Misteri Panser Amphibi Tenggelam di SituBondo

[Penting]

Sebelum melihat,  membaca atau menonton vidio yang ada di situs  ini, perlu memahami bahwa situs ini bukanlah situs Ramalan, gotak gatik matuk atau Paranormal,detil penjelasan sbb  Beda Paranormal VS Hamba Allah


Sadar atau tidak rangkaian panjang masalah TNI/POLRI selalu banyak muncul di permukaan, entah POLRInya dulu atau TNI-nya. Terbaru adalah berita Minggu, 03/02/2008 12:03 WIB , Tank Amphibi Karam di Laut Situbondo, Diduga 6 Marinir Tewas

6 MARINIR TEWAS TENGGELAM, Duka menyelimuti Korps Marinir. Enam prajuritnya tewas dan seorang lainnya masih hilang, saat mereka latihan tempur di Pantai Banongan, Situbondo, Sabtu (2/2) dini hari. Penyebabnya, usia panser amfibi sudah tua dan buruknya cuaca di lokasi latihan. Surabaya – Surya, Latihan tempur Korps Marinir di Pantai Banongan, Asembagus, Situbondo yang bersandi Armada Jaya XXVII/2008, menelan tewasnya enam prajurit dan seorang masih hilang. Peristiwa itu terjadi pada Sabtu (2/2) dini hari sekitar pukul 04.30 WIB, saat pasukan marinir beraksi dalam pendaratan pasukan amfibi di pagi buta itu menggunakan tank atau panser amfibi (pansam) jenis BTR-50P buatan Rusia tahun 1962.

Kejadian tenggelamnya tank amphibi,adalah, jika A=1, B=2 …Amphibi = 58 yang merupakan memori kejadian sebelum meninggal presiden Soeharto. Tank ini tenggelam setelah meninggalnya mantan presiden Soeharto., yang kala itu masih dalam masa berkabung 7 hari, merupakan sebuah iktibar yang dituliskan, Misteri Air Mata Soeharto (Menangis) Sebelum Meninggal Dunia

Di kota suci mekkah Misteri ‘Air Mata’ Tuhan di kota Suci Makkah  jamaah haji terakhir di sambut dengan banjir yang tidak biasanya hingga muncul numerikal 22, tiada lain Makkah membentuk 45 dan terjadi tgl 11-1-2008 membentuk 1+1+1+2+0+0+8=13 sehingga kesemuanya 58=45+13. Apakah arti 58 ini yang merupakan sebuah surat dalam quran yang memiliki ayat 22 (sebagai simbol 22 )

cover_soeharto_meninggal_22

Tertulis pula [Misteri Kematian Soeharto] Mengapa Tepat pkl 01.10 PM ?

Soeharto meninggal, beliau di beri hidup mulai lahir 8-6-1921 hingga meninggal 27-1-2008, pada hakikatnya adalah 31.644 hari dalam bahasa sederhana 3+1+6+4+4=18 dan nama soeharto, jika A=1, B=2 … soeharto=101 sehingga semuanya 119=101+18 yang merupakan arti dari 119 sebagai 1+1+9=11 sebagai SIKLUS SEBELAS

Makna SEBELAS sebagai siklus SEBELAS


siklus_sebelas2

Allah swt melalui kitabNya yakni kitab suci Al-Quran memberikan penekanan yang lebih pada numerikal 11 ini:

1) Kisah Yusuf yang memuat 11 :

, ketika Yusuf berkata kepada ayahnya: “Wahai ayahku , sesungguhnya aku bermimpi melihat sebelas bintang, matahari dan bulan; kulihat semuanya sujud kepadaku.” (QS 12:4)

2) Jumlah Surat dalam Al-quran memiliki 11 ayat berjumlah 5 surat (terbanyak bersama surat yang memiliki 8 ayat)

lima_surat_memiliki_11_ayat_

3) Jumlah surat AlQuran   terbanyak yang memiliki pola nosurat dan ayat digitnya berjumlah 11

sebelas_11_Penekanan numerikal 11 pada Al-quran merupakan sesuatu yang patut di jadikan sebuah pijakan akan arti 11 ini, terlebih jumlah surat yang memiliki pola digit 11 sebanyak 11 surat, tiada lain arti dari 11 ini cukup penting, total adalah 121=99+22, dan 99 ada pada tangan manusia

kebesaran-allah-swt-pada-telapak-tangan-manusiaArti 121 ini juga merujuk pada Quran surat ke 12 ayat 1, sebagai surat Yusuf (penjelasan diatas) yang ke 1 yang salah satunya menuliskan kode  alam semesta yaitu AlifLamRa, Jika Alif=1, Ba=2 maka AlifLamRa=34, sebegai catatan surat 34 (Saba’) berisi 54 ayat yang membentuk simbol 88=34+54, pegingat surat ke 88. AL GHAASYIYAH (PERISTIWA YANG DAHSYAT), memiliki 26 ayat sebagai lambang 88+26=114 adalah jumlah keseluruhan surat al-quran, berisi 5 surat

surat_114_5AlifLamRa juga berjumlah 5 surat

alif_lam_raa_62Numerikal 62 ini merujuka pada surat ke 62 yang berisi 11 ayat yang di terangkan diatas, sebagai salah satu surat dari 5 surat yang memiliki 11 ayat dan jumlah digitnya adalah 6+2+1+1=10,  sebagai 10 jari manusia yang memiliki telapak membentuk 99. Disamping itu 10 juga merujuk pada quran surat 10 memiliki 109 ayat sehingga 10+109=119 yang juga termasuk kelompok sebelas ayat yang memiliki pola jumlah digit =11 yakni 1+0+1+0+9=11. Kemudian jumlah 119 juga memiliki arti yang luas, sebagai makna 99 lagi.

