~Soeharto & Angka 8~

cover_soehartoSebelum Pak Harto Meninggal Dunia, pak Harto yang menyukai simbol angka 8 sebagai berbagai sumber yang melingkupi diri pak Harto : Soeharto lahir 8 Juni 1921, meninggal Januari 2008 dalam usia 86 tahun delapan bulan setelah delapan kali dirawat di Rumah Sakit Pusat Pertamina (RSPP) Jakarta Selatan pasca lengser dari jabatan Presiden pada 21 Mei 1998. Perhitungan orang Jawa, salah satunya perhitungan yang disebut windu, menurut orang Jawa adalah perhitungan delapan tahunan dan dalam satu siklus terdapat empat windu. Tumbuk warsa, delapan windu memperingati hari lahir Siti Hartinah, istri Soeharto, dengan nama hari pasaran dirayakan dalam pesta tradisi pada 1985. Hari dan bulan dengan tahun yang sama menjadi peristiwa besar dalam hidup Soeharto. “Tumbuk warsa hanya datang sekali seumur hidup,” kata Soeharto dalam Pikiran, Ucapan, dan Tindakan Saya. Bagi para pembantu pemerintahannya, Soeharto dikenal memiliki “hasta brata” atau delapan perilaku seperti surya melambangkan sikap menghidupi, candra (bulan) menenangkan, kartika (bintang) yang menjadi pedoman, angkasa yang adil, dahono (api) yang play_vidio_youtubeberani mengambil keputusan, maruta (angin) yang mengerti, samodra (lautan) yang berpandangan luas, dan bumi yang melambangkan kesentosaan dan realistis. Lahir tanggal 8 Juni 1921, rumahnya Jl Cendana 8, tahun 1998 lengser dari presiden, 2008 kritis, dan akhirnya mencapai titik nol …. sumber Di Balik Angka Delapan

Begitu banyak angka 8 yang melingkupi beliau “Tumbuk warsa hanya datang sekali seumur hidup,” kata Soeharto dalam Pikiran, Ucapan, dan Tindakan Saya.

cover_soeharto_8Pada kesempatan itu saya memberi pengertian terinci mengenai tahun Jawa. Menurut perhitungan kalender Jawa, nama hari hanya lima yang sering disebut pula sebagai pasaran, setahun dua belas bulan, dan nama tahun hanya sampai delapan yang tercakup dalam sewindu. Setiap sewindu, hari pasaran, tanggal dan bulan serta tahun dengan nama yang sama akan bertemu. Itulah yang disebut tumbuk warsa. Dan hari Rabu Kliwon; bulan Suro, tahun Je, yang jatuh pada Selasa malam tanggal 24 September 1985 itu untuk kedelapan kalinya istri saya memperingati hari lahir dengan nama hari pasaran, tanggal dan bulan serta tahun yang sama. Dalam kalender Jawa, hari dimulai pukul 18.00, bukan pukul 00.00.

Waktu merayakan tumbuk warsa istri saya itu saya mengenakan surjan gaya Yogya, warna hijau. Istri saya juga mengenakan kebaya warna kehijau-hijauan. Tumbuk warsa 8 windu itu terjadi hanya satu kali seumur hidup kita masing-masing. Bahkan tumbuk delapan windu itu juga disebut tumbuk besar. Itu penting artinya bagi perjalanan hidup manusia. Karena itu harus diperingati.


astana_giri_bangunPerhatikan keteraturanNya yang benar nyata terjadi yakni frase “Tumbuk warsa 8 windu” jika A=1, B=2 … tumbukwarsa=150 dan angka 8 menjadi 150+8=158 …. sebagai keteraturan Soeharto di makamkan di astana giribangun adalah Jika A=1, B=2 … ASTANAGIRIBANGUN=158 … perhatikan kata windu adalah windu=71 yang juga membentuk 8=7+1.

