri karton S19495 Negatif

87 SGM BBLR MD.810210194008 PT. Sugizindo untuk PT. Sari Husada karton 270909BRE EXP. September 2011

Negatif 88 SGM 2 MD.810312271001 PT. Sugizindo untuk PT. Sari Husada karton 051209S2A EXP. Des 2011 Negatif

89 Vitalac Bebas Lactosa MD.809010195008 PT. Sugizindo untuk PT. Sari Husada karton 13021OVLC EXP.01/02/2012 0.248 Negatif

90 Vitalac MD.810310190008 PT. Sugizindo untuk PT. Sari Husada karton 170509VIC EXP. Mei 2011 Negatif

91 SGM BBLR MD.810210194008 PT. Sugizindo untuk PT. Sari Husada karton 270110BRC EXP.Jan 2012 Negatif

92 SGM BBLR MD.810210194008 PT. Sugizindo untuk PT. Sari Husada karton 270110BRE EXP.Jan 2012 Negatif

93 S-26 Tahap 1 MD.8810417018124 PT. Wyeth Indonesia karton ON06E2 Negatif

94 S-26 Gold ML.510417001245 PT. Wyeth Nutrisional Singapore Kaleng 19042010OE19B107.209 Negatif

95 S-26 Tahap 1 ML.810417013124 PT. Wyeth Nutrisional Singapore karton 9V13D2 EXP.12 062011 Negatif

96 Lactona MD.810412070003 PT.MIROTA KSM karton 2KLS3 EXP.1011 Negatif

97 S-26 Tahap 1 ML.810417018124 Wyeth Nutritionals (Singapore ) Pte. Ltd karton 9V30D1 EXP.29-6-2011 Negatif

98 S-26 Gold Tahap 1 ML.510417001245 Wyeth Nutritionals (Singapore ) Pte. Ltd Kaleng OA20B1 EXP.19012012 Negatif

99 S-26 ML.810417018124 Wyeth Nutritionals Ireland karton 9L16D1 EXP.PEBRUARI 2011 Negatif

TAHUN 2011 (Sampai Februari)

(NOMOR, NAMA SAMPEL, PRODUSEN KEMASAN NO BATCH/Exp Date, HASIL)

1 BIMBI LOLA RENDAH LAKTOSE MD.810413009417 PT. Netania Kasih Karunia PIER karton BLL 051308 EXP.4/1/2012 Negatif

2 Neosure ML.510415007019 Abott Laboratories Kaleng 9210Q401 Negatif

3 Enfamil A+ ML.810411066019 Mead Johnson Nutrition (Philippines) karton 1550 JLCO915 Negatif

4 Pre NAN ML.510202002079 Nestle Netherland Kaleng 02320346AC Negatif

5 NAN 1 ML.510402003079 Nestle Netherland Kaleng 00960346AD Negatif 6 NL-33 MD.510710017989 PT Kalbe Morinaga Indonesia Kaleng 10X0501KB31 Negatif

7 Morinaga BMT MD.810410019989 PT Kalbe Morinaga Indonesia karton 10T1403KA11 Negatif

8 Lactogen Gold MD.810413370001 PT Nestle Indonesia karton 0091022711 Negatif

9 Nutricia Nutrilon Royal MD.810409408040 PT Nutricia Indonesia Sejahtera karton 1910211 Negatif

10 Nutricia Nutrilon MD.810409288040 PT Nutricia Indonesia Sejahtera karton 9905491 Negatif

11 Bebelac 1 MD.810409335040 PT Nutricia Indonesia Sejahtera karton 0975141 Negatif

12 SGM BBLR MD.810412328001 PT Sari Husada karton 121010BRC Negatif

13 Vitalac Step 1 MD.810412259001 PT Sari Husada karton 210210 V1E Negatif

14 SGM LLM MD.809012327001 PT Sari Husada karton 120210LME Negatif

15 SUSU FORMULA BAYI BIMBI 1 MD.8091213010417 PT. Netania Kasih Karunia PIER, Pasuruan karton B1L244008 EXP.Des 2012 Negatif