119_menjadi_99

Telah diterangkan diatas arti 121=99+22, dan  ini juga  cukup signifikan karena satu-satunya Surat Al-quran yang memiliki pola nosurat+ayat=121 adalah surat 69 yang memiliki 52 ayat sehingga 121=69+52

69    Surah Al-Haqqah    الحآقّة    Hari kiamat    memilik 52

Jumlah digit dari surat Al-Haqqoh membentuk 6+9+5+2=22 yang merupakan salah satu dari tujuh surat yang memiliki pola samatujuh_surat_22Sebuah doa 22 yang pernah di panjatkan kepadaNya akan warning inidoa_22Sebelas  Surat yang bermakna digit 11 terbanyak dari surat lainnya, menunjukkan keteraturanNya dan penekanan makna, terlebih 11 surat berdigit 11 berjumlah 121, Arti 121 ini juga merujuk pada Quran surat ke 12 ayat 1, sebagai surat Yusuf (penjelasan diatas) yang ke 1 yang salah satunya menuliskan kode  alam semesta yaitu AlifLamRa dan  AlifLamRa juga berjumlah 5 surat masing-masing surat 10+11+12+14+15=62 sebagai makna surat ke 62 berisi 11 ayat yang membentuk jumlah digit 6+2+1+1=10 merepresentasikan makna 10 jari manusia yang unik, hingga surat 10 yang juga berdigit 11 merupakan surat berjumlah 109 sehingga makna yang dalam bahwa surat surat ke 10 berjumlah 109 menunjukkan makna 10+109=119, dan 4 surat alquran yang memiliki pola nosurat+ayat=119

119 adalah Makna Tidak Kekal


Ada apakah makna dari hal ini ? makna 119 tercatat pada 4 pola  quran yang memiliki ini

119_menjadi_99

Surat Alquran ke 10 berisi 109 ayat membentuk 119=10+109, kemudian surat ke 36 berisi 83 ayat sehingga 119=36+83, surat ke 83 berisi 36 ayat , membentuk 119=83+36, lalu surat ke 89 berisi 30 ayat membentuk 89+30=119, dan semua nomor surat tersebut berjumlah 10+36+83+89=218  hal ini pada ketetapanNya, bahwa manusia tidak-lah kekal sebagai iktibar bagi kita manusia, memori bahwa hidup tidaklah kekal abadi.

[21:8] Dan tidaklah Kami jadikan mereka tubuh-tubuh yang tiada memakan makanan, dan tidak (pula) mereka itu orang-orang yang kekal. (QS 21:8)

Ket: Kami tidak menjadikan rasul-rasul itu memiliki tubuh yang berbeda dengan tubuh manusia pada umumnya, seperti tahan hidup tanpa makanan berhari-hari, misalnya. Dan mereka bukanlah orang-orang yang hidup abadi di dunia.

Nomor surat dari bentuk pola 119 menujukkan keteraturan sebagai iktibar, yaitu 10,36,83,89 kesemuanya membentuk 1+0+3+6+8+3+8+9=38 yang tercatat di Quran sebagai Surat ke 38 (Shod) berisi 88 ayat.

[38:88] Dan sesungguhnya kamu akan mengetahui (kebenaran) berita Al Qur’an setelah beberapa waktu lagi***

Ket:***

Kebenaran berita-berita Al Quran itu ada yang terlaksana di dunia dan ada pula yang terlaksana di akhirat; yang terlaksana di dunia seperti kebenaran janji Allah kepada orang-orang mukmin bahwa mereka akan menang dalam peperangan dengan kaum musyrikin, dan yang terlaksana di akhirat seperti kebenaran janji Allah tentang balasan atau perhitungan yang akan dilakukan terhadap manusia.

Syaikh As Sa’diy berkata, “Surat yang agung ini mengandung peringatan yang bijaksana, berita yang besar, penegakkan hujjah dan dalil bagi orang-orang yang mendustakan Al Qur’an dan menentangnya, serta mendustakan orang yang membawanya, sekaligus pemberitahuan tentang hamba-hamba Allah yang mukhlas, balasan bagi orang-orang yang bertakwa dan orang-orang yang durhaka. Oleh karena itu Allah bersumpah di awalnya, bahwa ia mengandung peringatan dan di akhirnya Allah menyifatinya bahwa ia peringatan bagi alam semesta. Demikian pula Allah Subhaanahu wa Ta’aala memperbanyak peringatan di antara awal dan akhir surat, seperti firman-Nya, “Wadzkur ‘abdnaa”, “Wadz kur ibaadanaa”, “Rahmatan min indinaa wa dzikraa”, dan “Haadzaa dzikr.” Ya Allah, ajarilah kami darinya sesuatu yang tidak kami ketahui, ingatkanlah kami sesuatu yang kami lupa, baik lupa dalam arti lalai maupun meninggalkannya.

Huruf Shod adalah huruf yang ke 14, angka ini merujuk pada Surat ke 14 (Ibrahiim) berisi 52 ayat hingga 66=14+52 yang pada banyak pelajaran sebagai bapak Tauhid. Inilah muncul pada tahun 2010 dan tahun 2014
Contoh angka 14 yang lain adalah ketika Al-Quran di bakar di tgl 11, tepatnya 11-9-2010 yang membentuk 1+1+9+2+0+1+0=14, maka terdapat balasanNya

Ajakan Pemurnian Ajaran Tauhid


Didalam milis tersebut terdapatlah suatu ajakan untuk memurnikan ajaran Islam yang disebut sebagai bagian dari kepedulian ketauhidan. Setting latar belakang ajakan adalah gempa jogja  adalah sebuah berita & pengagungan berlebihan terhadap sosok juru kunci merapi saat itu karena beribahdah kepadaNya dengan memakai ‘perantara’ dan membakar kemenyan

hingga terjadi gempa Jogja tgl 27-mei-2006, dan Gempa ini. telah diperingatkan sebelum terjadinya.