Sebelum Soeharto meninggal dunia, numerikal 8 identitas dari play_vidio_youtubeSeoharto banyak bermunculan. Dimulai di tgl kembar agar mudah di-ingat 22-1-2008 yang membentuk 2+2+1+2+0+0+8=15 … Ada apakah numerikal 15 ini ? Banyak Yang Bunuh Diri Tepat Di Tanggal Kembar 22 01 2008, di Jakarta menjadi headline news tgl 22.01.08 : Terjun dari Lantai Delapan, Accord Bentur Honda City Di belahan yang lain muncul peristiwa tragis yakni bunuh diri

  • Pasangan Selingkuhan Bunuh Diri Tabrak KA Cinta segitiga membuat Jumadi, 28, Desa Ngajum, Kabupaten Malang, nekat mengakhiri hidup dengan bunuh diri di rel kereta api bersama pasangan selingkuhannya, Marfuah, 25. Kejadian yang berlangsung di daerah Pagesangan ini, membuat Jumadi meninggal dunia seketika. Sementara, Marfuah dalam kondisi kritis di IRD RSU dr Soetomo………Juwari dan Marfuah bekerja sebagai baby sitter dan pembantu rumah tangga di rumah tersebut.
  • Putus Cinta, Gadis SMA Bunuh Diri? Lompat dari Jembatan Kali Gandong Magetan MAGETAN – Diduga putus cinta, Desy Rosiyanti nekat bunuh diri. Siswa kelas 10 SMA Bonaventura Kota Madiun itu ditemukan dalam keadaan tak bernyawa di bawah jembatan Kali Gandong depan Pasar Baru Magetan, kemarin (22/1).

Dari tgl 22.01.08 itulah terjadi lagi bunuh diri Kamis, 24/01/2008 12:09 WIB Bunuh Diri dari Lt 8 Kampus Maranatha, Korban Tulis Surat

Mengapa semua yang jatuh di lantai 8 ?


Keanehan jatuh di lantai 8, oq tidak lantai lain saja ? ya … sudahlah takdir …. berhenti sampai di situ ? Perhatikan setelah tiga hari dari tgl bunuh diri di atas yakni tepat tgl 27.01.08, ada apakah itu ? pak Harto Meninggal Dunia ( Minggu, 27/01/2008 13:20 WIB Pak Harto Wafat Pukul 13.10 WIB) yang menimbulkan arti tersendiri (baca [Misteri Kematian Soeharto] Mengapa Tepat pkl 01.10 PM ?

Tujuh Hari Berkabung


pak_harto_wafatJadi tepat tiga hari setelah kejadian bunuh diri di lantai 8 itulah pak Harto wafat, dan kita berkabung nasional selama tujuh hari ( Minggu, 27/01/2008 13:58 WIB Soeharto Wafat, Ditetapkan 7 Hari Berkabung) Adalah numerikal 8+7=15 yang juga terbentuk dari kematian pak Harto sebagai deretan peringatanNya atas nasib bangsa ini ke depan.

Setelah pak Harto Meninggal dunia 27-01-2008, maka Indonesia dilakukan perkabungan selama 7 hari berturut turut, hingga terakhir waktu hari ke 5 berkabung itu, Jakarta di landa hujan dan banjir lebat.

SBY Pindah Mobil, Kalla Pinjam Anak, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Wapres Jusuf Kalla memang kebal gangguan keamanan. Tapi, kali ini Paspampres harus melawan musuh yang tak bisa ditembak: banjir. Inilah kisah perjuangan pimpinan republik itu menembus banjir
cover_banjir_jakarta_2008_99Waktu berkabung mencapai 5 hari, Jakarta Hujan deras dan Banjir, tiada lain 5 adalah perintahNya sebagai sholat lima waktu dan tercatat di perlatan yang digunakan jutaan orang dunia yakni kalkulator, dimana 5 dengan terdekatnya pasti membentuk 15 jika dijumlahkan, hal ini menyiratkan sesuatu tentang 5 dan 15 yang unik karena Soeharto meninggal tgl 27-1-2008 membentuk 2+7+1+2+0+0+8=20 dan ingat sebelum pak Harto play_vidio_youtubemeninggal, maka di tgl kembar yang mudah di ingat 22-1-2008 banyak yang bunuh diri di lt8 tiada lain 2+2+1+2+0+0+8=15

