~Kisah Di Balik Jatuhnya Adam Air~

adam_air_jatuhHari-hari menjelang setahun di temukannya kotak hitam adam air, maka indonesia di kejutkan play_vidio_youtubedengan bocornya rekaman adam air. Paling tidak, ada 2 versi, yakni,


Minggu, 03/08/2008 07:00 WIB Percakapan Cockpit AdamAir KI 574 dalam Laporan KNKT
Nograhany Widhi K – detikNews Dalam laporan itu juga dicantumkan transkrip beberapa bagian percakapan pilot Capten Revri Agustian Widodo dan kopilot Yoga. Laporan itu bisa diunduh di website KNKT. Berikut beberapa bagian percakapan itu yang diterjemahkan dalam bahasa Indonesia, Minggu (3/8/2008) karena laporan KNKT menggunakan bahasa Inggris. Waktu percakapan dalam transkrip 06:56:55.2 Universal Time Coordinate (UTC) atau sekitar pukul 13.56 WIB.

Pilot (P) : Taruh di IRS attitude
Kopilot (K) : Oke Capt
P : Masukkan, P : Masih fail, K : Fail, P : Ada fault. Pilih attitude, K : mengalihkan ke mode IRS, P : Attitude left, K : Left, P : Setelah ini heading set ya, masukin ya..

Suara autopilot mati 4 detik berikutnya. Berikutnya, lanjutan transkrip yang diambil antara 06:47:10 UTC – 06:50:21 UTC atau pukul 13.47 WIB-13.50 WIB. Dalam percakapan ini terungkap bahwa sistem IRS tidak berfungsi.

P : Lihat QRH. Kalau IRS nomor 2 mati, lihat ada apa., K : IRS, P : Navigasi, FMS (Flight Management System, komputer di cockpit yang berfungsi mengatur penerbangan dari pesawat tersebut), lihat FMS-nya., K : IRS fault, P : Eleven four, itu nggak fault, K : Itu nggak fault, P : IRS-nya salah, K : Tapi faultnya harus dinyalakan Capt, P : Iya, itu nggak fault, K : Yes, on the ground flight, K : Yang satu ini on the ground, K : IRS fault eleven four, P : Itu nggak fault, K : No..no..no..

Ada kata-kata ‘flight’ yang terekam, namun investigator tidak bisa memastikan siapa yang mengucapkan kata itu.

K : Yang left bagus, P : Ya, itulah kenapa, P : Bisakah kita mematikan salah satu IRS?, K : Sepertinya nggak perlu, P : Nggak ada apa-apa
P : Nggak ada apa-apa, K : Radial, two nine zero, yup

06:58:10.6 UTC atau sekitar pukul 13.58 WIB, suara peringatan ‘Bank angle’ berbunyi 4 kali.

P : Taruh NAV lagi, taruh NAV lagi, K : Yes, P : Taruh di NAV lagi, taruh NAV lagi, Ada suara peringatan ‘Altitude Deviation’., K : NAV
P : Jangan dibelokkan! Ini heading kita, K : Hentikan! Hentikan! Hentikan! Hentikan! Hentikan! Hentikan!

Berikutnya, terdengar suara berdebam-debam keras terekam pada 06:59:05 UTC atau pukul 13.59 WIB.(nwk/nwk)


adam_air_jatuh_1_1_2007_simbol_99Sedangkan versi yang ada videonya sedikit ada tambahan tentang panggilan nama Allah, sebagaimana berikut ini :

Minggu, 03/08/2008 06:30 WIB
Percakapan dalam Rekaman AdamAir 574 yang Tidak Asli
Nograhany Widhi K – detikNews Berikut transkrip percakapan yang dinyatakan tidak asli itu. Transkrip ini diambil dari rekaman yang beredar di internet. Percakapan ini merekam komunikasi radio di kokpit AdamAir KI 574 bernomor registrasi PK-KKW, dengan Air Traffic Control (ATC) atau pengendali lalu lintas udara Bandara Hasanuddin, Makassar.