Tahun 2006 berlalu, 2007, 2008, 2009 dst …peristiwa pembawa peringatan gempa jogja tetap di kenang dan salah satunya lewat doa 22 yang benar terjadi ketika letusan merapi membawa pesan 22 dari tgl+bln+thn+jam+menit membentuk 22 yang di warningkan hingga mbah marijan selaku tokoh nasional yang di sentralkan ikut menjadi korban, sebagai bagian dari peringatanNya

Bapak Tauhid yakni N. Ibrahim di abadikan oleh Allah swt di surat ke 14 yang memiliki ayat 52, sehingga sebagai satu-satunya surat yang memiliki pola surat+ayat=66, tiada lain tokoh nasional yang terkenal tahun 2006-2010 ikut menjadi korban, adalah jika A=1, B=2 MARIJAN=66.

Sekali lagi ingat surat 14 ini adalah salah satu surat alquran dari 5 surat berawal AlifLamRa yang kesemua surat berjumlah 62 (ingat Jika A=1B=2 … MERAPI=62) …. AlifLamRa, Jika Alif=1, Ba=2 maka AlifLamRa=34, sebegai catatan surat 34 (Saba’) berisi 54 ayat yang membentuk simbol 88=34+54, pegingat surat ke 88. AL GHAASYIYAH (PERISTIWA YANG DAHSYAT), ingatlaqh marijan dan waktu meletus membentuk 66+22=88, qurran surat ke 88 memiliki 26 ayat sebagai lambang 88+26=114 adalah jumlah keseluruhan surat al-quran,.

Sebuah kejaiaban dari kejadian ini bahwa MARIJAN=66 letusan merapi yang membuat beliau tewas …. tgl+bln_thn adalah 26-10-2010 membentuk 2+6+1+0+2+0+1+012… Ajaib bahwa Quran surat ke 66 berisi 12 ayat

Tersebutlah tgl 22-05-2006 atau 5 sebelum gempa yogya, maka para penggiat milis the_untold_stories melakukan penyebaran brosur tentang gempa yogya, hal ini tercatat & terbukti sebagai saksi yang tidak terbantahkan karena tgl catatan milist tsb tidak bisa diubah (baca Lawan mbah Marijan, Mon May 22, 2006 5:41 am) Berikut cuplikan isi press release ke media terkenal: JPbukti_lawan_mbah_marijanpress_MPT_bag_1press_MPT_bag_2
Bagi yang ingin mengetahui bagaimana penyebaran brosur di yogyakarta, seperti yang telah dituliskan diatas, silahkan kunjungi halaman ini (Inilah Kisah Nyata Pembawa Peringatan Sebelum Gempa Yogya 27-mei-2006) Sebuah doa yang berisi harapan agar semua dapat terhindar dari letusan merapi, namun merapi membawa korban sedikit, cek tgl postingnya
doa_merapi_tgl
doa_merapi2

Apakah Doa Merapi Terjawab ? Ataukah Ritual2x Mbah Marijan Dijawab Oleh Allah Swt ?


Kenyataannya adalah merapi tidak meletus besar, justru terjadi gempa yogyakarta 27-mei-2006, dimana gempa ini oleh yang berdoa telah diperingatkan akan adanya gempa bumi sehari sebelum gempa bumi itu terjadi.


halo_matahari_padang_tandaNya_halo_matahari_padang_tandaNya_2Sebuah keputusan dariNya tentang kejadian demi kejadian, diawali dengan adanya Halo matahari tgl 21-Oktober-2010 yang terjadi dimana-mana (baca Halo Matahari di Padang, Apakah Pertanda Gempa Besar ?) kemudian setelah itu gempa disertai tsunami terjadi tgl 25-oktober-2010, dan akhirnya merapi meletus untuk kesekian kalinya yang menjadikan korban,mbah marijan


Manifestasi pelajaran tentang inspirasi n.Ibrahiim yang terjadi pada jaman modern, kini menjadi sebuah bahasa universal, ketika malapetaka, ketidak-amanan terjadi, maka sesungguhnya, disitulah bibit atau tunas bahkan sosok keadaan persekutuan Allah dengan yang lainnya dapat dicermati.Telah banyak bukti tentang malapetaka yang diakibatkan sikap manusia yang berlebihan ataupun sifat mempersekutukanNya.

“Telah tampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusia; Allah menghendaki agar mereka merasakan sebagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (kejalan yang benar). Katakanlah (Muhammad), “Bepergianlah di bumi lalu lihatlah bagaimana kesudahan orang-orang dahulu. Kebanyakan dari mereka adalah orang-orang yang mempersekutukan (Allah).” (Q.S. Ar Rum (30) : 41-42)

Ketika timbul malapetaka, bencana, kerusakan, kecelakaan, maka perlu dicermati dan diteliti apakah disitu terdapat unsur unsur yang universal yaitu persekutuan Allah dengan lainnya, sehingga ketika dibalik, ketika terdapat keadaan masyarakat yang banyak mempersekutukanNya, maka tinggal menunggu saat tertentu sehingga malapetaka tersebut datang.

 

SITUBONDO=119


Di laut Situbondo adalah memori atas kematian presiden Soeharto yang memiliki numerikal unik 119, maka Sitobondo=119. Enam (6) hari saat masa berkabung atas meninggalnya Soeharto, maka tank marinir tenggelam.Panser Tenggelam,

Panser Karam, Presiden SBY Pensiunkan Alat Tempur Uzur JAKARTA – Peristiwa karamnya panser amfibi (pansam) milik Marinir di perairan Situbondo membuat Presiden SBY geram dan sedih. Dia geram karena tetap nekat menggunakan panser berusia uzur. Tapi, juga sedih karena tujuh prajurit Marinir tewas dalam kejadian nahas itu. Kemarin usai rapat terbatas di Departemen Pertahanan, SBY minta seluruh peralatan yang usianya sudah tua tidak boleh dipakai lagi. Sebab, nyawa prajurit yang menjadi taruhan………..