16 SUSU BIMBI LOLA MD. 809213010417 PT. Netania Kasih Karunia PIER, Pasuruan karton BLL04130B EXP.2/12/2011 Negatif

17 SUSU FORMULA BAYI SGM PRENUTRISI MD810412270001 PT.SARI HUSADA karton 03121OS1E EXP.Des 12 Negatif

18 S-26 ML.810417018124 Wyeth Nutritional karton 0N05D2 Negatif

 

Catatan:[Penting] Sebelum melihat, membaca atau menonton vidio yang ada di situs ini, perlu memahami bahwa situs ini bukanlah situs Ramalan, gotak gatik matuk atau Paranormal,detil penjelasan sbb Beda Paranormal VS Hamba Allah


Susu Bakteri terjadi  10-2-2011:: peristiwa ini membentuk 1+0+2+2+0+1+1=7 sebagai bagian dari peringatanNya di muka bumi agar manusia senantiasa mendekatkan diri padaNya, sebab jika A=1, B=2 … sakazakii=88 sebagai bagian dari memori kembar yang unik dan khas,

Tujuh adalah memori Surat Al-Quran yang berjumlah Tujuh dengan pola 22

Sebuah pesan 22 yang universal, terdapat pada tujuh surat yang memiliki pola 22, seperti tabel dibawah initujuh_surat_22Dan yang paling nyata tentang 22 ini adalah surat Muhammad yang ditakdirkan olehNya aagm_22cover_22_surat_muhammad

merupakan peringatan bagi umat manusia, jumlahnya 154 merupakan memori

[15:4] Dan Kami tiada membinasakan sesuatu negeripun, melainkan ada baginya ketentuan masa yang telah ditetapkan.

dan deretan 1+2+3+4….+22=253, merupakan memori

[25:3] Kemudian mereka mengambil tuhan-tuhan selain daripada-Nya (untuk disembah), yang tuhan-tuhan itu tidak menciptakan apapun, bahkan mereka sendiri diciptakan dan tidak kuasa untuk (menolak) sesuatu kemudharatan dari dirinya dan tidak (pula untuk mengambil) suatu kemanfaatanpun dan (juga) tidak kuasa mematikan, menghidupkan dan tidak (pula) membangkitkan.

Baik jumlah 154 maupun 253 membentuk 1+5+4=10 dan 253 juga membentuk 2+5+3=10 merupakan simbol dua jari manusia yang berjumlah 10 dengan memori yang unik Sebagai bagian dari keberadaanNya di muka bumi, quran surat ke 10 berisi 109 ayat yang membentuk 1+0+1+0+9=11 (SEBELAS) sebagai salah satu kunci kitabNYa

Kunci sebelas dari al-quran merupakan sebuah pola yang teratur dan indah terbingkai dalam rentetan makna yang dalam yaitu jumlah digit dari semua surat di alquran yaitu digit nomor surat dan digit ayat di jumlahkan, maka hasil terbanyak adalah SEBELAS dari jumlah yang SEBELAS, seperti di tabel dibawah ini

sebelas_11_

Keajaiban dari numerikal 11 membentuk pola jumlah dgiti nosurat dan ayat terbanyak berisi SEBELAS dari semua pola yang ada, hal ini menunjukkan adanya PENEKANAN khusus akan makna SEBELAS ini.

Sekali lagi hitung keteraturan ini, bahwa no surat  digitnya di jumlahkan 1+0+1+3+1+7+1+8+2+0+3+1+6+3+9+0+1+0+2+1+0+5+1+0+6=62 dan jika ayatnya dijumlahkan keseluruhan berjumlah 59 yang terdiri dari semua jumlah ayatnya, 1+0+9+4+3+1+1+1+1+1+0+1+3+5+3+4+1+1+2+0+8+5+4=59, sehingga keseluruhan digit yang membentuk 62 dan 59 adalah 6+2+5+9=22…..