Pilot (P) : Ini… P : Headingnya…..ini posisinya dia, di sono….Kopilot (K): Iya ..P : 21 mile..P : Ujung Pandang….?K : Yes??P : Ujung Pandang jelas? P : Haiyyah…. cuaca di Mike Kilo Sierra (MKS=Makassar) ampun deh…! P : Loh, ini DME (Distance Measuring Equipment, alat bantu penentu jarak)-nya diyee… ??? K : Iya… makanya itu, Capt….ngaconya disitu! P : Bukan, Ini Mike Kilo Sierra? K : Iya. P : Tapi…

ATC kemudian memanggil

ATC : Adam 574 confirm maintain heading 070 or tracking to DIOLA? P : Adam 574, affirm, maintaining 070. P : Berarti ga jelas….
K : Bearing 074, mach 74…. P : Anginnya dah mulai normal lagi ? K : Iyah…… K: Syahrizal confirm? selamat tahun baru, Mas. ATC : Gatut, ok dicopy, disampaikan nanti, Insya Allah. P : Gue liat tadi, kok DME-mu beda sama DME gambarnya ini? K : Iya…. Ngaco ni,Capt….bener… P : Dah ngaco dah, emang …dah ngaco. Udah mulai kapal bambu deh. Mendingan kita percaya ama ini aja deh…hehehe…K : Hehe..iyalah..Ga bisa..siapa-siapa nih….P : Makanya… K : Terlalu jauh banget

Terdengar suara gemuruh

P : Salah lagi ini dia..K : Iya nih… Ccck! P : Coba.. tolong confirm posisi aja… K : Oke! P : Confirm on radial sekian.. 124 DME gitu

Terdengar Kopilot memanggil ATC

ATC : Go ahead K : I don’t have position..confirm radio..contact to radio 307… ATC : Roger… Adam 574 position is 125 miles Mike Kilo Sierra, crossing radial 307 Mike Kilo Sierra K : Ok….. that’s confirm… that’s confirm. Affirm. K : Iya kan.. ngaco P : Ngaco. FIDS (Flight Information Display System)-nya udah, FMS (Flight Management System, komputer di cockpit yang berfungsi mengatur penerbangan dari pesawat tersebut)nya…FMS telah mengacaukan dirinya sendiri… Uedan opo(Gila apa)…Oi terbangnya melanglang buana’e….
K : Manual aja,Capt..yah P : Coba ini.. apa.. ee.. gw pake ini aja deh terbangnya… pake IRS(Innertial Reference System)-nya taro di attitude
K : Yes K : Masuk ke…? P : Fail aja K : Fail? P : Yah, fault aja deh .. K : Fault aja ya…. P : Ni taro di attitude (ATT) aja nih K : Other’s more problems???P : Attitude nggak.. K : Yang left? P : Iya…Arah angin dan headingnya saja, masukin ini ya.. K : SELCAL dan Attitude?? P : Masukin ini K : Heading berapa nih,Capt? zero… zero seven nine yah?? P : Iya, masukin ini keatas K : Ini,Capt? P : taro NAV (Navigation) lagi….

Kemudian terdengar suara peringatan ‘Bank angle’ di cockpit pesawat (menandakan pesawat telah miring melewati 35 derajat) dua kali. Terdengar lagi suara ‘Bank angle’ dua kali., P: Taro NAV lagi, taro NAV lagi…. Latar belakang suara peringatan, alarm, suara seperti tombol ditekan K : Yes? P : Taro NAV lagi ! Suara ‘Bank angle’ dan alarm peringatan masih terdengar P : Taro NAV lagi ! K : NAV! Ok,Capt? P : Jangan dibelokin nih… Kita..!! (suara Pilot meninggi) K : Captain, captain, captain…(terdengar panik)

Terdengar suara kretek..kretek..

cover_adam_air_99K : Aduh Capt, Capt, Capt…. P : Iya, iya…! Cockpit: Allahu Akbar. Allahu Akbar.Allahu Akbar. Allahu Akbar.Mayday….. Argh..Allahu Akbar..Mayday.Mayday..Allahu Akbar. Terdengar suara kretek-kretek yang makin keras. “Argh..Allaaaaahu Akbaar..!”.
Dan terdengar suara bergemuruh hingga rekaman pun berhenti.(nwk/nwk)

Kisah DiBalik Adam Air Jatuh


AdamAir Jatuh membentuk rangkaian kembar yang dapat dengan mudah di-ingat, Jatuh tgl 1-1-2007 membentuk 1+1+2+0+0+7=11 berangkat dari Surabaya=88 sehingga semuanya adalah 99=11+88, Adam Air jatuh yang membentuk 11 dari kejadian tglnya adalah sebuah kejadian yang di tuliskan dan benar terjadi

 

Ada apa dengan SEBELAS ? Klik Penjelasan berikutnya

Halaman 1

Berikutnya Halaman Ke 2: …

sebelumnya

Apa yang Terjadi Setelah itu Semua ?

berikutnya
Iklan