Sebelum pak Harto Meninggal dunia (Misteri Air Mata Soeharto (Menangis) Sebelum Meninggal Dunia) , sebagai pemilik angka 8, maka Jatuh (Terjun dari Lantai Delapan, Accord Bentur Honda City) dan bunuh diri dari lantai 8 (Bunuh Diri dari Lt 8 ) ? siapakah pemilik simbol 8 ini ? itulah pak Harto yang memiliki simbol 8 pada kehidupannya Di dahului dengan kejatuhan dari lt 8, bunuh diri-pun dari lt 8, maka meninggalah pak Harto tiga hari setelah bunuh diri itu. Cukupkah dan apa arti bagi bangsa ini ?


Sebuah perumpamaan Terjun dari Lantai Delapan, Accord Bentur Honda City , siapa yang nahas ? tidak lain si sopir yang pribumi Selasa, 22/01/2008 14:10 WIB Heryawan Antar Bos WN Jepang Meeting di Menara Jamsostek) Lalu siapa yang bunuh diri di lt 8 ? baby sitter

orang_jatuh24/01/2008 13:51 WIB Bunuh Diri di Kampus Maranatha Pamit ke Swalayan, Yani Malah Terjun Bebas dari Lantai 8
Baban Gandapurnama – detikcom Bandung – Yani Anggraeny alias Roroy Royani (29), janda anak dua asal Garut bekerja sebagai baby sitter di keluarga Alberta, baru satu bulan. Minta izin ke swalayan, Yani malah terjun bebas dari lantai 8 Universitas Maranatha Bandung, Jalan Surya Sumantri, Kamis (24/1/2008). Majikan Yani, Alberta, mengaku kaget mendengar kematian tragis baby sitter-nya tersebut. Alberta menuturkan, sekitar pukul 09.30 WIB, Yani yang dia kenal sebagai Roroy, pamit ke swalayan Tujuh Sebelas yang juga berada di Jalan Sumantri. “Dia minta izin sama saya untuk beli krim muka di swalayan. Tapi tiba-tiba setelah kejadian polisi datang memberi kabar mengenai kejadian ini, saya engga tahu apa-apa,” ujar Alberta saat ditemui di kampus Maranatha, Kamis (24/1/2008). Alberta sendiri beralamat di Jalan Dengder 5, Surya Sumantri, Bandung.

Dengan terburu-buru, Alberta meninggalkan kampus dan tidak mau lagi memberikan keterangan. Dia hanya mengatakan jika Yani alias Roroy baru bekerja satu bulan di rumahnya. Menurut Kapolsek Sukasari AKP Andry Kurniawan, Yani alias Roroy merupakan janda anak dua asal Garut. Hingga saat ini belum diketahui motif bunuh diri korban tersebut. Jenazahnya sedang diotopsi di RS Hasan Sadikin, Bandung. ( ern / lom )


JAdi dua korban dari lantai 8 itu adalah ORANG KECIL, dan setelah di selidiki mereka adalah kaum pribumi asli dan hal inilah yang akan menjadi perumpamaan ke depan bahwa merekalah yang menjadi korban akibat kebijakan makro yang berpedoman pada keuntungan semata Berkali-kali diperingatkan akan terjadinya bencana masal, berkali kali diperingatkan arti pentingnya persaudaraan, maka jika peringatan-peringantan itu tidak di indahkan, maka tunggu saja kehancuran masal tsb. Bunuh diri di bandung itu jatuh dari lantai 8, Kamis, 24/01/2008 12:45 WIB Bunuh Diri dari Lt 8 Kampus Maranatha, Korban Tulis Surat Lalu ada apakah di lantai 8, tepat tgl 22.01.08 terjadilah Mobil Terjun Bebas dari Lantai Delapan Menara Jamsostek,