Keteraturan demi keteraturanNya terjadi sebagai bagian dari peringataNya, perhatikan bahwa marinir tenggelam di pantai banongan, jika A=1, B=2 … BANONGAN=68 dan terjadi tgl 2-2-2008 membentuk 2+2+2+0+0+8=14 sehingga semuanya 82=68+14

cover_marinir_tenggelamdan Ajaibnya … jika A=1, B=2 … MARINIR=82,…. ada apa dengan 82 ini yang terus menerus muncul ? …. adalah quran surat ke 82 berisi 19 ayat sebagai bagian memori 101=82+19 dan tiada lain jika A=1, B=2 … SOEHARTO=101

Tulisan demi tulisan adalah Simbol yang unik Kesemua adalah Kisah Nyata yang Benar Terjadi dan di vidiokan di bawah ini

Kliping Berita


Senin, 04 Feb 2008,
Enam Marinir Tewas, Satu Hilang


Latihan, Panser Amfibi Tenggelam di Situbondo
JAKARTA – Enam jenazah anggota Marinir yang menjadi korban tenggelam dalam latihan operasi amfibi di Pantai Banongan, Situbondo, Sabtu lalu, disemayamkan di Markas Divisi 2 Marinir, Cilandak, Jakarta Selatan, kemarin (3/2). Keenam korban tewas itu adalah sebagian di antara 15 anggota Marinir di Panser Amfibi (Pansam) Marinir BTR-50 yang tenggelam 25 meter di bawah permukaan laut. Evakuasi korban kecelakaan yang terjadi pada pukul 04.30 itu berakhir kemarin. Operasi amfibi tersebut bagian dari latihan perang Armada Jaya ke-27 di Situbondo, Jawa Timur. “Pansam itu buatan Rusia tahun 1962,” ujar Kepala Dinas Penerangan Mabes TNI Angkatan Laut Laksamana Iskandar Sitompul kepada wartawan di Wisma Elang Jakarta kemarin (3/2).

Menurut Iskandar, panser yang mengalami musibah itu diluncurkan dari daerah serbuan amfibi oleh kapal pendarat KRI Teluk KAU/504 pada posisi 07’41’4″S-114’13’42″T pukul 04.30. “Saat itu, panser telah menempuh jarak 1.300 meter. Sekitar 400 meter lagi menuju pantai, tiba-tiba bagian belakang panser goyang karena tergulung ombak hampir dua meter,” katanya.

Adik kandung pengacara Ruhut Sitompul itu menjelaskan, saat panser tenggelam, pemimpin pasukan dalam panser segera melakukan prosedur penyelamatan. Di antara 15 personel itu, sembilan bisa keluar dan sisanya terperangkap di kabin. Di antara sembilan orang yang berhasil keluar, delapan selamat, satu orang masih hilang (Serka Marinir Suryanto). Enam orang yang terperangkap dan meninggal adalah Pratu Agus Priyanto, Kopda Rusli Heri, Serda Hadi Sutrisno, Kopda Nugroho Pamungkas, Kopda Hariyadi, dan Praka Dwi Niar Priyanto. Mereka itulah yang kemarin disemayamkan di Markas Divisi 2 Marinir, Cilandak.

Delapan korban selamat yang dirawat di RSAL Ramelan Surabaya adalah Praka Sarmilih, Kopda Mulyono, Kopda Wahyono, Letda Krama Lubis, Praka Iwan Setiawan, Kopda Wigati, Pratu Purwanto, dan Sertu Mujirin. “Tim sudah menyelidiki dan sedang mengangkat tank yang karam,” kata Iskandar. Dugaan sementara, cuaca buruk dan usia pansam yang sudah tua menjadi penyebab. Rencananya, pemakaman terhadap enam korban dilakukan di Ciledug, Banyumas, Cirebon, dan Pangkalan Jati Jakarta. Latihan Armada Jaya ke-27 tersebut melibatkan 28 KRI, 9 pesawat udara, 13 unit tank amfibi, dan 25 unit panser amfibi BTR 50 P 1962 serta melibatkan 3.758 personel. Marinir sebenarnya mempunyai 96 pansam jenis itu. Namun, dalam latihan tersebut, hanya 25 buah yang dipakai. Pada umumnya, BTR-50 berasal dari dua negara, yaitu BTR-50 P Rusia dan BTR-50 PK Ukraina. Kondisi pansam itu memang sangat tua sehingga beberapa kali dilakukan perawatan (retrofit). Misalnya, evaluasi power pack (engine dan transmisi) dan driveline sistem penggerak. Evaluasi pada power pack, khususnya engine dan transmisi, bertujuan untuk mengetahui daya dorong serta daya getar yang ditimbulkan saat terjadi combution dengan bahan bakar. Kendaraan berat mampu dipacu dengan kecepatan di darat 44 km/jam dan 10,2 km/jam di air.