Sebagai numerikal yang khusus numerikal 11, bahwa semua bilangan sampai 11 berjumlah 66 = 1+2+3+4+5+6+7+8+9+10+11,dan 66 adalah bentuk pokok penting dari ketuhanan, sebagai satu-satunya surat yang memiliki pola nosurat+jumlah ayat=66 adalah surat ke 14 berisi 52 ayat, surah ibraahiim sebagai bapak Tauhid di tempatkan di no surat ke 14 dan berisi 52 ayat, sesehingga 66=14+52 merupakan salah satu konsep ketuhanan yang penting akan arti Tauhid. Arti 66 sebagai Numerikal yang berarti bahwa dengan memurnikan Tauhid, maka manusia akan selamat, tertuang dalam vidio dalam era modern sebagai kisah nyata dengan bukti lengkap di abad modern

Apakah yang Terjadi Setelah Heboh Susu Formula Berbakteri ?


 Terjadi di tgl kembar kejadian demi kejadian terjadi, Di Dunia peristiwa dahsyat di tgl kembar agar mudah di ingat terjadi di tahun 2011, dimulai Banjir Australia 11-1-2011, gempa selandia baru 22-2-2011, Tsunami Jepang 11-3-2011, Gempa Spanyol 11-5-2011 dan tornado dahsyat 22-5-2011.

waspada_terhadap_kembar_terbukti_2011

Bendera Biru terjadi Tsunami Jepang di Negeri Biru, sebelumnya  Gempa Dahsyat Selandia Baru 22-2-2011, Gempa dahsyat selandia baru 22-2-2011 membentuk 2+2+2+2+0+1+1=10 merupakan sebuah deretan yang unik 1+2+3+…+10=55, dimana 6 hari setelahnya di Indonesia terjadi wisma antara terbakar 28-2-2011, tiada lain jika A=1, B=2 … ANTARA=55, hingga 11 hari berikutnya terjadi Tsunami dahsyat Jepang

wisma_antara_terbakar_28_2_2011_11_hari_setelahnya_tsunami_japan_11_3_11

Antara Tsunami Aceh dan Tsunami Jepang


Tsunami Aceh, minggu 26-desember-2004, setelah itu terjadi tsunami jepang tgl 11-3-2011, sebuah rentang 2266 hari dari waktu terjadi antara dua tsunami tersebut.tsunami_aceh_dan_tsunami_jepangAjaib … sekali lagi ajaib bahwa Tsunami Jepang terjadi dalam rentang 2266 (99×22+88) hari Tsunami Aceh, dua kejadian Tsunami yang merupakan bagian dari peringatanNya di muka bumi, sebagai deretan yang unik dan khas perhatikan:

Deretan 1+2+3….+10=55 kemudian 1+2+3+4….+11=66 dan deretan 1+2+3+…+66=2211, rentang kedua dua tsunami dahsyat yang terjadi adalah 2266 hari sebagai rentang 2211+55 yang merukan deret jumlah 10=55 dan deretan jumlah 66=2211

Apakah yang terjadi dengan deretan 10 dan 66 ini ?


Dari deretan Ajaib … sekali lagi ajaib bahwa Tsunami Jepang terjadi dalam rentang 2266 (99×22+88) hari Tsunami Aceh, dua kejadian Tsunami yang merupakan bagian dari peringatanNya di muka bumi, sebagai deretan yang unik dan khas perhatikan: Deretan 1+2+3….+10=55 kemudian 1+2+3+4….+11=66 dan deretan 1+2+3+…+66=2211, rentang kedua dua tsunami dahsyat yang terjadi adalah 2266 hari sebagai rentang 2211+55 yang merukan deret jumlah 10=55 dan deretan jumlah 66=2211

10 dan 66 ini, ambil masing-masing digitnya yakni 1+0+6+6=22 sama dengan waktu terjadinya gempa

Tsunami jepang yang terjadi hari jumat tgl 11 maret 2011 yang didahului oleh gempa besar terjadi pkl 14:46:23, 11 Maret 2011 atau di indonesia menjadi 12.46, sebuah ilustrasi dari Tsunami ini tgl-bln-thn-jam-menit menjadi 11-maret 2011 pkl 12.46 WIB yang membuat sebuah arti 1+1+3+2+0+1+1+1+2+4+6=22.