cover_soeharto_8Angka 8 ini tercatat di kitab Suci Al-Quran sebagai surat ke 8 yang memiliki 75 ayat, sehingga sebuah memori akan hal ini adalah 8+75=83, dan membentuk keteraturanNya bahwa banyak yang bunuh diri atau jatuh dari lt 8, dan 3 hari berikutnya, mantan penguasa orde baru meninggal dunia. KeteraturanNya yang terus terjadi tercatat pada kitab suci Al-Quran surat ke 83 berisi 36 ayat sehingga 83+36=119 adalah masa hidup Soeharto dari dilahirkan sampai beliau meninggal dunia (baca [Misteri Kematian Soeharto] Mengapa Tepat pkl 01.10 PM ?)
Soeharto meninggal, beliau di beri hidup mulai lahir 8-6-1921 hingga meninggal 27-1-2008, pada hakikatnya adalah 31.644 hari dalam bahasa sederhana 3+1+6+4+4=18 dan nama soeharto, jika A=1, B=2 … soeharto=101 sehingga semuanya 119=101+18 yang merupakan arti dari 1+1+9=11 sebaagai SIKLUS SEBELAS
Pak Harto Wafat & Pertamina


Sekali lagi lihatlah kejadian di Indramayu, ada apa ketika pak harto wafat di RSPP Pertamina ?

tanker_terbakar_27_1_2008
Kapal Tanker Terbakar di Indramayu Reno Nugraha – detikcom Cirebon – Sebuah kapal tanker pengangkut minyat mentah (nafta) milik Pertamina terbakar di perairan Indramayu pada Minggu malam, pukul 23.00 WIB (27/1/2008). Api baru berhasil dipadamkan sekitar pukul 15.00 WIB, Senin (28/1/2008). Untungnya, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini.Kapal motor tanker pendopo milik PT Pertamina tersebut mengangkut 150 ribu barel minyak yang dibawa dari kilang Cilacap. Saat kejadian, tanker sedang mengisi tersebut sedang mengisi nafta ke kilang Pertamina UP VI atau sekitar 7 mil dari lepas pantai Balongan, Indramayu.Menurut anak buah kapal (ABK), Abdul Rahman, sekitar pukul 23.00 WIB saat mengisikan nafta tiba-tiba dia melihat api menyambar dari kabin bawah. “Saya dan 24 ABK lainnya langsung panik. Ada yang menyelamatkan diri dengan meloncat ke laut, ada yang berusaha memadamkan,” ujarnya saat ditemui di Balongan, Indramayu, Jawa Barat.
Meski tidak menimbulkan korban jiwa,tiga orang ABK kini dirawat di RS Pertamina Balongan, Indramayu. Rata-rata korban mengalami luka lecet dan terkilir saat akan menyelamatkan diri. Sementara 22 ABK lainnya kini masih dalam keadaan syok.Empat kapal pemadam kebakaran berusaha memadamkan kobaran api yang mengepung kapal tanker tersebut. Namun usaha pemadaman sempat terhambat, karena khawatir kapal meledak sehingga kapal pemadam kebakaran tidak berani mendekat. Api baru berhasil dipadamkan pada pukul 15.00 WIB.Hingga kini penyebab terbakarnya kapal tanker tersebut masih dalam penyelidikan. Dugaan sementara, api berasal dari ledakan di kabin bawah.( ern / gah)