Secara terpisah, Kepala Pusat Penerangan Mabes TNI Marsekal Muda Sagom Tamboen menyatakan, TNI selalu memeriksa alutsista. “DPR juga sudah mendapat laporannya,” katanya. Apakah ada pembelian alutsista baru terkait dengan musibah itu? Sagom mengakui kendala keterbatasan anggaran belum mungkin. “Kami akan evaluasi ulang dulu seluruhnya,” jelasnya. (rdl/ded/uan/el)

Spesifikasi Tank Amfibi BTR-50P yang Naas di Situbondo, Bisa Berenang Mundur, Tapi Apes Karena Kecantol,


Surabaya, BTR-50P adalah singkatan dari Browne Transporter 50 Palawa. Kalau sudah dimodifikasi, namanya menjadi BTR-50PM atau Browne Transporter 50 Palawa Modification. Tank amfibi inilah yang mengalami musibah di Situbondo. Apa kelemahan dan spesifikasi kendaraan tempur ini?
Korps Marinir TNI AL, selain mengandalkan pasukan, juga mengedepankan kendaran lapis baja. Berbeda dengan arsenal sejenis milik TNI AD, kemampuan bermanuver di dua alam alias amfibi jadi syarat utamanya.Menurut catatan Surya, sejauh ini Korps Marinir punya beberapa kendaraan amfibi. Di antaranya 50 tank PT-76 (buatan Rusia), 50 BTR-50 PK Panser Amfibi (pansam) buatan Ukraina, 40 Czech BVP-2 Arhanud (Slovakia) yang merupakan varian BMP 2 Rusia, 18 Panhard VBL, 12 BTR 80A, 80 AMX 10 P/PAC 90, dan yang terbaru 20 BMP 3F yang hadir akhir 2007.
Jika kita nonton film berjudul Saving Private Ryan, film tadi bisa jadi rujukan betapa rumit dan dahsyatnya sebuah operasi amfibi.Memang kalau dipikir-pikir bakal banyak korban yang bergelimpangan, entah dihajar senapan mesin, jebakan ranjau, atau hujan mortir. Tetapi risiko besar ini juga berefek besar pula dalam memenangkan pertempuran. Tak percaya? Lihat saja hasil yang didapat Sekutu setelah menggelar operasi amfibi terbesar sepanjang zaman di Normandia.
Di dalam negeri pun, TNI pernah menggelar operasi serupa yang terbilang lumayan besar. Sebut saja pada 1958, TNI menggelar operasi amfibi di Pantai Padang dalam operasi penumpasan PRRI/Permesta.Bagi orang awam, perkara mendaratkan kendaraan tempur (ranpur) ke darat dari kapal pengangkut tank (LST-Landing Ship Tank) nampaknya gampang. Bayangannya tinggal buka pintu LST, lalu… byuuur, ranpur berenang menuju pantai sasaran. Kenyataannya tidak semudah itu. Persiapan yang dilakukan ternyata lumayan ribet.Kondisi mesin, misalnya, mesti fit benar kalau tak mau tank berubah jadi rumpon di dasar laut. Biar tak kedodoran saat berenang di laut, maka sistem propulsi di air pada ranpur amfibi juga mesti sehat. Kualifikasi tadi wajib dipatuhi, baik pada sistem water-jet, gerakan rantai, dan baling-baling.Tak kalah penting, setiap bagian bergerak semisal hub-hub (seal sambungan) roda juga wajib kena gemuk alias dipet. Demikian pula bagian pintu. Bagian-bagian ini ditengarai jadi biang rembesnya air ke dalam kabin. Untuk mengatasi rembesan air, kendaraan lapis baja juga dilengkapi pompa. Setidaknya ada empat pompa penghisap air bisa dioperasikan, baik secara elektrikal maupun mekanikal.Dalam operasi, pendaratan digelar pada jarak antara 2.000 hingga 3.000 mil dari tepi pantai. Satu unit kapal pendarat (LST) bisa dijejali sekitar 15 unit ranpur. Komposisi kendaraan tempur juga bervariasi, tergantung kebutuhan. Tapi biasanya komposisi yang dianut adalah satu banding dua. Artinya, satu ranpur berkemampuan serang (BVP-2 atau PT-76) untuk dua unit ranpur pengangkut personel/APC (BTR-50).Operasi amfibi umumnya digelar di pagi buta. Penerangan lampu jelas diharamkan lantaran dianggap mementahkan unsur pendadakan. Alhasil, selain radio komunikasi, agar tak terjadi tabrakan antar ranpur maka diandalkan semacam fosfor sebagai penandai antar ranpur. Masih untuk urusan sama, tiap ranpur yang keluar dari perut LST diberi jeda waktu sekitar satu menit.
Selanjutnya, sampai jarak kurang lebih 500 mil dari pantai, formasi ranpur amfibi yang mulanya berbentuk banjaran (berbaris) diubah jadi shaft (jajaran). Saat mulai menyentuh daratan, maka sistem propulsi yang dipakaipun diubah, yaitu gabungan antara water-jet dengan putaran roda rantai. Hasilnya, laju ranpur terasa berat.

Arsenal lapis baja yang biasa digelar Korps Marinir juga menarik dibedah Tipe pertama adalah ranpur APC BTR-50 P/PK, atau di lingkungan Marinir sering dikategorikan Pansam (panser amfibi). Sedangkan tipe kedua, ranpur arhanud (arteleri pertahanan udara), BVP-2.
Ranpur BTR-50 dii negeri asalnya, Uni Soviet (kini Rusia), kendaraan ini operasional tahun 1955. Awalnya, kabin berkapasitas 20 pasukan bersenjata lengkap ini tak punya penutup atas. Baru pada 1960 dengan alasan guna mendongkrak proteksi penumpang, maka varian BTR-50 PK dilengkapi tutup kabin (hatch). Varian terakhir inilah yang sampai sekarang dipakai Korps Marinir.