Pesan Ajaib dari kejadian ini termuat pada 10 dan 66 yang membentuk 22 tersurat pada al-quran surat ke 10 ayat ke 66

[10:66] Ingatlah, sesungguhnya kepunyaan Allah semua yang ada di langit dan semua yang ada di bumi. Dan orang-orang yang menyeru sekutu-sekutu selain Allah, tidaklah mengikuti (suatu keyakinan). Mereka tidak mengikuti kecuali prasangka belaka, dan mereka hanyalah menduga-duga.

Perhatikan jika memakai waktu jepang yaitu 11-3-11 pkl 14.46 terjadi gempa, tidak-kah 1+1+3+1+1+1+4+4+6=22 juga, sebuah 22 yang terangwaspada_terhadap_kembar_terbukti_2011

Di Dunia peristiwa dahsyat di tgl kembar agar mudah di ingat terjadi di tahun 2011, dimulai Banjir Australia 11-1-2011, gempa selandia baru 22-2-2011, Tsunami Jepang 11-3-2011, Gempa Spanyol 11-5-2011 dan tornado dahsyat 22-5-2011.

Tsunami yang terjadi 11-3-2011 membentuk 1+1+3+2+0+1+1=9, sebagai memori quran surat ke 9    Surah At-Taubah    التوبة‎‎    Pengampunan, agar manusia mendekatkan diri padaNya dan lebih detil adalah bukti “WASPADA yang KEMBAR”, yang pernah di tuliskan sebelumnya.

waspada_kembar_dunia

Deretan kembar agar mudah di-ingat, sebelumnya juga terus terjadi

wisma_antara_terbakar_28_2_2011_11_hari_setelahnya_tsunami_japan_11_3_11Dan terus terjadi …

lonceng_alam_semesta_halo_matahari_yogya_4_jan_2011_66_hari_kmdn_tsunami_jepang_11_3_2011

Tsunami jepang terjadi dalam prepektif setelah jumatan di Indoensia tgl 11-3-2011 pkl 12.46 WIB membentuk 1+1+3+2+0+1+1+1+2+4+6=22 yang, baik sebelumnya terjadi deretan kembar agar mudah di-ingat dan setelahnya 2-4-2011 Terjadi Kebakaran hebat di kilang terbesar di Indonesia

Sabtu, 02/04/2011 05:22 WIB Blarr! Ledakan Keras Terdengar dari Kilang Minyak Cilacap. Kebakaran sangat besar, sesuai dengan berita dibawah ini: Kilang Pertamina Cilacap Terbakar

Ada apa dengan deretan 22 yang runtun ini ?


Dua kejadian itu hanya berjarak 22 hari satu dengan yang lain, ketika gempa jepang terjadi tgl 11-maret-2011, maka tepat 22 hari setelah itu, tepat tgl 2-April-2011 terjadilah kebakaran hebat pada kilang minyak tsb, Warga Sekitar Lokasi Kilang Pertamina Mengungsi.