TANKER PENGANGKUT NAFTA PERTAMINA TERBAKAR DI BALONGAN Upaya pemadam kebakaran mematikan api yang melalap tanker pengangkut nafta milik Pertamina, Metrotvnews.com, Indramayu: Kapal tanker pengangkut nafta milik Pertamina terbakar di perairan Balongan, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, Senin kemarin. Akibat kecelakaan ini, belasan anak buah kapal dievakuasi ke Rumah Sakit Pertamina Balongan.Tanker MT Pendopo terbakar saat melakukan aktivitas bongkar BBM jenis nafta di Single Buoy Morring, 35 ribu atau sekitar 12 mil laut dari Pelabuhan Khusus Balongan. Upaya pemadaman terus dilakukan dengan mendatangkan empat kapal tugboat milik Pertamina. Api menyambar seluruh ruang kemudi dan akomodasi, termasuk kamar mesin yang berada di lantai bawah kapal. Untuk menghindari ledakan, tim pemadam berupaya menyelamatkan kapal dan 150 ribu barel nafta dari Kilang Unit Pengolahan IV Cilacap agar terhindar dari api. Akibat kecelakaan ini, 20 ABK dievakuasi ke RS Pertamina Balongan, tiga di antaranya dirawat intensif akibat menceburkan diri ke laut untuk menyelamatkan diri.(DEN)


Bersamaan dengan soeharto meninggal, kapal pertamina terbakar Kapal motor tanker pendopo milik PT Pertamina tersebut mengangkut 150 ribu barel minyak yang dibawa dari kilang Cilacap, Ingat dengan kata sebelumnya Tumbuk warsa hanya datang sekali seumur hidup,” kata Soeharto dalam Pikiran, Ucapan, dan Tindakan Saya.n Jika A=1, B=2 … tumbukwarsa=150, sama dengan yang di angkut oleh kapal pertamina yang terbakar saat Soeharto meninggal dunia. Apakah artinya ? 150 + nama Soeharto=101 menjadi 251 yang secara sederhana membentuk 2+5+1=8 kembali pada identitas Soeharto.

  • KeteraturanNya ..bahwa tepat tgl27-1-2008 membentuk 2+7+1+2+0+0+8=20 di DKI Jakarta terjadi peristiwa besar, Soeharto meninggal dunia pkl 13.10, jika A=1, B=2 … DKIJakarta-86, maka 106=86+20 dan Pada saat yang bersamaan meninggal di RS Pertamina, maka Kapal pertamina meledak dan terbakar di Indramayu, tiada lain Jika A=1, B=2 … INDRAMAYU=106.

longsor_karang_anyarKembali, keteraturanNya terjadi, kapal yang terbakar di BALONGAN=66, kemudian terjadi tgl 27-1-2008 yang membentuk 20 hingga 86=66+20, Kapal motor tanker pendopo milik PT Pertamina tersebut mengangkut 150 ribu barel minyak yang dibawa dari kilang Cilacap, Dari Cilacap ke Balongan adalah membentuk keteraturanNya sekali lagi Cilacap=45 dan Balongan=66 membentuk 111=45+66 yang tiada lain adalah tempat akhir penguasa orde baru yakni kota KarangAnyar, jika a=1, b=2 … KarangAnyar=111, dimana 33 hari sebelumnya 26-des-2007 terjadi longsor di KarangAnyar

Kamis, 27 Des 2007, Longsor Maut Kubur Warga Lereng Lawu , Di Karanganyar 61 Tewas dan Hilang, di Wonogiri 17 Orang SOLO – Musibah beruntun menimpa negeri ini. Banjir, air laut pasang, dan tanah longsor kemarin terjadi di sejumlah daerah di Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, dan NTB. Korban berjatuhan di mana-mana. Insiden di eks Karesidenan Surakarta yang paling parah. Paling tidak 75 orang hilang terkubur tanah longsor atau terbawa banjir di Kabupaten Karanganyar dan Wonogiri.