Soal konsumsi bahan bakar jauh beda dibandingkan dengan kendaraan biasa. Sebagai gambaran, BTR-50 berkapasitas solar penuh (full tank) sekitar 260 liter ternyata hanya mampu menjelajah 260 km. Ini artinya, satu liter solar hanya mampu mendorong sejauh 1 km.
Dengan konsumsi BBM sedemikian bukan berarti BTR-50 bisa digeber ala mobil sport.. Angka 44 km/jam adalah patokan kecepatan maksimal bila berjalan di jalan raya. Sedang bila melahap medan off-road kecepatan tadi anjlok pada angka 25 km/jam.

Di laut, BTR- 50 mengandalkan dua unit water-jet saat bergerak di air. Kedua piranti ini sanggup menghela badan ranpur pada kecepatan 10 km/jam. Tak hanya maju, kendaraan ini bisa juga berenang mundur pada kecepatan 5 km/jam. Selain itu BTR-50 mampu menerjang ombak berketinggian maksimal 1,5 m.

Identik dengan pansam meriam PT-76 , BTR-50 masuk jajaran organik Marinir tahun 1962. Pengadaannya waktu itu sebagai bagian persiapan Operasi Trikora. Tak langsung pensiun begitu operasi ini usai, perjalanan karir BTR-50P terus berlanjut. Keandalannya kembali teruji dalam berbagai operasi militer pasca Trikora, termasuk Operasi Seroja (1975/79).

Namun, namanya musibah bisa datang dari apa saja. Dalam kasus musibah di Situbondo ini, ketika tank BTR-50P keluar dari LST, ternyata cuaca sangat tidak bersahabat. “Ketika menuju daerah pendaratan, ombak sangat besar dan menggulung tank tersebut,” kata Laksma TNI Iskandar Sitompul, Kadispen TNI AL, melalui faksimili yang dikirimkan ke Harian Surya, Minggu (3/2) malam.
Apesnya, ketika perintah escape dari panser amfibi diberikan dengan cara membuka pintu, sembilan prajurit pertama bisa keluar. Setelah itu ada satu prajurit tersangkut atau kecantol di pintu panser. “Maka enam prajurit yang masih ada di dalam terperangkap tidak bisa keluar,” katanya.

Kemudian diketahui, selain enam prajurit tewas, seorang prajurit lainnya masih hilang.
Pada era 1990-an, TNI pernah mendatangkan ranpur sejenis asal Ukraina. Varian ini mengusung kode BTR-50PK dan dipakai untuk mengganti sejumlah BTR-50 P yang sudah tak layak operasional lagi.

Data Teknis BTR-50 P/PK
Dimensi : Panjang: 7,07m; lebar:3,14 m; tinggi:2,15 m
Bobot : Berat kosong 14,5 ton; Berat siap tempur 16,5 ton
Daya angkut :2,5 ton
Kemiringan maksimal tanjakan : 38 derajat
Rintangan tegak : Setinggi 1,1 m parit; selebar 2,8 m
Kecepatan di jalan raya : 44 km/jam; di air: 10,2 km/jamnsiden tenggelamnya tank amfibi ini dikarenakan peralatan tempur tersebut sudah cukup tua, dan adanya cuaca buruk di lokasi latihan tempur.

Kronologi Musibah Tewas dan Hilangnya 7 Prajurit Marinir


Monday, 04 February 2008
1. Tank amfibi jenis BTR 50-P keluar dari perut kapal perang Landing Ship Tank (LST) KRI Teluk Kau-504, Sabtu (2/2) dini hari pukul 04.30 WIB dengan jumlah 15 orang personel korps marinir.
——— beri gambar tank amfibi keluar dari LST. Usahakan foto tank yang jenis BTR 50-
2. Tank amfibi itu berlayar menuju pantai pendaratan dengan jarak sekitar 6.000 yard atau 1.700 meter. Setelah mendekati daerah pendaratan, sekitar 1.200 yard atau 400 meter, tank tergulung ombak.———– beri foto tank amfibi yang mengapung di permukaan laut, satu lagi ilustrasi tank tergulung ombak3. Oleh komandan tank/panser, para prajurit diperintahkan membuka pintu untuk prosedur escape. Sebagaian personel dapat keluar sebanyak 9 orang, namun 1 orang tersangkut pada pintu sehigga enam orang yang masih di dalam tank tidak bisa keluar. Mereka terperangkap dalam tank dan tenggelam di kedalaman sekitar 25 meter.
——– beri foto evakuasi mayat marinir yang masih diambil Sugix, dan ilustrasi terperangkapnya marinir di kedalaman laut.Personel yang tewas 6 orang dan satu orang hilang, semua dari Pasmar II Jakarta/Divisi II Marinir Wilayah Barat:
* Pratu (Mar) Agus Triyanto
* Praka (Mar) Dwiniar Triyanto
* Kopda (Mar) Harijadi
* Kopda (Mar) Nugirojo Pamungkas
* Kopda (Mar) Sri Heri
* Serda (Mar) Hadi Sutrisno* Korban hilang: Serka (Mar)Sumber: Kadispenal Laskma TNI Iskandar Sitompul Duka menyelimuti Korps Marinir. Enam prajuritnya tewas dan seorang lainnya masih hilang, saat mereka latihan tempur di Pantai Banongan, Situbondo, Sabtu (2/2) dini hari. Penyebabnya, usia panser amfibi sudah tua dan buruknya cuaca di lokasi latihan.

Surabaya – Surya, Latihan tempur Korps Marinir di Pantai Banongan, Asembagus, Situbondo yang bersandi Armada Jaya XXVII/2008, menelan tewasnya enam prajurit dan seorang masih hilang.Peristiwa itu terjadi pada Sabtu (2/2) dini hari sekitar pukul 04.30 WIB, saat pasukan marinir beraksi dalam pendaratan pasukan amfibi di pagi buta itu menggunakan tank atau panser amfibi (pansam) jenis BTR-50P buatan Rusia tahun 1962.