Sebagai numerikal yang khusus numerikal 11, bahwa semua bilangan sampai 11 berjumlah 66 = 1+2+3+4+5+6+7+8+9+10+11,dan 66 adalah bentuk pokok penting dari ketuhanan, sebagai satu-satunya surat yang memiliki pola nosurat+jumlah ayat=66 adalah surat ke 14 berisi 52 ayat, surah ibraahiim sebagai bapak Tauhid di tempatkan di no surat ke 14 dan berisi 52 ayat, sesehingga 66=14+52 merupakan salah satu konsep ketuhanan yang penting akan arti Tauhid. Arti 66 sebagai Numerikal yang berarti bahwa dengan memurnikan Tauhid, maka manusia akan selamat, tertuang dalam vidio dalam era modern sebagai kisah nyata dengan bukti lengkap di abad modern

 

Kliping Berita

Detik-detik Meninggalnya Menkes Endang Rahayu

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Menteri Kesehatan Endang Rahayu Sedyaningsih menghembuskan nafas terakhirnya pada pukul 11.41 WIb, Rabu(2/5/2012) karena penyakit kanker paru. Sebelum wafat Menkes berjuang melawan penyakitnya, tidak sebentar Menkes bertahan dalam sakitnya.

Awal terdeteksi penyakit itu adalah sewaktu Menkes menjalani “check-up” (pemeriksaan) kesehatan rutin pada bulan Oktober 2010. Dari pemeriksaan lebih lanjut itulah ditemukan adanya kanker di tubuh Menkes.Setelah menerima berita tersebut, Menkes mengaku telah melaporkan kondisinya ke Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan menerima dukungan untuk berobat.

Menkes pun mengupayakan pengobatan di RSPAD, RS Gading Pluit dan rumah sakit di luar negeri. Ketika itu, Menkes menyatakan tidak ada kelonggaran yang diberikan dalam menjalankan tugas kementerian meskipun ia menderita kanker yang menyerang paru-parunya itu. Hampir dua tahun lebih Menkes mengidap kanker paru, akhirnya ia harus dirawat secara intensif di RSCM pada Selasa(17/4/2012).

Direktur Utama Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Profesor Akmal Taher saat itu membenarkan Menkes Endang Rahayu Sedyaningsih dan saat ini tengah dirawat. Namun Akmal mengaku tak tahu persis sejak kapan Endang Rahayu menjalani perawatan. “Sejak kapannya saya tidak tahu. Yang jelas, beliau sekarang beristirahat (di RSCM),” ujarnya.

Lama dirawat di RSCM, Menkes Endang pun meminta mundur dari jabatan menteri. Presiden SBY pun ketika itu sempat menjenguk dan mengumumkan pengunduran diri Menkes Endang Rahayu Sedyaningsih. Rupanya, Endang sudah merasakan bahwa usianya tidak lama ketika itu. Hampir dua minggu Menkes dirawat di RSCM namun tidak kunjung membaik, bahkan tim dokter RSCM pada Selasa(1/5/2012) menyatakan kondisi Menkes terus menurun. Seharian penuh keluarga saat itu langsung menjenguk ke RSCM. Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan, yang kemarin malam menjenguk Menteri Kesehatan Endang Rahayu Sedyaningsih, di RSCM Kencana mengatakan berdasarkan keterangan suami Endang, Reanny Mamahit, Dahlan mengatakan Mantan Menkes tersebut telah koma, sejak Selasa pagi.

“Beliau, menurut suaminya, sudah koma sejak kemarin pagi, habis subuh,” demikian Dahlan Iskan mengatakan kepada Tribun, Jakarta, Rabu (2/5/2012). Akhirnya, tak kuasa menahan penyakitnya, Menkes Endang akhirnya dipanggil sang khalik tepat pada pukul 11.44 WIB. Kesimpulan hasil pemeriksaan menyeluruh yang dilakukan tim dokter RSCM menemukan Menkes memerlukan pengobatan berupa radioterapi atau radiasi secara serial. Selain radioterapi, dilakukan pula pemantauan kondisi darah dan metabolisme untuk meningkatkan stamina atau kondisi tubuh.

“Kita sudah melakukan yang terbaik untuk ibu, tapi Tuhan berkehendak lain,” kata Dirut RSCM, Akmal Taher, Rabu(2/5/2012).

 

Satu pemikiran pada “[Misteri Ilahi] Heboh Susu Formula Berbakteri

Komentar ditutup.