Saat pak Harto meninggal dunia, sebuak kabar mengiringi kematian beliau “BMG MELAPORKAN GEMPA BERKEKUATAN 5,2 SKALA RICHTER DI YOGYAKARTA PUKUL 19:48 WIB. PUSAT GEMPA 115 KM TENGGARA WONOSARI PADA KEDALAMAN 22 KM”

cover_soeharto_meninggal_2227/01/2008 21:16 WIB, Pak Harto Wafat Gempa Melengkapi Hujan Guntur Nurul Hidayati – detikcom, Jakarta – Fenomena alam hari ini cukup lengkap di tengah momen bersejarah wafatnya Pak Harto, Minggu (27/1/2008). Hujan yang semingguan lebih tidak pernah mampir di Jakarta, tiba-tiba tercurah dengan lebat. Hujan deras ini bisa dirasakan di sebagian Jakarta Selatan dan Jakarta Pusat. Rumah duka di Jl Cendana juga kebagian ‘tangisan’ dari langit. Hal yang sama juga terjadi di rumah masa depan Pak Harto di Astana Giribangun, Karanganyar, atau sekitar 40 km dari Solo. Hujan yang semingguan tidak menyapa, tiba-tiba hadir dengan deras. Guntur menggelegar sesekali terdengar. Angin cukup kencang juga tak mau ketinggalan.

Pada malam hari, Yogyakarta yang merupakan kota kelahiran Pak Harto digoncang gempa. BMG mencatat, gempa itu terjadi pukul 19.48.03 WIB. Gempa berkekuatan 5,2 SR ini berpusat di 115 km Tenggara Wonosari-DIY, 128 km Tenggara Bantul-DIY, 131 km Barat Daya Wonogiri-DIY, 138 km Tenggara Yogyakarta-DIY, 131 km Barat Daya Wonogiri-DIY. Pusat gempa berkedalaman 22 km ini tidak menimbulkan tsunami. ( nrl / mar )


cover_soeharto_menangisSelasa, 29 Jan 2008, Kopassus Jaga Makam 7 Hari Keluarga Pak Harto Berlalu, Giribangun Hujan Deras
KARANGANYAR – Pak Harto, jenderal besar, sudah tidur panjang di tempat peristirahatan terakhirnya. Prosesi pemakamannya dilakukan dengan upacara militer level tertinggi. Bahkan, prosesi pemakaman paling agung dan paling terhormat yang pernah ada di negeri ini.

Upacara dipimpin langsung oleh Presiden SBY. Petugas perwira tinggi yang memegang bendera merah putih penutup proses pemakaman, dilakukan langsung oleh Panglima TNI Jenderal Djoko Santoso, Kapolri Jenderal Pol Sutanto, KSAL Laksaman Sumardjono, dan KSAU Marsekal Madya Subadrio.Dibanding pemakaman mantan Presiden Soekarno, jelas upacara negara yang diberikan kepada Pak Harto lebih besar. Pemimpin upacara pemakaman Bung Karno di Blitar hanya level menteri, yakni Jenderal Maraden Panggabean yang saat itu menjabat menteri pertahanan dan keamanan.

Pak Harto dimakamkan tepat di sebelah ’rumah’ peristirahatan terakhir istrinya, Ny Tien Soeharto, yang mendahului 12 tahun lalu. Penguasa Orde Baru itu mulai masuk liang lahat pukul 12.15 diiringi tembakan salvo. Prosesi tersebut molor dari wasiat almarhum yang menginginkan masuk liang lahat sebelum pukul 11.00.Molornya pemakaman itu disebabkan sepanjang jalan iring-iringan disambut masyarakat. Beberapa warga terlihat sawur (melempar) bunga dan uang logam yang merupakan tradisi Jawa untuk melepas jenazah ke liang lahat.Upacara pemakaman di Astana Giribangun dihadiri hampir seluruh pejabat. Tak hanya SBY yang menjadi inpektur, Wapres Jusuf Kalla juga hadir. Sejumlah mantan pejabat di era Orde Baru yang kini sudah sepuh seperti Bustanul Arifin, Ali Alatas, dan Emil Salim harus bersusah payah dibantu ajudan demi menyaksikan pemakaman bekas atasannya itu. Sejumlah sahabat dari luar negeri, seperti mantan PM Malaysia Mahathir Mohamad dan PM Timor Leste Xanana Gusmao juga hadir.