Laksma TNI Iskandar Sitompul, Kepala Dinas Penerangan TNI AL, menjelaskan pansam BTR-50 P tersebut meluncur dari KRI Teluk Kau 504, sebuah kapal perang jenis Landing Ship Tank (LST), pada posisi 07′ 41′ 4” S – 114′ 13′ 42” T.
Pansam ini meluncur sekitar pukul 04.30 WIB, Sabtu dini hari, menuju pantai dengan jarak sekitar 5.000 yard atau sekitar 1.700 meter.
Pada awalnya pansam ini berlayar lancar dengan mengangkut 15 prajurit marinir. Namun di tengah pelayaran mendapat guncangan hebat karena diterjang ombak dan cuaca buruk. “Tergulungnya pansam oleh ombak itu tepat pada posisi sekitar 1.200 yard atau sekitar 400 meter dari bibir pantai,” kata Iskandar Sitompul melalui rilisnya kepada Surya, Minggu (3/2) malam.

Ketika panser terguncang ombak, seketika Komandna pansam Sertu (mar) Mujirin memerintahkan prajurit membuka pintu pansam untuk langkah escape atau penyelamatan para personel. Saat itu ada sembilan personel berhasil keluar, namun seorang di antaranya tersangkut pada pintu pansam.

“Karena ada prajurit yang tersangkut di pintu, enam prajurit lainnya terkurung di dalam pansam,” kata Iskandar. Beberapa saat kemudian, pansam tenggelam bersama enam prajurit terperangkap di dalamnya pada kedalaman laut 25 meter. Sedangkan dari sembilan yang berhasil keluar, seorang di antaranya kini masih belum ditemukan.

Semua prajurit yang ada di dalam pansam tersebut berasal dari Batalyon II Korps Marinir yang berada di bawah Brigif II Korps Marinir Wilayah Barat yang bermarkas di Jakarta.
Keenam prajurit yang tewas adalah Pratu (Mar) Agus Triyanto, Praka (Mar) Dwiniar Priyanto, Kopda (Mar) Hariyadi, Kopda (Mar) Nugroho Pamungkas, Kopda (Mar) Rusli Heri, dan Serda (Mar) Hadi Sutrisno, dan prajurit yang belum ditemukan adalah Serka (Mar) Suryanto.
Sedangkan delapan prajurit yang selamat adalah Prama (Mar) Sarmili, Kopda (Mar) Mulyono, Kopda (Mar) Wahyuno, Letda (Mar) Krama Lubis, Praka (Mar) Iwan Setiawan, Kopda (Mar) Wijati, Pratu (Mar) Purwanto, dan Sertu (Mar) Mujirin sebagai Komandan pansam.

“Kasus ini sekarang dalam penyelidikan Mabes TNI AL,” ujar Iskandar Sitompul.
Iskandar menyebut insiden itu lebih karena sudah tuanya usia panser buatan Rusia itu, yakni 62 tahun. “Faktor usia ada, tapi faktor cuaca juga kurang bersahabat,” katanya.

Kadispen Armatim Letkol Laut Toni Syaiful ketika dikonfirmasi menjelaskan, dalam latihan di Situbondo itu TNI AL mengerahkan 23 kapal perang. Semuanya terdiiri Landing Ship Tank (LST) 5 unit yakni KRI Teluk Banten, KRI Teluk Penyu, KRI Teluk Sampit, KRI Teluk Hading, dan KRI Teluk Tank untuk pendaratan dimuat dalam lima KRI tersebut.

Selain itu ada KRI KRI Surabaya (jenis Landing Platform Dock/LPD), KRI dr Suharso (jenis LPD khusus kapal rumah sakit), keduanya buatan Korea Selatan, juga KRI Ahmad Yani, KRI Oswaald Siahaan, KRI Karel Satsuitubun (jenis vanspijk) buatan Belanda, KRI Fatahila, KRI Nala (jenis korvet buatan Belanda), KRI Patiunus, dan KRI Diponegoro (jenis korvet, kapal canggih buatan Belanda yang baru masuk TNI AL akhir 2007.

Menurut Toni Syaiful, informasi terjadinya kecelakaan sebenarnya sudah diketahui sejak awal dan langsung dilakukan pencarian dengan menyelam. Evakuasi dilakukan pada Minggu (3/2) pagi sekitar pukul 10.00 WIB, dan berhasil mengeluarkan enam jenazah dari pansam.

Keenam jenazah kemudian dievakuasi ke KRI dr Suharso. Dari sana kemudian diterbangkan dengan dua helikopter jenis Bell menuju RSAL Dr Ramelan Surabaya untuk kepentingan identifikasi.
Setelah itu, dengan menggunakan pesawat Cassa dari Wing Udara Armatim, jenazah diterbangkan ke Halim Perdana Kusuma dan diteruskan ke Brigif II untuk diserahkan kepada keluarga masing-masing. Ikut terbang bersama dengan para jenazah, Komandan Korps Marinir Mayjen Marinir Nono Sampono
Sedangkan seorang prajurit yang belum ditemukan, menurut Toni Syaiful, masih terus dicari. Namun karena cuaca buruk, pencarian dihentikan pada Minggu (3/2) sore.

Dilarang Diliput

Lima dari enam jenazah, Minggu sekitar pukul 17.30 WIB tiba di Base Off Lapangan Udara (Lanud) Halim Perdanakusuma, Jakarta. Sekitar 10 menit setelah rombongan Wapres Jusuf Kalla mendarat di tempat yang sama usai memantau perkembangan banjir Jakarta lewat udara.
Sedangkan satu jenazah lagi diberangkatkan ke Banyumas, Jateng, langsung dimakamkan oleh keluarga mereka.