misteri_kematian_soeharto_sama_dengan_kelahiran_soekarno“Bapak… Selamat jalan Bapak, doa kami menyertaimu,” ujar Tutut (Siti Hardiyanti) sembari terisak-isak saat memberi sambutan atas nama keluarga. Adik-adiknya terdiam. Mamiek (Siti Hutami Adiningsih) berkali-kali mengusap air mata. Tommy tertunduk dan terpejam. Sebagian besar pelayat wanita yang memenuhi cungkup menangis.Putri sulung Pak Harto itu meminta agar rakyat Indonesia memaafkan kesalahan ayahnya. Dia juga mengucapkan terima kasih terhadap perhatian publik dan pemerintah.Namun, dalam sambutan itu, Tutut tak mengucapkan kelaziman harapan keluarga yang kehilangan orang terdekatnya. Yakni, permintaan kepada masyarakat luas yang mempunyai hubungan piutang dengan almarhum agar diselesaikan dengan keluarga.

SBY yang berbicara sebelumnya menyebut Soeharto sebagai bapak pembangunan. “Kita telah kehilangan salah seorang putra terbaik bangsa. Seorang pejuang setia, prajurit sejati, dan seorang negarawan terhormat,” ujar SBY. Raut mukanya saat menyampaikan amanat terlihat sangat kehilangan. Mata presiden tampak berkaca-kaca dan suaranya bergetar.Rangkaian prosesi pemakaman ditutup dengan doa. Jawa Pos yang berdiri di samping tim dokter kepresidenan (tiga meter di sebelah kiri presiden) melihat para dokter menitikkan air mata. Dokter Mardjo Soebiandono dan dr Djoko Rahardjo yang berjas hitam dan mengenakan pin kuning dokter kepresidenan mengangkat dua tangan mengamini.Rombongan perwira tinggi TNI yang berada satu meter di belakang presiden juga tampak khusyuk. Sekjen Departemen Pertahanan Letjen Sjafrie Sjamsoeddin tertunduk dan terpejam. Kepala Pusat Penerangan Mabes TNI Marsekal Muda Sagom Tamboen menangkupkan dua telapak tangannya.

misteri_kelahiran_soehartoUsai doa, SBY mengawali memberi ucapan belasungkawa. Aktivitas itu diikuti Kalla, panglima TNI, para kepala staf, dan para menteri. Setelah itu, SBY meninggalkan lokasi. Keluarga memberi kesempatan kepada kerabat dan kenalan untuk masuk area cungkup makam. Makam Soeharto dikelilingi pintu gebyok setinggi tiga meter dan dijaga ketat prajurit Kopassus. Keluarga inti memakai pin kuning emas di dada kanan. Hampir semua mengenakan baju dengan motif hitam-hitam. Saat menerima ucapan, ekspresi anak-anak Soeharto bermacam-macam. Para pelayat yang tidak dikenal keluarga diperkenankan masuk secara bergiliran selama empat puluh menit. Macam-macam yang dilakukan warga di depan pusara Soeharto. Ada yang berfoto dengan kamera handphone. Ada yang bersimpuh dan mengambil posisi sungkem (menyembah). Kaum ibu rata-rata berebut bunga melati dan mawar yang mengharumkan ruangan. Jawa Pos menyaksikan seorang ibu mengambil satu keranjang bunga dan memasukkan ke tas jinjing besar yang dibawanya.Suasana sempat tidak tertib karena mantan Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad hendak masuk. Mahathir memang datang setelah jasad Soeharto dikebumikan (sekitar pukul 13.10). Masyarakat yang sedang antre terpaksa mengalah.

Mahathir sempat memeluk Bambang. Di depan pusara sahabatnya, Mahathir terpejam dan berdoa. Lalu Mahathir menunggu dengan duduk di luar cungkup sekitar 15 menit. “Kehilangan yang besar sekali,” komentarnya saat ditanya Jawa Pos. Dua tamtama Kopassus dengan sigap mengamankan Mahathir dan mengantarkannya turun.Tommy Soeharto pulang lebih dulu. Menggandeng putranya, Tommy yang keluar lewat pintu timur cungkup sempat masuk lagi lewat pintu barat. Alasannya, sepatunya dilepas di sisi barat. “Terima kasih, terima kasih,” katanya ketika disalami para pelayat yang mengucapkan belasungkawa. Saat ditanya Jawa Pos, Tommy hanya menoleh dan tidak menjawab. Dengan isyarat Tommy menunjuk ke dalam cungkup, lalu meninggalkan lokasi dengan dikawal prajurit Kopassus.

soekarno_soeharto_dan_g_30_s_pki_membentuk_121Pukul 14.05 seluruh keluarga Cendana bersiap meninggalkan cungkup. Mbak Tutut berada di posisi terdepan, disusul putra-putri yang lain. Mereka dipagar betis oleh prajurit Kopassus. Artis Donny Kesuma yang berbaju koko warna biru dan berpeci berinisiatif membuka jalan. “Tolong buka jalan, tolong Bu,” katanya.Acara yang dihadiri ribuan pelayat itu secara resmi berakhir pukul 13.50. Tapi, kerabat dan putra-putrinya baru meninggalkan lokasi pukul 14.10. Lima menit setelah mobil keluarga meninggalkan Giribangun, hujan turun sangat eras. Tadi malam sebagian putri-putri Soeharto bermalam dan menggelar tahlilan di Dalem Kalitan. Sedangkan Tommy dan cucu Soeharto Ari Sigit langsung pulang ke Cendana. Kerabat dan tim rumah tangga Cendana sebagian menginap di Hotel Lor Inn Solo. “Saya ke Jakarta, putra-putra juga akan menyusul ke sana,” kata Ari.Secara terpisah, Komandan Jenderal Kopassus Mayjen Soenarko mengatakan, prajuritnya masih akan bersiaga di Giribangun. “Nanti berkoordinasi dengan Korem setempat,” ujarnya.Informasi dari seorang prajurit Kopassus yang enggan disebut identitasnya, korps elite Angkatan Darat itu diperintahkan berjaga 24 jam hingga tujuh hari mendatang.Dari pengamatan Jawa Pos selama prosesi berlangsung, peran Kopassus sangat dominan. Mulai screening tamu, pengamanan ring satu dalam cungkup, hingga pengawalan keluarga Cendana.Apakah Soeharto diistimewakan? Soenarko menjawab diplomatis. “Kopassus menjalankan perintah pimpinan sesempurna mungkin. Kami ini prajurit, pantang menolak perintah,” tegasnya. (rdl/noe/radarsolo/tof)


Sekali lagi : Soeharto meninggal, beliau di beri hidup mulai lahir 8-6-1921 hingga meninggal 27-1-2008, pada hakikatnya adalah 31.644 hari dalam bahasa sederhana 3+1+6+4+4=18 dan nama soeharto, jika A=1, B=2 … soeharto=101 sehingga semuanya 119=101+18 yang merupakan arti dari 1+1+9=11 sebaagai SIKLUS SEBELAS

Makna SEBELAS sebagai siklus SEBELAS

 

Ada apa dengan SEBELAS ? Klik Penjelasan berikutnya

Halaman 1

Berikutnya Halaman Ke 2: …

sebelumnya

Apa yang Terjadi Setelah itu Semua ?

berikutnya