Kelima jenasah dibawa menggunkan pesawat Casa 212/200 Skuadron Udara 400 Lanud AL Juanda Surabaya. Kedatangan kelima jenazah disambut dengan upacara militer dipimpin Komandan Korps Marinir (Dankomar) Mayjen TNI Nono Sampurno. Suasana tampak hening ketika peti jenasah dipindahkan dari pesawat ke kereta jenasah.

Usai upacara dilaksanakan, kelima peti jenazah yang ditutupi bendera merah putih tersebut langsung dimasukkan kedalam mobil jenazah berwarna biru muda milik TNI AL.
Upacara penerimaan jenasah dilakukan tertutup bagi wartawan. Satu peleton pasukan marinir hadir dalam upacara tersebut. Tampak sejumlah ambulan mendekati pesawat yang mengangkut jenasah. Beberapa karangan bunga diletakkan dekat pesawat. jos/jbp/aco/bdu


 Selalu Mencekam Saat Tank Meluncur dari Kapal

Aksi pendaratan pasukan amfibi marinir dari kapal perang menuju pantai dalam sebuah penyerbuan ke daerah pertahanan musuh, selalu menjadi momen paling menegangkan dan penuh risiko. Proses itu selalu dibayang-bayangi ancaman kecelakaan, terutama saat para prajurit yang ada di dalam tank/panser amfibi (pansam) meluncur keluar dari perut kapal perang jenis Landing Ship Tank (LST).
Saat keluar dari perut kapal perang, tank atau pansam langsung nyemplung ke laut. Jika mesinnya berfungsi baik, maka dalam beberapa detik saja tank itu muncul kembali ke permukaan laut sambil memompa air lewat dua lubang di belakang. Pansam kemudian berenang perlahan dengan kecepatan sekitar 10 knot ke pantai.Tetapi saat nyemplung laut dan mesin tiba-tiba mati atau tak berfungsi, maka tank berserta seluruh prajurit yang ada di dalamnya pasti akan tenggelam terus ke dasar laut. Langkah escape (keluar dengan cara membuka pintu/jendela pansam) biasanya diperintahkan komandan pansam. Akan berisiko tinggi apabila keluarnya para prajurit dibarengi kepanikan karena banyaknya prajurit yang harus antre keluar dari pintu atau jendela itu.“Detik-detik keluar dengan panser dari kapal perang memang sangat menegangkan bagi prajurit marinir,” ujar seorang prajurit marinir yang tak mau disebut jati dirinya, saat menyaksikan pendaratan tank marinir di Pantai Banongan, Asembagus, Situbondo, Sabtu (2/2) lalu.
Menurut prajurit berpakaian doreng plus baret ungu ini, kecelakaan saat pendaratan seperti ini sering terjadi. Karena itu, tank yang dinilai tidak layak atau mesinnya kurang bagus, biasanya tidak digunakan lagi dalam pendaratan karena risikonya terlalu besar. “Hanya tank yang bagus saja yang biasanya digunakan untuk pendaratan,” ujarnya.Saat pendaratan di Pantai Banongan kemarin, ada lima KRI jenis LST yang mengangkut 17 tank atau pansam. Satu persatu tank keluar dari perut kapal perang dan menyeberang ke pantai dalam suasana pagi yang masih masih gelap.
Surya yang menyaksikan aksi pendaratan itu dari pantai melihat aksi itu cukup mendebarkan.
Raungan mesin tank dan kepulan asap tebal yang keluar dari cerobongnya mewarnai suasana pagi itu. Tak lama kemudian tank tersebut tiba di darat dan sebagian langsung meluncur ke arah pegunungan untuk melanjutkan serangan dan sebagian berhenti di bibir pantai.Dari sejumlah kendaraan pendarat amfibi (Ranratfib) tersebut ada dua jenis yang memiliki meriam yakni PT 76 buatan Rusia tahun 1961 yang sudah dimodifikasi menjadi PT 90 dengan menggunakan mesin baru buatan Detroit, Amerika Serikat.Tank amfibi ini menggunakan senjata atau meriam jenis Cannon 76 mm dengan jarak tembak maksimum 1.200 meter. Dengan kapasitas enam butir mampu meluncur setiap menit. Sedangkan tank BTR-50P terdiri dari dua jenis yakni BTR-50PM dan 50PK, keduanya buatan Rusia tahun 1961. Masing-masing mampu mengangkut 18 personel. Tank itu menggunakan senjata atau meriam 12,7 mm dengan efektif tembakan mencapi 1.800 meter.Kepada wartawan saat jumpah pers usai latihan, KSAL Laksamana TNI Sumardjono mengakui tank tersebut memang sudah tua, namun karena sudah dimodifikasi, tank ini dianggap masih layak. Hal itu dibenarkan oleh Mayjen TNI (Mar) Nono Sampono. Dia mengatakan PT 76 sudah dimodifikasi menjadi PT 90 dan dapat digerakan otomatis serta masih layak digunakan.
Namun dengan terjadinya musibah dalam latihan tempur di Situbondo kemarin, Mabes TNI AL memutuskan akan mengevaluasi seluruh pansam BTR-50P. “Tentu kita akan evaluasi, mulai hari ini (Minggu,3/2),” kata Kepala Dinas Penerangan Mabes TNI AL Laksamana Pertama Iskandar Sitompul, di Jakarta, Minggu.Ia mengatakan, saat ini TNI AL memiliki 96 pansam tersebar di Brigade Infanteri (Brigif) I dan II Marinir. Ke-96 Pansam BTR-50P itu buatan Rusia tahun 1962 dan telah mengalami peremajaan pada 1996. “Jadi, sebenarnya masih dalam batas waktu pemakaian, namun dengan kejadian ini akan kita evaluasi seluruh pansam yang kita punya,” ujar Iskandar. jos/jbp/aco/bdu